Sukses

The Heritage Palace, Wisata Keluarga Nuansa Eropa Klasik di Solo

Banyak memiliki potensi pariwisata lokal yang patut untuk dikulik, itulah Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Solo.

Liputan6.com, Jakarta Banyak memiliki potensi pariwisata lokal yang patut untuk dikulik, itulah Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Solo. Mengusung slogan "The Spirit of Java", Kota Liwet ini punya banyak tempat wisata sejarah yang Instagramable.

Salah satu destinasi yang sedang populer adalah The Heritage Palace. The Heritage Palace berlokasi di Jalan Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini akan mengajak Anda untuk menelusuri warisan sejarah pada masa lampau.

Lalu, apa lagi yang menjadi daya tarik dari The Heritage Palace di Kota Solo? Simak ulasannya seperti yang dirangkum dari Pegipegi ini, yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekas Bangunan Pabrik Gula Terkenal

Bukan sekadar bangunan unik tanpa makna. Sebelum disulap menjadi tempat wisata, The Heritage Palace dulunya merupakan sebuah bangunan pabrik gula Gembongan yang aktif dan terkenal di Pulau Jawa. Tempat ini juga menjadi salah satu peninggalan dari masa Kerajaan Mataram yang pernah berjaya pada zaman dahulu.

Mengingat nilai-nilai sejarah dan peran penting tersebut, pada akhirnya Pemerintah Kota Solo memasukkan bangunan ini ke dalam daftar cagar budaya yang dilindungi. Meskipun sudah bertahun-tahun lamanya berdiri, bangunan ini masih kokoh dan terawat dengan baik. Bahkan, sebagian besar pondasinya pun tetap dari bangunan aslinya.

Arsitektur ala Eropa yang Megah

Hal menarik berikutnya dari The Heritage Palace, yaitu bangunan berarsitektur klasik Eropa dengan gaya retro yang khas. Didominasi warna hitam, abu-abu, dan emas, tempat wisata ini membuat Anda berimajinasi dengan kehidupan pada masa Kolonial Belanda.

Karena keistimewaan itu, banyak wisatawan dari berbagai daerah tertarik untuk merasakan pengalaman jalan-jalan asyik dengan nuansa tempo dulu yang mungkin tidak didapatkan didestinasi lain.

Berfungsi Sebagai Museum Transportasi Outdoor

Tidak hanya terkenal akan kemegahan fasad bangunannya, The Heritage Palace juga menghadirkan berbagai spot foto estetik, salah satu yang banyak diincar para pengunjung adalah berpose di deretan mobil antik yang terpajang rapi pada halaman luar bangunan.

Anda dapat mengabadikan momen langka bersama mobil-mobil sedan kuno yang pernah populer pada masanya. Di antaranya, mobil pemadam kebakaran Dodge Power tahun 1863, Chevrolet Bel Air USA tahun 1955, Jeep Willys USA tahun 1943, dan Dodge Car keluaran tahun 1948 yang pernah digunakan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Menyimpan Berbagai Karya Lukisan Keren

Petualangan Anda menjelajahi abad ke-18 di The Heritage Palace belum selesai. Ada satu lagi area yang wajib Anda kunjungi, yaitu Museum 3D Trick Art. Ya, tempat wisata ini seakan menggabungkan berbagai aspek, mulai dari sejarah, budaya, hingga hiburan.

Di dalam Museum 3D Trick Art tersebut, ada beberapa karya yang menarik perhatian, yaitu lukisan pisau-pisau dapur menancap di tembok kayu dan papan seluncur di tengah ombak laut yang besar. Tentunya, Anda tidak ingin melewatkan momen tersebut tanpa berfoto ria kan?

Sebelum mengakhiri hari di The Heritage Palace, Anda bisa mencicipi aneka makanan yang lezat dengan harga terjangkau di Garden Retro Paradise yang masih berada di komplek The Heritage Palace.

Untuk menikmati semua keseruan berwisata masa lalu di The Heritage Palace, Anda perlu membayar tiket masuk gate outdoor sebesar Rp30.000 per orang. Tersedia juga tiket masuk terusan outdoor dan indoor per orang sebesar Rp55.000 (hari biasa) dan Rp65.000 (akhir pekan dan tanggal merah). Jam buka The Heritage Palace mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan berencana mengunjungi The Heritage Palace bersama keluarga, teman, dan pasangan, ada baiknya cari hotel terdekat dari tempat wisata tersebut atau pesan hotel terbaik di Solo melalui Online Travel Agent (OTA) seperti Pegipegi. Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi perjalanan liburan Anda!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini