Sukses

Hapus Makeup di Panggung, Yura Yunita Sengaja Tunjukkan Bekas Luka dan Jerawat

Menurut Yura Yunita, keberanian menampilkan wajahnya dalam album miliknya butuh proses yang sangat panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Yura Yunita kerap membahas mengenai nilai kehidupan dalam lagu-lagunya, termasuk penerimaan diri yang tidak sempurna. Bahkan, dalam menyuarakan penerimaan diri ini, Yura Yunita rela menggunakan foto dengan wajah tanpa makeup dan tampak berjerawat dalam album "Tutur Batin".

Dalam video yang dibagikan di akun Instagram pribadinya, Yura mengaku, foto tersebut sangat berarti baginya. Selain itu, menurutnya untuk menampilkan fotonya sebagai cover albumnya membutuhkan sebuah keberanian yang besar.  Itu karena dunia hburan selalu menuntut kesempurnaan terutama dalam hal penampilan.

"Hari ini tepat satu tahun album Tutur Batin rilis teman-teman. Ini foto cover mungkin sederhana untuk kalian, tapi untuk aku ini berarti besar sekali. Aku butuh keberanian yang besar untuk menjadikan foto ini jadi foto cover album," ucap Yura Yunita dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Yura menuturkan, keberanian menampilkan wajahnya dalam album miliknya butuh proses yang sangat panjang. Pelantun lagu "Dunia Tipu Tipu" ini mengaku, ia pun butuh waktu untuk bisa menerima kekurangan yang ada dalam dirinya.

"Ini membutuhkan proses yang panjang, proses yang tidak mudah buat aku. Menerima kekuranganku, menerima ketidaksempurnaanku," sambung wanita kelahiran 31 tahun lalu itu. Baru-baru ini, dalam merayakan satu tahun albumnya itu, Yura rela menghapus makeup di atas panggung dalam sebuah konsernya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menerima Dirinya Sendiri

Dia telah menerima dirinya sendiri dan penyanyi asal Bandung ini ingin para penggemarnya melihat bekas luka dan jerawat yang ada pada wajahnya. "Ini akan pertama kalinya, aku bernyanyi tanpa make up. Menghapus makeup aku agar teman-teman melihat bekas lukaku, melihat jerawatku," ucapnya lagi.

"Hari ini tepat satu tahun album Tutur Batin rilis teman-teman. Ini foto cover Album Tutur Batin. Ini foto yang sangat sederhana mungkin untuk kalian, tapi untuk aku ini berarti besar sekali. Aku butuh keberanian yang luar biasa besar untuk menjadikan foto ini jadi foto cover album," sambungnya dihadapan banyak penonton.

Sambil menahan tangis dan memegang kapas penghapus riasan, Yura terlihat perlahan menghapus dandanan yang ada di wajahnya.

Ia menyebutkan tindakan yang ia lakukan merupakan hal pertama kalinya untuk tampil dan bernyanyi tanpa make up sebagai hasil dari proses menerima diri yang selama ini telah ia perjuangkan.

3 dari 4 halaman

Proses yang Tidak Mudah

"Jadi ingin mengenang lagi proses panjang, proses yang tidak mudah untuk aku. Menerima kekuranganku, menerima ketidaksempurnaanku dan ini akan menjadi pertama kalinya, akan bernyanyi di depan teman-teman tanpa make up. Mencoba menghapus maku up ku untuk teman-teman melihat bekas lukaku, untuk bisa melihat jerawatku," sebut Yura yang disambut sorakan dukungan dari para penonton.

Bukan itu saja, Yura menambahkan, ia awalnya takut orang-orang tidak bisa menerima kekurangan yang dimilikinya. Namun, ia tersadar apa yang dicapainya sampai sekarang ini berkat orang-orang di sekitarnya yang menemaninya sejak awal merintis karier.

Berkaca dari hal tersebut, teman-temannya dapat menerima dirinya tanpa melihat kekurangan yang ada. "Dulu aku pikir orang-orang enggak mau lihat aku begini. Tapi aku berkaca lihat orang-orang terdekatku bahwa mereka terus ada di sampingku bersama kekurangan dan kelebihanku," tutur Yura.

Ia menegaskan, tidak perlu menjadi sempurna untuk orang lain. Baginya, penting untuk selalu menjadi diri sendiri dan menerima serta merayakan kekurangan yang dimiliki. Baru sehari dibagikan, unggahan itu sudah disukai lebih dari 81 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 2.450 komentar.

4 dari 4 halaman

Gelar Intimate Concert

Yura termasuk salah satu penyanyi yang peduli terhadap perempuan. Lihat saja lagu berjudul "Tutur Batin" yang dilantunkannya menceritakan ketidakpercayaan perempuan. Melihat hal itu, seubuah brand minyak angin menggandeng wanita bernama lengkap Yunita Rachman ini untuk menggelar intimate concert.

Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kampanye yang mengajak perempuan Indonesia untuk tampil percaya diri. Intimate concert ini bertajuk "Musictherapy" bukan tanpa alasan. Hal itu agar perempuan-perempuan Indonesia bisa menjadi tangguh melawan stereotip masyarakat terhadap kaumnya.

Tak hanya itu, brand ini juga mengadakan photo challenges. Para perserta bebas mengekspresikan ceritanya tentang keresahan sebagai kaum hawa. Hadiah utama yang disedikan berupa healing trip ke Sumba. Ini menjadi apresiasi yang diberikan kepada kaum perempuan yang sudah berani buka suara.

Selain itu, brand ini juga menggandeng influencer sekaligus beauty vlogger, Cinderella untuk ikut meramaikan gerakan #YouWithUs dengan terjun langsung menyuarakan hak-hak perempuan melalui poster.  Dan poster tersebut akan ditempelkan di beberapa lokasi umum seperti Citayam Fashion Week (Thamrin), Pasar Glodok, MRT, dan kawasan Melawai Blok M.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.