Sukses

Kedai Kopi Kenakan Biaya Duduk bagi Pelanggan yang Tidak Pesan Minuman

Di beberapa kedai kopi, biaya "duduk di tempat" bahkan lebih mahal daripada pelanggan membeli air mineral.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kedai kopi di Penang, Malaysia, memaksa pelanggan membayar 50 sen ringgit (sekitarRp1.600) per orang jika mereka duduk di dalam area restoran tanpa memesan minuman apa pun. Praktik tersebut baru-baru ini menarik perhatian pelanggan di Penang yang padat turis dengan kembalinya perjalanan internasional, dilaporkan oleh The Star, melansir Mothership, Rabu, 24 Agustus 2022.

Seorang pemilik kedai kopi berusia 37 tahun di sana semakin frustrasi seiring waktu dengan pelanggan yang duduk dan membeli makanan, tapi bukan minuman. Itu kemudian mendorongnya memasang tanda yang memberi tahu semua orang tentang "biaya hunian."

Pengusaha itu berkata, "Kadang-kadang, hingga lima pelanggan akan duduk di meja tanpa memesan minuman apa pun. Sebagian besar pelanggan ini adalah turis dan saya merasa mereka setidaknya harus memesan sesuatu."

Bos kedai kopi itu menjelaskan bahwa ia menerima pembayaran sewa dari warung makan lain. Juga, mendapat penghasilan dari menjual minuman. Ia menambahkan bahwa jika pelanggan membayar biaya tambahan 50 sen, ia akan menyajikan air mineral.

Ia berkata, "Tidak apa-apa jika hanya beberapa dari seluruh kelompok yang memesan minuman di meja. Setidaknya itu membantu menutupi biaya saya dan bekerja untuk menjaga tempat itu."

Si bos kedai kopi mengaku tidak bisa memaksa pelanggan memesan minuman. Ia hanya berharap tanda di tempat makan itu akan mendorong mereka yang mengunjungi bisnisnya untuk menunjukkan empati dan dukungan.

Pada gilirannya, ia tidak akan mengecewakan dengan keramahannya. Ia menambahkan bahwa "banyak pelanggan telah mengembangkan pemahaman lebih baik dan kami lebih menghormati satu sama lain."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya Duduk di Tempat

Sebagian besar kedai kopi di Penang dilaporkan telah memasukkan "biaya duduk di tempat." Sebuah food court di sekitar kedai kopi menagih pelanggan 1 ringgit (sekitar Rp3,3 ribu) untuk mencegah orang duduk secara gratis.

Stiker yang terletak di setiap meja menginformasikan pelanggan tentang kebijakan tersebut. Operator mengatakan, pelanggan dapat memilih membeli air seharga 60 sen (sekitar hampir Rp2 ribu) daripada membayar 1 ringgit dan tidak mendapat apapun.

Alasannya adalah pelayan harus membersihkan setelah pelanggan menggunakan meja usai makan, dan ini menimbulkan biaya. The Star menambahkan bahwa negara bagian lain di Malaysia tidak mengikuti tren biaya tambahan saat ini, dan tampaknya "unik" untuk Penang.

"Banyak pelanggan datang memesan makanan dan meninggalkan meja kotor untuk dibersihkan pelayan kami. Segelas air seharga 60 sen, sehingga pelanggan dapat memilih memesan ini daripada membayar 1 ringgit tanpa biaya," katanya. "Kami hanya ingin menggunakan aturan itu untuk menjelaskannya, dan itu adalah pilihan mereka."

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Kedai Kopi

Hawker center juga mengenakan biaya tambahan 30 sen (sekitar hampir Rp1.000) untuk minuman kemasan. Pelanggan James Khoo, yang juga berkecimpung dalam bisnis makanan dan minuman, mengatakan praktik seperti itu biasa terjadi di banyak kedai kopi.

"Saya bisa mengerti mengapa. Selama jam sibuk, sulit untuk menemukan tempat duduk ketika ada banyak pelanggan," katanya. "Beberapa pelanggan akan duduk berjam-jam dan mengambil ruang yang bisa digunakan orang lain untuk makan dan membantu bisnis menghasilkan lebih banyak pendapatan. Saya percaya itu adil karena harga dinyatakan dengan jelas."

Dengan meningkatnya biaya, kedai kopi di Lembah Klang mengenakan berbagai biaya pada pelanggan yang mencoba mengambil jalan pintas saat makan di tempat. Di antara biaya tersebut adalah "biaya corkage" bagi mereka yang membawa minuman sendiri dan biaya tambahan untuk tidak memesan minuman.

Sekretaris Asosiasi Kedai Kopi Petaling Jaya, Cheah Poo Kuang, mengatakan bahwa lebih baik mengenakan biaya tambahan daripada melarang, karena mereka tidak ingin membuat para pelanggan kesal.

"Asosiasi tidak memiliki kendali atas ini sehingga terserah anggota untuk memutuskan. Sebagian besar anggota kami tidak mengizinkan permintaan seperti itu, tapi kami tidak mengesampingkan kopitiam terpencil lain yang mengizinkan," katanya, lapor The Star.

4 dari 4 halaman

Beda Aturan

Cheah, yang mengelola kopitiam di Petaling Jaya, mengatakan tokonya tidak mengizinkan pelanggan membawa minuman sendiri untuk menghindari kemungkinan kesalahpahaman dengan pihak berwenang jika terjadi pemeriksaan atau penggerebekan.

"Kopitiam membutuhkan lisensi terpisah untuk menjual dan menyajikan alkohol. Karena kita tidak memiliki itu, kemungkinan besar kita akan kesulitan jika ada pemeriksaan oleh petugas Bea Cukai," katanya. Ia mencatat bahwa biaya corkage tidak boleh dilihat sebagai "penghasilan murni" bagi operator.

"Pelanggan harus memahami bahwa corkage, termasuk es dan air mineral, yang biasanya mereka minta untuk dibawa dengan minuman mereka saat menempati meja selama berjam-jam," katanya. "Ada kasus ketika pelanggan terus meminta lebih banyak air mineral. Jadi, mereka harus menyatakan dengan jelas bahwa biaya corkage hanya datang dengan dua botol air dan es tanpa batas. Jika ada tambahan akan dikenakan biaya."

Karena bukan norma bagi kedai kopi untuk menolak pelanggan, Cheah mengatakan corkage adalah cara mencegah pelanggan datang dengan alkohol mereka sendiri dan sebaliknya, pergi ke tempat-tempat yang lebih cocok untuk minum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.