Sukses

Menarik Banget! Aneka Cake Hiasan Motif Tulisan Tangan dengan Kearifan Lokal

"Inspirasi untuk bolu wayang batik muncul dikarena kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya batik dan wayang untuk dilestarikan.

Liputan6.com, Jakarta Bolu panggang, bolu kukus, chessecake, tiramisu, red velvet cake adalah sederet cake yang paling banyak digemari. Selain rasa manis yang menggoyang lidah, nggak jarang jenis kue tersebut juga didesain semenarik mungkin. 

Tapi pernah nggak sih kamu menemukan cake bermotif batik atau wayang? Jika belum pernah melihatnya atau bahkan mencicipinya, kamu harus coba cake yang dibuat oleh Widia Khenest, seorang pengusaha kuliner yang tinggal di Cibubur, Jatikarya, Jatisampurna, Kota Bekasi. 

Kepada tim manisdansedap.com, Widia menceritakan, usaha kuliner bolu wayang batik dengan brand Cempal 64 berdiri sejak 2015 karena kecintaaannya terhadap budaya Indonesia. 

"Inspirasi untuk bolu wayang batik muncul dikarena kecintaan terhadap budaya Indonesia khususnya batik dan wayang untuk dilestarikan. Hal ini juga diakibatkan dari keprihatinan terhadap maraknya kasus pencaplokan karya anak bangsa ketika itu. Maka dari itu, usaha cake batik wayang ini hadir dengan tujuan agar lebih dikenal dan dicintai oleh bangsanya sendiri," jelas Widia. 

Lebih lanjut Widia menjelaskan, nama usaha Cempal 64 ternyata terinpirasi dari salah satu alat bantu memasak yang digunakan untuk mengangkat peralatan dapur yang panas. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Base Cake dan Buah Buni

Selama tujuh tahun membangun usaha kulinernya, Cempal 64 ternyata memiliki berbagai motif dan jenis base cake yang bisa dipilih sendiri. Untuk base cake seperti bolu kukus, bolu gulung kukus, brownies kukus, dan ragam cake panggang. 

"Jadi nanti sebelum dipanggang akan diwarnai dan dilukis. Motifnya adalah lukisan tangan, seperti batik dan wayang," katanya. 

Selain aneka cake dengan hiasa motif tulisan tangan, pada 2019, Cempal 64 juga menghadirkan minuman yang terbuat dari buah buni dan bunga telang, serta bir Betawi. 

Widia menceritakan, sirup buah buni terinspirasi dari sirup sari buah markisa asal Medan dan Makassar. Menurutnya, selama ini buah buni hanya menjadi bahan pelangkap rujak dan terkadang terbuang tanpa diolah lebih lanjut.

"Padahal buah buni memiliki begitu banyak manfaat dan air rendaman buahnya berwarna merah. Setelah bereksperimen membuat sari buah buni untuk dijadikan sirup, saya juga coba membuat sirup rempah dari bunga telang serta sirup bir Betawi yang dikenal sebagai bir pletok," jelasnya. 

Ya, buni memiliki buah yang kecil-kecil dalam satu tangkai. Bentuknya mirip seperti buah kopi. Ketika masih merah rasanya agak asam dan sepat, tapi kalau sudah matang berwarna ungu kehitaman, rasa buah buni cenderung manis dan segar. Meski menghadirkan menu yang unik, namun Widia mengaku kerap mendapat tantangan, terutama dari bahan baku buah buni. 

"Buah buni tergolong buah yang langka, jadi memang nggak bisa disiasati ketika  buah ini langka. Selain karena tergantung musim, jumlah pohon ini semakin berkurang. Kalau stok habis, tentunya harus menunggu sampai musim berbuah lagi. Selain itu tantangannya juga pada jangkauan pasar karena pada dasarnya segala sesuatu bisa dihasilkan tapi yang tersulit apakah ada yang membelinya."

Nah, buat kamu yang penasaran dengan varian menu dari Cempal 64, Widia mengatakan, untuk cake pengiriman hanya untuk area Jabodetabek saja. 

Namun untuk pengiriman ke luar area tersebut, Widia mengatakan harus berkonsultasi lebih lanjut, untuk mengetahui proses pengiriman yang aman. Oh ya, buat kamu yang ingin mencicipi aneka menu dari Cempal 64, bisa ikutan pra pesan atau pre order via ManisdanSedap.com.

Ya,manisdansedap.com merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network, platform ini hadir untuk membantu penggemar kuliner di Indonesia.

Lebih mudah menemukan dan memesan beragam menu pre-order, ManisdanSedap.com juga mendukung penuh perjuangan para pemilik UMKM. Menampilkan jualan mereka sebagai ‘etalase’, platform ni juga menambahkan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller. Jadi, setelah klik beli via WA, pembeli bisa berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah, tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Bikin kreasi kulinermu makin dikenal dan peluang untuk meningkatkan pemasaran, segera daftarkan usahamu ke ManisdanSedap.com.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini