Sukses

10 Ide Kerajinan dari Botol Bekas, Bernilai Guna dan Estetik

Menciptakan kerajinan dari botol bekas menjadi bagian penting dari upaya daur ulang seperti konsep reduce, reuse, dan recycle.

Liputan6.com, Jakarta Kerajinan dari botol bekas tentunya bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Sejak dulu, kita sering diajari untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat atau bernilai guna, salah satunya adalah botol bekas dari plastik.

Menciptakan kerajinan dari botol bekas menjadi bagian penting dari upaya daur ulang yang sesuai dengan konsep reduce, reuse, dan recycle (3R). Pasalnya, jumlah botol bekas yang dihasilkan oleh masyarakat begitu besar dan bisa menjadi ancaman terhadap bencana lingkungan bila tidak diolah dengan baik.

Mengapa harus botol plastik?

Seperti diketahui, proses penguraian botol bekas plastik bisa memakan waktu 450 sampai 1000 tahun. Sehingga sampah botol plastik akan menjadi limbah yang sangat berbahaya, bukan hanya bagi lingkungan tapi juga ekosistem makhluk hidup.

Tahun 2021, sebuah laporan menyebutkan bahwa ada lebih dari 600 ribu ton sampah plastik dibuang ke laut setiap tahunnya. Di antara tumpukan itu, sampah jenis botol plastik menyumbang angka yang cukup tinggi mencapai 11.600 ton. Dari angka tersebut hanya 10 persen yang berakhir di pusat daur ulang.

Bayangkan saja total tumpukan sampah botol plastik yang belum terurai, apabila ditambahkan dengan sampah-sampah botol plastik terdahulu. Sebagai pengetahuan nih, botol plastik mulai ditemukan pada tahun 1862. Penemuan itu diawali dengan munculnya bahan plastik yakni polimer, yang terbuat dari rantai molekul yang panjang di abad ke-19.

Memasuki abad ke-21, plastik dari bahan nilon, akrilik, neoprene, SBR, dan polietilen terus berkembang dan dimanfaatkan berbagai sektor industri. Sejak penemuan pertama botol plastik hingga sekarang itu baru sekitar 160 tahun, sementara penguraian botol plastik bisa memakan waktu minimal 450 tahun, gak kebayangkan jumlah sampah botol plastik yang masih belum terurai.

Sebagai upaya untuk mengurangi dampak bencana lingkungan yang ditimbulkan dari botol bekas plastik, sejumlah negara mengurangi produksi botol plastik baik terhadap minuman kemasan maupun produk rumah tangga lainnya. Namun, karena masih besarnya kebutuhan masyarakat terhadap botol plastik, tidak mudah untuk membuat dunia ini bebas dari botol plastik.

Maka dari itu, untuk mengurangi dampak lingkungan dari botol bekas plastik, kita sebagai anak-anak muda yang kreatif dan peduli terhadap kelangsungan lingkungan dapat memanfaatkan berbagai bentuk dan ukuran botol bekas menjadi kerajinan dari botol bekas yang cantik, estetik dan bernilai jual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengapa Kerajinan itu Penting?

Secara umum, kerajinan merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang. Dalam keterampilan tersebut akan melibatkan seni, karena itu kerajinan juga menjadi salah satu cabang dari seni. Ia menekankan pada sebuah keterampilan tangan seseorang dengan intensitas tertentu saat proses pengerjaannya. Kerajinan juga dianggap sebagai seni yang unik sekaligus berkualitas tinggi.

Sebuah kerajinan tidak muncul tanpa alasan, ia juga akan menghasilkan suatu barang. Barang tersebut memiliki nilai fungsi, estetika, hingga bernilai ekonomis. Bukan hanya itu, dengan menekuni sebuah kerajinan seseorang dapat merasakan manfaat baik bagi tubuh dan pikiran.

Kegiatan kerajinan bisa mengisi waktu luang, melatih kreativitas, melatih kesabaran, menghemat pengeluaran, menumbuhkan rasa percaya diri hingga menjadi ladang bisnis. Jika kamu telaten dan ulet, kerajinan yang dibuat bisa kamu perjual-belikan.

