Sukses

Jelajah Jalur Darat Jawa-Bali Bisa Naik Damri, Harga Mulai Rp90 Ribuan

Liputan6.com, Jakarta - Damri kembali menghadirkan layanan transportasi jalur darat Jawa-Bali. Layanan tersebut bertujuan untuk memudahkan penumpang mengakses perjalanan dengan rute perjalanan yang variatif.

Dikutip dari siaran pers Damri, Rabu, 28 September 2022, layanan jalur darat Jawa-Bali  itu terdiri dari rute Jember-Denpasar dan Denpasar-Probolinggo. Kedua rute ini biasa diakses melalui perjalanan pesawat terbang sesuai dengan rute yang telah tersedia.

Dengan adanya angkutan Damri, rute tersebut dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri menyampaikan layanan Damri dapat menjadi salah satu alternatif bagi pelanggan Jawa Timur dalam bepergian ke Bali.

"Dengan harga yang lebih terjangkau, pelanggan dapat menikmati perjalanan lintas pulau dengan suguhan keindahan alam sepanjang perjalanan," kata Fikri.

Simak rute perjalanan Jember-Denpasar berikut ini:

1. Terminal Tawang Alun - Denpasar, dengan tarif Rp180 ribu.

2. Terminal Jajag - Denpasar, dengan tarif Rp160 ribu.

3. Terminal Srono - Denpasar, dengan tarif Rp140 ribu.

4. Terminal Banyuwangi - Denpasar, dengan tarif Rp130 ribu.

5. Terminal Genteng - Denpasar, dengan tarif Rp180 ribu.

6. Terminal Benculuk - Denpasar, dengan tarif Rp160 ribu.

7. Terminal Rogojampi - Denpasar, dengan tarif Rp140 ribu.

8. Terminal Ketapang - Denpasar, dengan tarif Rp110 ribu.

9. Terminal Gilimanuk - Denpasar, dengan tarif Rp90 ribu.

 

Selain jadwal keberangkatan di atas, tersedia juga:

1. Trayek Denpasar - Jember dengan tarif Rp180 ribu,

2. Trayek Denpasar - Probolinggo dikenakan tarif sebesar Rp240 ribu.

3. Trayek Denpasar - Lumajang dengan tarif Rp210ribu.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Trayek Denpasar - Jember

Jadwal keberangkatan untuk rute layanan Jember - Denpasar tersedia pukul 06.40 WIB, 08.00 WIB,19.00 WIB. Untuk trayek Denpasar - Jember, jadwal keberangkatan tersedia pukul 08.00 WITA, 18.00 WITA, 20.00 WITA. Sedangkan, untuk trayek Denpasar - Probolinggo jadwal keberangkatan tersedia pukul 08.00 WITA.

Khusus perjalanan dari Jakarta, Damri juga menyediakan layanan rute Jakarta - Jember dengan keberangkatan dari Pool DAMRI Kemayoran - Cirebon - Semarang - Probolinggo, hingga ke tujuan akhir Jember. Tarif yang dikenakan sebesar Rp420 ribu dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 14.00WIB.

Fikri menambahkan, pelanggan Damri yang hendak menikmati perjalanan dapat menghubungi petugas layanan DAMRI di nomor Whatsapp 0853 3521 3024 atau 0821 4142 3324. "Harapannya dengan hadirnya layanan darat Jawa - Bali dapat meningkatkan animo pelanggan, khususnya di wilayah Jawa Timur dalam melakukan perjalanan lintas pulau menggunakan jalur darat," tutupnya.

Selain jalur darat Jawa - Bali, Damri juga menghadirkan layanan transportasi di beberapa wilayah lainnya. Salah satunya menyediakan angkutan perintis di Madiun yang disebut masih minim akses transportasi umum.

3 dari 4 halaman

Angkutan Perintis di Madiun

Angkutan Perintis DAMRI Cabang Ponorogo beroperasi melayani beberapa rute perjalanan dengan hadir di wilayah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan). Dikutip dari siaran pers di laman resmi Damri, Rabu, 31 Agustus 2022, angkutan tersebut salah satu inisiasi pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi.

