Sukses

IONATION 2022, Uniknya Konsep Festival Olahraga Serasa Nonton Konser

Liputan6.com, Jakarta IONATION 2022 adalah festival olahraga terbesar yang dikolaborasikan bersama pertunjukan musik. Acara ini diselenggarakan oleh ION WATER hari ini, Sabtu (10/9/2022) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.

"IONATION adalah satu-satunya festival yang menggabungkan antara workout dan live music. Jadi, sewaktu berolahraga, kita juga serasa nonton konser," kata Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka pada Liputan6.com di lokasi.

Wina menyebut, dalam dua tahun terakhir, tren gaya hidup sehat, salah satunya ditandai dengan minat olahraga yang tinggi, kian meningkat. Pun dengan konsumsi produk berkalori rendah.

"Sejalan dengan visi misi perusahaan Otsuka untuk terus berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat dengan produk-produknya, ION WATER sebagai minuman isotonik rendah kalori mengajak masyarakat untuk tetap menjalani gaya hidup sehat melalui workout di IONATION 2022," tambahnya.

Pengalaman olahraga ini menghadirkan celebrity workout enthusiast, serta certified instructor dengan berbagai kelas pilihan, mulai dari yoga, body combat, pound master, Low Intensity Interval Training (LIIT), workout dance, dan zumba.

Sedangkan, panggung pertunjukan musiknya dimeriahkan Diskopantera, Dittopercussion, Nikki Frazetta, DJ Wizznu, serta penampilan penutup dari Maliq & D'Essentials. Duta merek IONATION 2022, yakni Jennifer Bachdim, Andrea Dian, serta Putri Marino juga turut hadir mengisi kelas-kelas di festival olahraga ini.

"IONATION lahir sewaktu pandemi di tahun 2020. Jadi, pada saat itu purely online, Jennifer workout dari rumah, Andrea workout dari rumah untuk ditayangkan dari zoom," tutur Wina.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Capai Target

Tahun ini, berbagai kegiatan untuk memperkenalkan olahraga dan kegiatan IONATION pun dilakukan melalui rangkaian kegiatan Road to IONATION. Wina mengatakan, peningkatan minat olahraga tidak hanya tercatat di Jakarta.

Kegiatan olahraga bersama yang dilakukan pihaknya bahkan berhasil menarik ribuan peserta yang tersebar di lebih dari 70 kota di seluruh Indonesia. "Target dari IONATION 2022 ini, kita akan mengadakannya secara hybrid," ia mengatakan.

"Kita targetkan tiga ribu (pengunjung) secara offline dan 300 ribu ditonton secara live streaming. Untuk offline sendiri sudah mencapai target, sold out semua, untuk semua kelas. Lalu online, masih nunggu (data) karena live streaming," ujar Wina.

Wina juga menuturkan bahwa tubuh sebenarnya merefleksikan gaya hidup seseorang. Dari kegiatan tahun ini, pihaknya ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga tubuh dengan hidup lebih aktif dan memerhatikan asupan kalori harian. Itu, menurut Wina, adalah dua poin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 4 halaman

Hadirkan Pengalaman Berbeda

Festival tahunan IONATION yang sudah digelar sejak 2020 ini berusaha memberi inspirasi agar semakin banyak orang yang tergerak hidup lebih sehat. Karena pandemi yang mulai mereka, pergelarannya tahun ini diinisiasi secara hybrid.

Sementara interaksi langsung terjalin dari penyelenggaraan offline, peserta yang mengikuti live streaming juga tidak bisa menyaksikannya melalui Vidio.com. Wina menuturkan, tentunya ada perbedaan pengalaman yang didapatkan oleh peserta yang datang ke lokasi dengan yang mengikuti secara daring.

"Hype-nya, ambience-nya, situasinya itu sangat-sangat bisa dirasakan di offline. Yang mengikuti (festival olahraga secara) online tetap bisa merasakan. Hanya bedanya, keseruan bersamanya yang tidak didapat (jika mengikuti kegiatan tersebut secara daring)," ia menuturkan.

Wina menyambung, "Offline dapat bertemu dengan figure public juga, yang online kemungkinan belum bisa. Harapanya, yang mungkin tahun ini ikut online, tahun depan juga bisa ikut offline."

4 dari 4 halaman

Aktivitas Olahraga Menyenangkan

Terkait festival olahraga tersebut, Jennifer Bachdim mengatakan, "Dengan IONATION, saya ingin mengajak lebih banyak masyarakat mencoba melakukan dan menyukai olahraga yang teratur, terutama para ibu di luar sana untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat dan bugar.

"Thank you ION WATER yang terus membantu encourage saya untuk menjalani gaya hidup low calorie," sambungnya.

Sedangkan, Andrea Dian bercerita, di tengah kesibukannya, memperhatikan gaya hidup rendah kalori itu sangat penting. Untuk membantunya tetap fit, ia rutin berolahraga, serta mengontrol asupan makanan dan minuman rendah kalori.

"Kombinasi workout dengan live music ini unik banget dan belum ada konsep festival workout yang dibuat seperti ini. Selain berolahraga yang menyehatkan, konsep IONATION membuat kita dapat enjoyment dan happiness-nya," imbuhnya.

Putri Marino menyampaikan, workout festival seperti IONATION, yang menyediakan beragam kelas olahraga, dianggap cukup bersahabat untuk semua level, baik dari pemula hingga mahir.

"Sebagai seorang aktris, tentunya olahraga sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan agar selalu fit. Caranya adalah memilih aktivitas olahraga yang dirasa menyenangkan," ungkap Putri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.