Sukses

Balenciaga Jual Kantong Sampah Seharga Rp26 Juta, Lebih Mahal daripada Isinya

Liputan6.com, Jakarta - Balenciaga kembali menghadirkan item nyeleneh. Kali ini, rumah mode mewah tersebut meluncurkan "trash pouch" yang terinspirasi dari kantong sampah.

Dikutip dari The National News, Selasa, 2 Agustus 2022, saat direktur kreatif Balenciaga Demna Gvasalia merilis koleksi musim gugur/musim dingin 2022 menampilkan runway yang dipenuhi badai salju. Para model tampak memegangi barang-barang mereka di kantong sampah plastik.

Kantong sampah tersebut dijual seharga 1.790 dolar AS atau setara Rp26,6 juta. Menurut laman Balenciaga, item ini "terinspirasi oleh kantong sampah".

Item tersebut tersedia dalam tiga warna, yakni hitam, biru dan putih. Dengan tali serut gaya kantong sampah untuk menutup, tas hitam dan biru memiliki tali hitam, sedangkan tas putih memiliki tali merah.

"Saya tidak bisa melewatkan kesempatan untuk membuat kantong sampah paling mahal di dunia, karena siapa yang tidak suka skandal fashion?" kata Gvasalia kepada Women's Wear Daily.

Dirinya bukan orang pertama yang memiliki ide itu. Pada 2017, merek Spanyol BIIS merilis serangkaian tas jinjing berbahan kulit yang terinspirasi dari kantong sampah. Disebut Bin Bag, item itu hadir dalam ukuran kecil, sedang dan besar dan biaya masing-masing 258 dolar AS (Rp3,8 juta), 346 dolar AS (Rp5,1 juta) dan 422 dolar AS (Rp6,2 juta). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tas IKEA

Pada 2016, merek skate Supreme menjual batu bata rumah tanah liat biasa seharga 30 dolar AS (Rp445 ribu). Batu bata polos dengan kata "Supreme" dicap di satu sisi, terjual habis dalam beberapa menit. Beberapa hari kemudian diperdagangkan hingga 1.000 dolar AS (Rp14,8 juta) di situs penjualan kembali.

Pada 2017, ia menduplikat tas belanja biru Ikea. Sementara versi Swedia dijual seharga sekitar 0,99 dolar AS, versi Balenciaga berharga 2,145 dolar AS. Ikea memiliki reaksi yang agak elegan.

"Kami sangat tersanjung bahwa tas jinjing Balenciaga menyerupai tas biru berkelanjutan ikonik Ikea seharga 0,99 dolar AS. Tidak ada yang mengalahkan keserbagunaan tas biru besar yang hebat," kata juru bicara kepada Today.

Balenciaga juga pernah meluncurkan tas kolaborasinya dengan Crocs. Dikutip dari Hypebeast, produk kolaborasi itu terdiri dari "Crocs Large Tote Bag" dan "Crocs Phone Holder With Strap" yang dibuat di Italia.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tas Karet

Produk itu merupakan kelanjutan kerja sama kolaboratif Balenciaga dengan merek foam clog untuk menghadirkan serangkaian pilihan tas karet. Tas karet dari Balenciaga dan Crocs ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hijau, merah muda, dan hitam. Pembuatan produk tas tersebut memanfaatkan konstruksi karet EVA 100 persen.

Ada pun itu adalah bahan yang sama yang ditemukan pada penawaran alas kaki Crocs. Untuk tote bag besar menampilkan desain dua pegangan terbuka.

Gaya tersebut hadir dengan perforasi di bagian depan dan belakang, trim bertekstur, dan paku keling bertanda "Balenciaga." Sementara Phone Holder with Strap melanjutkan desain dengan strap tambahan yang dapat disesuaikan dan lebih banyak paku keling logo-debossed.

Berdasarkan laman resmi Balenciaga, Crocs Large Tote Bag dijual seharga 1.250 dolar AS atau setara Rp18,5 juta. Pada bagian deskripsi dijelaskan bahwa tote bag ini terbuat dari karet dengan bagian atas yang terbuka.

4 dari 4 halaman

Gelang Mirip Ring Selang Tabung Gas

Balenciaga juga pernah merilis gelang bernama Tool Bracelet. Desainnya mirip dengan cincin selang tabung gas. Dikutip laman Hypebeast, gelang Tool Bracelet in Silver tersebut berkesan industrialis karena terinspirasi dari dunia otomotif. Detail baut dan hose clamp membuat gelang tersebut tampak sangat berbeda dari gelang pada umumnya.

Selain bentuknya yang mirip ring di selang tabung gas, gelang tersebut juga dilengkapi dengan sekrup di bagian depan. Gelang tersebut juga terlihat dihiasi dengan ukiran logo Balenciaga.

Gelang yang dibuat di Perancis itu dijual dengan harga 659 dolar AS atau sekitar Rp9,5 juta. Selain warna perak, gelang Balenciaga yang berdesain mirip ring selang tabung gas tersebut juga tersedia dalam warna emas.

Sementara, Gvasalia juga menghadirkan momen mode provokatifnya sendiri pada Maret 2022, dengan membungkus Kim Kardashian dengan lakban kuning dan hitam Balenciaga. Dilansir dari People, Senin, 7 Maret 2022, Kim memperlihatkannya ketika menghadiri show Musim Dingin 2022 Balenciaga pada Minggu, 6 Maret 2022.

Koleksi yang dipamerkan di Paris Fashion Week itu juga bentuk penghormatan bagi Ukraina yang diinvasi Rusia. Gvasalia pernah menjadi pengungsi saat Perang Saudara Georgia terjadi.

"Perang di Ukraina telah memicu rasa sakit dari trauma masa lalu yang saya bawa sejak 1993, ketika hal yang sama terjadi di negara asal saya dan saya menjadi pengungsi selamanya," tulis Gvasalia dalam sebuah pernyataan soal pertunjukan tersebut.

Selain itu, ada pula aksesori nyeleneh lainnya. Sempat dijual sekitar Rp 6,3 jutaan, anting tutup botol kini didiskon setengah harga di laman jual beli mytheresa.com. Dalam laman yang dimaksud dijelaskan perhiasan tersebut merupakan rancangan Demna Gvasalia. Ia terinspirasi memasukkan barang sehari-hari jadi produk high-end berharga selangit.

Material utama anting tersebut adalah plastik dan metal. Dibuat di Italia, pada bagian tengah tutup botol berwarna biru tersebut terdapat tulisan Balenciaga AH 18-19. Tutup botol itu kemudian disambung ke giwang metal.

Berdasarkan informasi produk, sang desainer menyebut anting itu cocok dikenakan ke kantor. Anda bisa memadukannya dengan blazer dan seketika tampilan Anda berbeda 180 derajat.