Kerajinan dari Botol Bekas Plastik

Seiring berjalannya waktu, membuat kerajinan dari botol bekas bukan hanya untuk menyalurkan hobi atau mengisi waktu luang. Ada banyak cara kreatif dan unik untuk menciptakan kerajinan dari botol bekas, tergantung tujuannya. Sebelum memasuki ide-ide kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu buat sendiri di rumah, ketahui dengan jenis-jenis botol plastik.

Jenis-jenis botol plastik yang aman untuk kemasan makanan maupun minuman dapat diketahui konsumen dengan melihat kode daur ulang berupa simbol segitiga panah dengan angka di dalamnya. Angka tersebut menunjukkan bukan hanya menunjukkan jenis plastik dan tujuan penggunaannya, tetapi juga tanda jenis plastik untuk memudarkan daur ulang. Sebab botol-botol plastik tersebut tidak akan secara otomatis di recycle.

Setidaknya ada 7 simbol dan jenis plastik, tapi bila berkaitan dengan botol plastik, maka ada 2 simbol yang kamu jadikan perhatian. PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate) dengan angka 1. Biasanya simbol ini banyak ditemukan pada plastik untuk kemasan makanan dan minuman. Seperti botol minum, botol soda, botol minyak, botol saus, wadah selai, kotak obat, hingga sisir. Jenis plastik ini hanya bisa digunakan untuk sekali pakai saja. Tidak disarankan untuk menggunakan berulang kali, apalagi mengisinya dengan air hangat.

HDPE atau PEDH (High Density Polyethylene) dengan angka 2, jenis plastik dengan simbol ini biasanya digunakan untuk galon air minum, botol susu, botol sabun, botol deterjen, botol shampo, dan plastik kemasan tebal lainnya. Termasuk golongan plastik yang cukup aman digunakan berulang kali, karena paling sering didaur ulang dengan nilai ekonomi dan proses daur ulang yang sederhana.

Dengan mengetahui dua jenis botol plastik tersebut, sekarang kamu bisa mulai menyiapkan botol-botol bekas plastik untuk kemudian diolah atau dikreasikan menjadi kerajinan dari botol bekas.

3 dari 5 halaman

Ide Kerajinan dari Botol Bekas

Mempelajari ide - ide kerajinan dari botol bekas sangat penting, sehingga kita tahu harus apa yang hendak dilakukan untuk mendaur ulang botol plastik. Lihat sejumlah kerajinan tangan, kreatif, dan fungsional ini yang akan mengubah botol plastik sederhana menjadi segalanya, mulai dari penyimpanan yang berguna dan simpel hingga dekorasi rumah yang luar biasa.

1. Mangkuk Saji Praktis

Botol plastik bekas dapat dibuat menjadi mangkuk saji yang praktis sebagai wadah makanan ringan dalam kemasan. Kamu dapat mengecat mangkuk dengan desain yang berbeda dan warna yang menarik. Putuskan ukuran tinggi dan kedalaman mangkuk saat memotong botol.

Keistimewaan: Botol plastik dapat dibuat menjadi mangkuk makanan ringan yang elegan dengan warna akrilik cerah.

Bahan:

  • Botol-botol plastik
  • Cat akrilik
  • Pisau

Cara membuat kerajinan mangkuk dari botol

  1. Ambil botol plastik
  2. Lepaskan label dan potong menjadi dua menggunakan pisau
  3. Bagian bawah botol membentuk cangkir, yang bisa dicat
  4. Pastikan kamu menghaluskan tepi botol agar pinggiran mangkuk tidak bergerigi.

2. Bunga-bunga dari botol plastik

Pelajari seni membuat kerajinan dengan botol plastik langkah demi langkah untuk membuat bunga yang terlihat sangat realistis sehingga sulit bagi seseorang untuk percaya bahwa itu aslinya adalah botol plastik.