Pemenuhan ini terutama dalam memudahkan pengangkutan ke sekolah, logistik dan distribusi hasil bumi, serta transportasi masyarakat pada umumnya. "DAMRI menyediakan armada Angkutan Perintis di wilayah Madiun Raya dengan lebih dari lima rute perjalanan. Tentunya kami menyediakan layanan yang optimal dengan harga yang terjangkau," kata Fikri.

Wilayah Madiun Raya terkenal dengan potensi pertanian, perkebunan, serta hasil hutan, seperti hasil panen padi, kedelai, palawija, kakao, kopi, hingga kerajinan kayu jati. Masyarakat membutuhkan tingkat mobilitas tinggi guna meningkatkan potensi-potensi tersebut. Angkutan perintis hadir sebagai penunjang sarana transportasi sehari-hari. Angkutan Perintis DAMRI Cabang Ponorogo yang melayani wilayah Madiun Raya tersusun dalam jadwal layanan sebagai berikut:

4 dari 4 halaman

Jadwal Layanan

1. Terminal Seloaji (Kab. Ponorogo) - Telaga Sarangan (Kab. Magetan), berangkat dari Terminal Seloaji pukul 07.00 WIB dan 11.30 WIB, berangkat dari Telaga Sarangan pukul 09.30 dan 13.30 WIB dengan tarif Rp10 ribu.

2. Terminal Seloaji (Kab. Ponorogo) - Terminal Plaosan (Kab. Magetan), berangkat dari Terminal Seloaji dan Terminal Plaosan pukul 07.00 WIB dan 11.30 WIB dengan tarif Rp11 ribu.

3. Terminal Seloaji (Kab. Ponorogo) - Terminal Jeruk (Kab. Pacitan), berangkat dari Terminal Seloaji pukul 07.00 WIB dan 12.30 WIB, berangkat dari Terminal Jeruk pukul 07.00 WIB dan11.00 WIB dengan tarif Rp9 ribu.

4. Terminal Seloaji (Kab. Ponorogo) - Telaga Ngebel (Kab. Ponorogo), berangkat dari Terminal Seloaji pukul 07.00 WIB dan 11.00 WIB, berangkat dari Terminal Ngebel pukul 09.00 WIB dan 12.30 WIB dengan tarif Rp6 ribu.

5. Terminal Seloaji (Kab. Ponorogo) - Terminal Gayatri (Kab. Tulungagung), berangkat dari Terminal Seloaji 07.00 WIB dan 12.30 WIB, berangkat dari Terminal Gayatri pukul 07.00 WIB dan 12.30 WIB dengan tarif Rp13 ribu.

6. Terminal Purboyo (Kota Madiun) - Pasar Gosong Baru (Kab. Madiun), berangkat dari Terminal Purboyo pukul 06.00 WIB dan 12.00 WIB, berangkat dari Pasar Gosong Baru pukul 09.00 WIB dan 15.00 WIB dengan tarif Rp13 ribu.

Untuk rute Madiun - Pasar Gosong Baru memiliki trayek (via Carrefour Madiun - Pasar Dungus - RS Paru Dungus - Monumen Kresek - SMPN 1 Wungu - Pasar Gondosuli Kare - Nongko Ijo - Desa Batok). Layanan Angkutan Perintis tersedia setiap hari, kecuali hari Libur Operasi.

Jatah libur operasi masing-masing trayek adalah dua hari setiap bulannya. Berikut detailnya:

1. Ponorogo - Sarangan, libur setiap hari Selasa di minggu pertama dan ketiga.

2. Ponorogo - Ngebel, libur pada hari Rabu di minggu pertama dan ketiga.

3. Ponorogo - Jeruk, libur setiap hari Kamis di minggu pertama dan ketiga.

4. Ponorogo - Tulungagung, libur setiap hari Jumat di minggu pertama dan ketiga.

5. Ponorogo - Plaosan, libur setiap hari Sabtu di minggu pertama dan ketiga.

6. Madiun - Pasar Gosong, libur pada hari Minggu di minggu pertama dan ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.