Sukses

Ghibli Park Jepang Buka 1 November 2022, Tiket Mulai Dijual 10 Agustus 2022

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar "My Neighbor Totoro," "Kiki's Delivery Service," dan film-film lain dari Studio Ghibli yang legendaris, akan memiliki destinasi wisata baru untuk ditambahkan ke daftar perjalanan mereka akhir tahun ini. Ghibli Park akan dibuka pada 1 November 2022 di Jepang.

Dikutip dari CNN, Kamis, 11 Agustus 2022, Ghibli Park akan menjadi taman hiburan impian bagi siapa saja yang pernah menonton film animasi studio yang indah dan seringkali surealis. Kanon Ghibli sarat dengan tema alam, persahabatan, karakter perempuan yang kuat, mesin terbang, takdir, dan keberanian. Estetika mereka adalah naturalisme bertemu steampunk, ditaburi dengan formula realisme magis miliknya sendiri.

Ghibli Park terletak di Aichi Earth Expo Memorial Park. Taman ini dapat ditempuh kurang dari dua jam dari Kyoto dengan kereta api. Taman hiburan akan seluas sekitar 17,5 hektare ketika selesai. Saat dibuka November 2022, tiga dari lima kawasan yang direncanakan sudah siap.

Yang utama adalah Ghibli's Grand Warehouse, fasilitas dalam ruangan yang akan menampung artefak dan pameran dari film termasuk Robot Soldier dari "Castle in the Sky," Catbus dari "Totoro," dan rekreasi lain dari "The Secret World of Arrietty ." Area kedua, "Hill of Youth," menampilkan toko barang antik dari "Whisper of the Heart" dan rekreasi lain dari "The Cat Returns."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Area Taman

Yang ketiga adalah Hutan Dondoko dengan rekreasi penuh rumah Satsuki dan Mei dari "My Neighbor Totoro" dan taman bermain bertema Totoro. Salah satu dari dua area yang akan dibuka nanti ("setelah 2023," kata kantor pers taman) adalah Desa Mononoke. Ini merujuk pada "Putri Mononoke" dan petualangannya di antara dewa-dewa hewan hutan besar.

Yang lainnya adalah Valley of Witches, yang akan mencakup beberapa bagian dari "Howl's Moving Castle" trippy, dan "Kiki's Delivery Service" yang lebih manis, tentang seorang penyihir muda yang sungguh-sungguh dan pekerja keras. Gambar artis menunjukkan wahana cangkir teh yang dihiasi dengan kucing Jiji milik Kiki.

Jika Anda pergi ke Ghibli Park, jangan berharap roller coaster Catbus, petualangan ala "Avatar" sapu Kiki, atau wahana Ponyo Under the Sea. "Jalan-jalan, rasakan angin, dan temukan keajaiban," situs taman menawarkan sebagai alternatif. Pikirkan imersi dan dorongan untuk imajinasi daripada kembang api dan sensasi yang menggetarkan perut.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Tiket

Tiket Ghibli Park tersedia secara online mulai Rabu, 10 Agustus 2022, untuk kunjungan mulai 1 November 2022. Reservasi diperlukan, karena tidak akan ada tiket hari-hari yang dijual. Pengunjung harus membeli tiket terpisah untuk setiap objek wisata yang ingin dikunjungi.

Tiket yang paling mahal dari ketiganya adalah Large Warehouse Ghibli. Tiket di area ini seharga 2.000 yen (Rp221 ribu) untuk dewasa dan 1.000 yen (Rp110 ribu) untuk anak-anak pada hari kerja.

Pada akhir pekan dan hari libur, harga tersebut adalah 2.500 yen (Rp276 ribu) untuk dewasa dan 1.250 yen (Rp138 ribu) untuk anak-anak. Ghibli Park akan buka dari pukul 10.00--17.00 waktu setempat pada hari kerja (kecuali hari libur besar sekolah) dan dari pukul 09.00--17.00 waktu setempat pada hari libur nasional dan akhir pekan.

Ghibli Park tutup setiap Selasa, kecuali hari Selasa adalah hari libur. Saat ini, situs Ghibli Park dan halaman pembelian tiket hanya tersedia dalam bahasa Jepang.

4 dari 4 halaman

Kampanye Pelestarian Hutan di Jepang

Beragam cara dilakukan banyak pihak, termasuk perusahaan animasi Jepang Studio Ghibli, untuk melestarikan lingkungan. My Neighbor Totoro, yang juga salah satu film terkenal dari studio animasi tersebut, baru-baru ini membantu memicu kampanye pelestarian hutan di Tokorozawa, Jepang. Kampanye crowdfunding ini dimaksudkan untuk membantu melindungi hutan seluas sembilan hektare yang digunakan pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, sebagai inspirasi saat ia menciptakan My Neighbor Totoro.

Dilansir dari Japan Today, Minggu, 26 Juni 2022, hutan yang merupakan rumah bagi tujuh ribu pohon ek itu berlokasi sekitar 30 kilometer barat laut Tokyo. Saat ini, tujuan pemerintah kota Tokorozawa adalah mengumpulkan 2,6 miliar yen atau sekitar Rp28 miliar untuk membeli bagian dari hutan yang dikenal sebagai "Hutan Totoro."

Setelah dibeli, pemerintah setempat akan mengubah tanah itu jadi cagar alam untuk dinikmati penduduk dan pengunjung lain. Studio Ghibli juga telah berjanji membantu kota tersebut dengan kampanyenya melalui insentif penawaran pada para donatur berupa cetakan poster spesial dari Totoro jika mereka menyumbang setidaknya 25 ribu yen atau sekitar Rp2,7 juta.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS