Sukses

Tergiur Harga Murah, WNI di Taiwan Kecele Goreng Ikan Pakai Jus Apel

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang sedang merantau di Taiwan membagikan cerita menggelitik yang dialaminya bersama teman-temannya. Lewat akun TikTok @anam_bhetekz, ia mengungkapkan kecerobohan rekannya yang menggoreng ikan menggunakan jus apel. Kok bisa?

Perekam video yang bernama Anam itu menjelaskan kejadian itu bermula saat si teman ingin memasak ikan. Temannya itu kemudian pergi berbelanja untuk mencari minyak goreng.

Ia pun pulang dengan membawa botol plastik berisi cairan bening kekuningan. Selanjutnya, ia menyiapkan ikan yang akan dimasak. Cairan yang dikira minyak goreng lalu dituangkan ke wajan hingga setengah penuh.

Ditungggu sekian lama, ikan goreng itu nyatanya tak kunjung matang. Setelah ditelusuri penyebabnya, Anam mendapati botol serupa minyak goreng itu nyatanya berisi jus apel.

"Ngene iki tulisane 100% apel, apple juice. Lha kok dige goreng iwak yo kemampul iwake nglangi (Di botolnya kan ada tulisannya 100% apel, apple juice. Lha kok dibuat goreng ikan ya mengapung ikannya berenang)," ucap Anam sambil tertawa ngakak.

Si teman yang jadi omongan hanya bisa ngedumel dan pasrah. Ia membiarkan Anam merekam kejadian memalukan yang dilakukannya sembari bilang bahwa video itu dipastikan akan viral.

"Viral..viral..viral," ucapnya.

Kata Anam, tidak semua orang teliti dan juga paham dengan bahasa Inggris atau Taiwan. Tawanya makin berlanjut karena jus apel yang dikira minyak goreng tersebut dibeli sebanyak tiga botol. 

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Korban Promo

Niat hendak menyantap ikan goreng pun tidak kesampaian. Beberapa ikan tidak dapat dimakan karena sudah sempat dimasukkan ke dalam wajan yang berisi jus apel. Yang pasti, kata Anam, mereka membeli tiga botol itu karena tergiur promo harga murah. Tidak disebutkan berapa harga jus apel tersebut.

Pria yang membeli jus apel itu pun tertawa dan merasa malu karena salah beli minyak goreng. Bila dilihat sekilas, kalau membeli tanpa membaca terlebih dahulu jus apel tersebut sangat mirip dengan kemasan minyak goreng yang biasa dijual di Indonesia. Ditambah lagi, warnanya sama-sama kuning dan bening khas minyak goreng yang sangat mirip dengan cairan jus apel kemasan tersebut.

"Korban promo gais dasare anak rantau nek roh promo ra katek diwoco langsung adai kranjang (Korban promo gais dasarnya anak rantau kalau lihat promo enggak pakai dibaca langsung dimasukkan keranjang)," ucap Anam.

Video yang diunggah pada 9 September 2022 itu sudah ditonton lebih dari 2,7 juta kali dan mendapatkan lebih dari 16,7 ribu komentar. "aku lagi nangis liat ini jadi ngakak," komentar seorang warganet.

"Soalnya sekarang merk minyak aneh" yah, dikira itu minyak kali bang," tulis warganet lainnya. "Diputar bolak-balik tetap ngakak ada-ada saja," timpal warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Menu Asia sampai Barat

 

Salah satu pengeluaran yang cukup besar saat tinggal di luar negeri adalah untuk makanan. Ada kesan membeli makanan di negeri orang harganya pasti mahal. Ternyata tak semua harga makanan mahal, termasuk di Korea Selatan. Allkpop melaporkan Senin (24/1/2022), sebuah unggahan di komunitas online populer dengan judul "Kualitas makanan kafetaria di HYBE (agensi BTS)" jadi viral. 

Kita bisa melihat foto berbagai hidangan dari kantin perusahaan yang dibanderol hanya dua ribu won (Rp24 ribu).  Kendati harganya murah, dari foto-foto yang diperlihatkan, makanan-makanan di kantin HYBE disajikan "dengan serius." Pilihan menunya juga beragam, mulai dari kuliner Korea, sajian Asia lain, hingga menu ala Barat.

Soal porsi, makanan-makanan ini tidak bisa dikatakan disajikan dalam jumlah sedikit. Piring saji yang digunakan pun menarik, dari yang keramik sampai wadah anyaman nan estetis.  Ragam banchan, makanan pendamping dalam budaya makan Korea, juga terlihat dihidangkan dalam berbagai pilihan.

4 dari 4 halaman

Kantin Merakyat Hybe

Disebutkan juga bahwa menu-menu ini umumnya berbeda setiap hari, bahkan bisa menyesuaikan perayaan tertentu, seperti saat Taehyun TXT memamerkan menu makannya di kantin HYBE, Natal lalu. Kala itu, mantan model cilik itu tampak memakan seporsi hamburger yang didekorasi layaknya rusa Santa Claus.

Selain Taehyun, sunbaenim-nya J-Hope BTS juga beberapa kali berbagi tampilan menu yang didapatnya dari kantin HYBE.  Pelantun lagu Blue Side (Outro) ini berbagi ragam makanan, dari hidangan mi ala Korea hingga steak, melalui unggahan Instagram Story di akun pribadinya.

Ini juga bukan kali pertama menu di kantin HYBE dengan harga merakyat menarik perhatian warganet. Tahun lalu, topik serupa juga muncul dan jadi sensasi online. Beberapa menu yang diperlihatkan saat itu termasuk sashimi, bibimbap, kari daging sapi krim, bulgogi, sup tahu pedas, hingga pasta "es krim."

Seperti tahun lalu, komentar yang muncul tahun ini juga memuji Bang Si Hyuk, menyebut dirinya sebagai "foodie sejati." "Mereka sangat serius tentang makanan," komentar seorang warganet, sementara yang lain menulis, "Dua ribu won? Apa mereka bercanda? Saya mau bekerja di sana."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.