Keistimewaan: Ini adalah proyek seni mudah yang dapat dilakukan oleh oleh siapapun yang menyukai tanaman dan alam

Bahan:

  • Botol plastik (hijau dan putih)
  • Cat akrilik
  • Lem
  • Gunting dan pisau
  • Spidol
  • Lilin
  • Lem tembak

Cara membuat bunga dari botol plastik

  1. Potong bagian bawah botol dengan pisau dan gunakan gunting untuk memotong bentuk kelopak
  2. Warnai bunga dengan warna pilihan kamu. Selanjutnya, ambil botol hijau dan potong bagian atas dan bawah botol
  3. Gambarlah bentuk seperti daun (besar dan kecil) di bagian tengah botol yang berwarna hijau dan potong dengan gunting
  4. Gunakan sisa plastik hijau yang tersisa untuk memotong strip tipis untuk membentuk batang
  5. Nyalakan lilin dan ratakan tepi plastik dengan api. Kamu juga bisa menggunakan cahaya lilin untuk memutar strip tipis sehingga bisa membuat batang yang terlihat nyata.
  6. Rekatkan bunga, batang, dan daun yang lebih kecil menjadi satu dan hiasi bagian tengahnya dengan batu atau mutiara yang indah
  7. Kumpulkan semua bunga dan rekatkan bersama. Ambil sebuah kotak dan tempelkan daun yang lebih besar ke tepinya dengan selotip dan letakkan bunga yang direkatkan di tengahnya.

3. Kerajinan Pohon Botol Plastik

Ciptakan lampu gantung unik dengan seni dan kerajinan botol plastik. Kamu dapat membuat daun dengan warna berbeda yang memberikan tampilan lampu gantung. Daun dengan cahaya memancarkan cahaya halus yang membuat seluruh tempat terlihat indah secara estetika.

Keistimewaan: Dekorasi yang bagus untuk di luar ruangan maupun digantung di pohon. Kamu juga dapat menggunakan untuk dekorasi ruangan.

Bahan:

  • Botol plastik berbagai warna
  • Kabel untuk batang
  • Lampu LED
  • Besi solder
  • Gambar rangka dalam bentuk seperti bola
  • Gunting
  • Pisau

Cara membuat pohon botol plastik

  1. Potong daun dalam berbagai ukuran dan warna
  2. Pasang daun ke kawat dan membuatnya terlihat nyata
  3. Pasang ke bingkai seperti bola
  4. Tempatkan lampu LED di dalamnya.

4. Kerajinan Mobil Botol Plastik

Buat kamu penyuka mobil dan pajangan mobil, ide kerajinan mobil dari botol plastik tentu cukup menyenangkan. Kreativitas kita diuji untuk mengubah wadah deterjen menjadi mobil dan mendekorasinya.

Keistimewaan: Bukan hanya menjadi hiasan, tapi juga bisa bermanfaat untuk menjadi wadah aksesoris atau perlengkapan kecil lainnya.

Bahan:

  • Wadah deterjen
  • Tutup botol untuk roda
  • Lem

Cara membuat kerajinan mobil dari botol

  1. Ubah wadah ini menjadi mobil
  2. Pasang tutup botol sebagai roda yang cocok untuk itu
  3. Anda dapat mendekorasi sesuka Anda dengan menempelkan stiker atau membuat desain di atasnya.

 

4 dari 5 halaman

Kerajinan dari Botol Bekas

5. Kerajinan Celengan Botol Plastik

Plastik dapat bertahan lama dan tidak mudah terurai, meski begitu ia dapat memberikan pelajaran berharga bagi kita untuk menghemat uang dengan kerajinan celengan yang unik dan menarik.

Keistimewaan: Celengan unik tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk mulai menyisihkan uang demi  semangat untuk cara menghemat uang sekarang jauh lebih menyenangkan!

Bahan:

  • Botol susu plastik
  • Gunting
  • Kertas
  • Spidol Permanen

Cara membuat celengan dari botol plastik

  1. Pilih botol dengan mulut lebar
  2. Potong lubang persegi panjang di satu sisi untuk memasukkan koin
  3. Temukan jenis bola atau pasak yang serupa untuk dijadikan kaki dan tempelkan dengan lem di sisi botol yang berlawanan
  4. Gambarlah dua telinga di atas kertas dan potong sesuai bentuk dan tempelkan di atas kepala
  5. Telinga harus menempel pada sisi celah yang sama. Tempelkan mata googly dan gambar dua lubang di tutupnya untuk karakter yang lucu
  6. Celengan lucu kamu sudah siap!

