Sukses

Terungkap Harga Sandal Hermes Iriana Jokowi saat Berbaju Adat di HUT ke-77 RI

Liputan6.com, Jakarta - Acara upacara Kemerdekaan atau HUT ke-77 RI pada Rabu, 17 Agustus 2022, masih meninggalkan banyak cerita. Salah satunya adalah beragam busana adat yang dikenakan oleh para petinggi negara seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarganya.

Salah satu penampilan yang berhasil mencuri perhatian publik adalah Iriana Jokowi. Sang ibu negara tampil dengan baju adat Buton, Dolomani. Penampilannya ini cukup berbeda dari biasanya yang lebih memilih busana sederhana dan tidak mencolok.

Baju adat yang dikenakan oleh Iriana ini merupakan pasangan dari busana adat yang dikenakan Jokowi, yakni pakaian adat Buton. Warnanya juga berbeda.

Baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju berwarna putih, sedangkan luarnya warna merah. Kain melilit bawahan Jokowi dilengkapi dengan peci berwarna merah.

Sementara, Iriana mengenakan baju adat warna biru lengkap dengan aksesori kepala yang cukup besar dan indah. Perpaduan warna biru dan emas yang ada dalam busananya membuat penampilan perempuan asal Solo ini tampak berkelas dan mewah.

Kemewahan ini tak hanya karena busana adat yang dikenakan. Iriana rupanya mengenakan alas kaki dari merek ternama, Hermes, yang harganya melebihi isi kantong sebagian orang. Ia tertangkap kamera mengenakan heels pendek warna hitam untuk mempercantik penampilan. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Curi Perhatian

Dilansir dari akun Instagram hermes.selebriti, Kamis (18/8/2022), sandal dengan potongan huruf H khas Hermes itu dibuat di Italia. Hermes Oasis yang terbuat dari kulit sapi ini dibanderol seharga 880 dolar AS atau sekitar Rp12 juta.

Bagi seorang ibu negara sekaligus istri pengusaha, sandal ini tentu bukan barang yang mahal. Harga alas kaki ini juga terbilang standar untuk sandal keluaran Hermes. Namun, karena Iriana jarang memperlihatkan barang-barang mewah dari merek ternama, penampilannya dengan sandal ini berhasil mencuri perhatian warganet.

"Waw, Ibu Iriana. Tumben banget," komentar seorang warganet. "Jarang-jarang, nih. Ibu RI 1 masuk sini," komentar warganet lainnya.

Iriana Jokowi juga tampil beda saat mendampingi Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2022 di Gedung Nusantara. Ia mengenakan baju kurung pink terang lengkap dengan selendang yang disematkan di bahu kiri. Atasan itu dipadukan dengan kain batik sogan yang anggun.

Sekretaris Pribadi Presiden (Sespri) Presiden Anggit Nugroho melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (16/8/2022) pagi, menyampaikan ibu negara menyiapkan sendiri busana yang dikenakannya. Ia merancang desain, pemilihan bahan, sampai baju siap pakai.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sepatu Chanel

Merah muda bukan warna yang sering dipilih Iriana saat tampil di depan publik. Menurut laman bourncreative.com, warna pink bisa diartikan sebagai manis, baik, ceria, romantis, feminin, imut, dan kelembutan.

Warna pink juga menjadi warna universal perlambang cinta, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Warna pink juga diartikan sebagai sikap pemelihara, menyenangkan, dan mengajak orang bernostalgia ke masa kecil.

Tampilan Iriana dilengkapi dengan tas tangan mungil warna hitam berdetail rumbai. Tak diketahui merek tas mungil itu, tetapi yang pasti tas tersebut juga dibawanya saat mendampingi Jokowi melawat ke China, Jepang, dan Korea Selatan pada akhir Juli 2022.

Sebagai penyempurna, Iriana mengenakan pump shoes berhak runcing dengan detail mutiara. Sepatu keluaran rumah mode Chanel itu merupakan koleksi lama yang tidak lagi dijual di laman resmi brand tersebut. Menurut akun pinterest Chanel, sepatu itu berharga Rp13,6 juta. 

Penampilan Iriana memang kerap menarik perhatin. Begitu pula saat mendampingi Presiden Jokowi selama kunjungan ke tiga negara Asia: China, Jepang, dan Korea Selatan.

4 dari 4 halaman

Kain Batik

Saat kunjungan ke China, dalam unggahan di akun Instagram Jokowi, Iriana terlihat memakai gaun batik bermotif parang dengan dominasi warna putih, dilengkapi selendang berwarna pastel, dan rok yang jatuh tidak sampai di mata kakinya.

Padanan itu dilengkapi dengan hijab putih. Kalung panjang dan tas tangan berwarna gelap dipilih Iriana sebagai pelengkap penampilan. Selanjutnya, ibu tiga anak ini tampak memakai atasan brokat berpadu kain songket dan selendang berwarna krem senada.

Ia masih memakai hijab putih, tas tangan berwarna gelap, serta akesori berupa gelang dan kalung. Ini dipakainya saat minum teh dan menonton penampilan musik bersama istri Xi Jinping, Madam Peng Liyuan, juga ketika meninggalkan Tiongkok untuk bertolak ke Tokyo, Jepang.

Busana ini otomatis juga tampak saat rombongan Jokowi mendarat di ibu kota Negara Sakura. Salah satu agenda kunjungan, Jokowi dan Iriana bertamu ke kediaman Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako, di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo. Kendati palet warna busananya cukup netral, Iriana menambah statement penampilan dengan aksen berkilau di sana sini, dari pilihan atasan sampai akesori. Ia pun memakai kain batik sebagai pelengkap gaya. 

Di sisi lain, Putri Masako tampak polos dengan kimono tradisional beraksen motif bunga dengan padanan warna lembut. Rambutnya digelung rapi untuk tampil selaras dengan keseluruhan look.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS