Sukses

Lazada Klaim Sudah Kurangi Kemasan Plastik sampai Pakai Sepeda Listrik

Lazada akan menghadirkan lebih dari 70 brand dan 5.000 produk yang menghasilkan kemasan plastik seminimal mungkin atau menggunakan plastik yang lebih berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Platform belanja daring Lazada berkomitmen untuk mengembangkan bisnis sesuai prinsip berkelanjutan. Mereka menyampaikan sejumlah aksi strategisnya demi mendukung praktik berkelanjutan dalam ekosistem perdagangan digital.

"Perdagangan digital terus menjadi salah satu pendorong pertumbuhan utama di Asia Tenggara. Jadi sangat penting bagi perusahaan untuk menjadikan keberlanjutan sebagai bagian inti dari strategi untuk membangun ekonomi yang lebih kuat dan lebih hijau," kata Howard Wang, Chef Technology Officer Lazada Group pada Liputan6.com di Lazada One, Singapura, Rabu, 31 Agustus 2022. 

Howard melanjutkan, salah satu komitmen Lazada dalam mendukung praktik berkelanjutan adalah kampanye LazEarth. Aksi yang sudah diluncurkan sejak April lalu itu berfokus pada pengurangan limbah plastik pada produk dan kemasan.

Merujuk laporan ASEAN Regional Action Plan for Combating Marine Debris in the ASEAN Member States 2021- 2025, Asia Tenggara ditaksir menghasilkan lebih dari 31 juta ton limbah plastik per tahun. Sedangkan, 91 persen konsumen menyatakan kekhawatirannya atas permasalahan tersebut.

Menurut Howard, dalam kegiatan dimaksud, Lazada bekerja sama dengan brand dan mitra LazMall untuk membuat produk ramah lingkungan yang mudah diakses dan dikenal oleh konsumen. Lazada akan menghadirkan lebih dari 70 brand dan 5.000 produk, khususnya dari kategori fesyen dan fast moving consumer goods/FMCG.

Produk segmen tersebut dibuat, dikemas, atau dikirimkan dengan kemasan plastik yang minimal ataupun menggunakan plastik berkualitas lebih baik. "Kampanye LazEarth ini jadi bagian dari upaya Lazada untuk mengatasi permasalahan limbah plastik dan untuk membantu pelanggan kami membuat keputusan berdasarkan informasi atas produk berkelanjutan," terang Howard.

Ia juga mengklaim Lazada termasuk pelopor dalam gerakan ramah lingkungan di platform belanja online. Sejak 2021, Lazada telah menawarkan paket yang dibuat dari material alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi brand yang tergabung dalam layanan Fulfilment by Lazada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Motor Listrik

Menurut Howard, paket ramah lingkungan tersebut menggunakan kotak karton bersertifikasi FSC yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik. Selain itu, Lazada juga menjalin kemitraan dan menjalankan inisiatif sosial yang bertujuan untuk membangun ekosistem perdagangan digital yang berkelanjutan di Asia Tenggara.

Di Indonesia, unit usaha logistik milik Lazada yaitu Lazada Logistics, berkolaborasi dengan beberapa mitra strategis untuk memperkenalkan #BlueVehicle, armada motor listrik yang praktis dan ramah lingkungan. Kemitraan tersebut memberikan akses penggantian baterai di ratusan lokasi strategis di Jakarta bagi mitra kurir Lazada Logistics, yang memungkinkan mereka untuk mengganti baterai dengan cepat dan melakukan pengiriman paket tepat waktu.

Mereka juga menjakin kemitraan dengan komunitas sepeda di bawah naungan Westbike Messenger Service (Westbike), sebuah layanan logistik dengan menggunakan sepeda dan sepeda kargo. Kolaborasi ini menambah daftar kemitraan strategis dari Lazada Logistics untuk dukung upaya pengiriman paket lebih ramah lingkungan lewat #BlueVehicle.

3 dari 4 halaman

Lebih Efisien

Saat ini, layanan pengiriman barang ke konsumen oleh kurir sepeda dari Westbike telah tersedia di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, dan dalam waktu dekat juga akan merambah ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Chief Business Officer Lazada Group James Chang menambahkan, pihaknya sangat menyadari bahwa keberlanjutan dan penciptaan nilai merupakan hal penting bagi kesuksesan jangka panjang perusahaan.

"Melalui LazEarth ini kami menantikan untuk bisa menjalin lebih banyak kemitraan dan menjalankan inisiatif ramah lingkungan yang bisa memberdayakan brand, mitra, dan pelanggan kami untuk bersama menciptakan kebiasaan berbelanja dan konsumsi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan," tuturnya dalam kesempatan yang sama. 

Lazada juga telah bermitra dengan Grab untuk penyediaan armada motor listrik yang telah dimulai pada awal 2021 lalu. "Di Singapura kami juga baru memulai layanan antar dengan motor listrik. Layanan ini lebiih efisien, karena waktu antar tetap sama tapi lebih ramah lingkungan sekaligus mengurangi polusi udara," kata Howard.

Sepeda merupakan moda yang efisien untuk mengantarkan barang dalam jarak dekat secara ramah lingkungan. Di kota besar yang sering terjadi kemacetan, pengiriman paket dengan menggunakan kurir sepeda bisa menjadi pilihan yang efektif dan tentunya ramah lingkungan. "Penggunaan sepeda untuk mengantar barang juga segera diterapkan di Singapura, hal ini semakin mempertegas komitmen kami untuk menjalankan praktek keberlanjutan secara konsisten," pungkas Howard.

4 dari 4 halaman

LazMall Brands Future Forum

Lazada saat ini menggelar acara tahunan LazMall Brands Future Forum (BFF) 2022 bertemakan 'Empowering Connections through eCommerce'. Acara digelar hari ini, Kamis, 1 September 2022 di Resorts World Sentosa, Singapura. Selain perwakilan Lazada dari enam negara (Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina), acara ini juga akan dihadiri para mitra Lazada dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara ini, Lazada akan menawarkan berbagai insights, tren dan solusi eCommerce terbaru. Hal itu untuk memastikan semua brands dan seller LazMall dapat terus mendapatkan jangkauan dan interaksi terbaik dengan konsumen mereka.

BFF 2022 juga akan menjadi momen untuk bertemu dan berdiskusi dengan James Dong, Chief Executive Officer (CEO) terbaru Lazada Group yang juga bertugas sebagai CEO Lazada Indonesia.  Ajang ini juga menjadi forum pertemuan berbagai brand terkenal di LazMall, mengenai bagaimana mereka membangun pengalaman belanja online bagi konsumen mereka di masa setelah pandemi.

Konferensi tahun ini juga akan menghadirkan berbagai diskusi panel yang mendalam dan berbagai booth interaktif yang menghadirkan beberapa experts sebagai pembicara, yang dapat Anda kunjungi sebagai bagian dari perayaan jelang kampanye belanja 9.9. LazMall BFF 2022 juga akan memberikan penghargaan kepada sejumlah brand global dan Asia Tenggara dengan kinerja teratas dan inovatif yang tergabung di kanal LazMall.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.