6. Kerajinan Tutup Botol Plastik

Hiasan dinding botol plastik bisa menjadi bentuk karya seni yang indah untuk menghiasi dinding Kamu. Kerajinan yang ideal untuk dilakukan bersama kawan-kawan yang juga tertarik menekuni kerajinan tangan.

Keistimewaan: Tampilan mosaik seni menggunakan tutup botol plastik bisa memiliki efek 3D.

Bahan:

  • Tutup botol dengan berbagai ukuran dan warna
  • Bingkai kayu
  • Cat (warna pilihan Anda)
  • Lem tembak

Cara membuat kerajinan tutup botol plastik

  1. Pertama, temukan bingkai berukuran tepat dan cat dengan warna pilihan Anda
  2. Selanjutnya, pilih desain yang sesuai yang Anda rencanakan untuk dilakukan
  3. Temukan topi yang cocok untuk desainnya
  4. Tempelkan tutup botol dengan lem untuk melengkapi gambar.

7. Hiasan Dinding Botol Plastik:

Rak atau hiasan dinding rumahnya bisa berasal dari kerajinan daur ulang botol plastik menggunakan botol plastik kosong. Setelah diatur dalam berbagai desain, ia bisa menjadi tempat penyimpanan majalah atau barang-barang lain.

Keistimewaan: Rak yang tidak biasa ini menghemat ruang dan membantu kamu menjaga rumah terlihat rapi. Rak dapat diatur secara vertikal untuk memudahkan pengambilan.

Bahan:

  • Botol-botol plastik
  • Bingkai
  • Lem

Cara membuat hiasan dinding

  1. Potong bagian atas botol
  2. Tempelkan dan gantung secara vertikal
5 dari 5 halaman

Kerajinan dari Botol Bekas

8. Tanaman Pot Vertikal dengan Botol Plastik

Taman vertikal adalah solusi hebat untuk menyikapi terbatasnya lahan di ruang perkotaan dan mendaur ulang botol plastik adalah cara yang bagus untuk membuatnya sendiri. Sejumlah botol dapat menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat, digantung di dinding, pagar atau pagar untuk membuat taman. Ingatlah untuk memilih botol plastik yang cukup tebal dan tahan lama, seperti botol minuman ringan, daripada botol air tipis, yang dapat robek karena beratnya tanah, tanaman, dan air.

9. Pagar Botol Plastik

Ada beberapa opsi untuk membangun pagar botol plastik. Salah satu pilihan adalah dengan merangkai baris atas dan bawah pagar ke tepi kawat horizontal. Di antara mereka, botol yang dipotong diletakkan di tepi botol utuh, satu banding satu. "Membangun piramida" dimulai dari bawah. Baris atas terakhir ditusuk dengan tepi kawat.

Cara lain untuk membangun pagar dari botol plastik adalah dengan membangun dinding yang kokoh dari wadah dengan pengisi, mengikatnya dengan semen. Jika pagar terbuat dari pagar kayu, maka tutup wadah dipaku ke palang atas dan bawah. Kemudian botol itu sendiri disekrup ke atasnya. Setelah menghubungkan papan bersama sedemikian rupa sehingga bagian bawah tulang saling masuk, papan diikat bersama dengan papan vertikal.

Terkadang, sebaliknya, bagian bawah botol dipaku, dan tutupnya direkatkan. Dan ada juga opsi ketika bagian wadah digunakan, merangkainya pada kawat, seperti manik-manik.

10. Furniture dari Botol Plastik

Di tangan seniman yang terampil, botol kosong bisa diubah menjadi sofa, bangku, kursi, kursi, dan meja kreatif. Cukup dengan membungkus struktur dengan erat dengan selotip. Jika mau, kamu dapat membuat penutup pada furnitur dan meletakkan bantal di kursi, sandaran tangan, dan di bawah punggung untuk kelembutan, ini menjadi sesuatu mahakarya yang menarik untuk dipasang di dalam ruangan.

Itulah beberapa ide kerajinan dari botol bekas plastik yang bisa kamu coba di rumah. Berkreasi sekaligus dapat menjaga lingkungan tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan. Apalagi bila hasil karya itu bisa memperindah kamar, ruang tamu dan sudut-sudut rumah. Tantang kreativitas dirimu sekarang juga untuk menciptakan karya seni yang estetik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini