Sukses

Visa Digital Nomad Akan Terbit di Indonesia, Kerja Sembari Liburan Jadi Lebih Mudah!

Digital nomad itu sebuah kondisi di mana seseorang memutuskan untuk bekerja secara lepas dengan memanfaatkan teknologi, sehingga tak terikat waktu dan tempat.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan dunia digital semakin pesat dan perubahan drastis yang terjadi begitu kentara. Berbagai informasi, bisa kita dapatkan di era informasi yang membanjiri pengetahuan kita sebegitu masifnya.

Seiring perkembangan zaman, muncul juga istilah digital nomad yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh para generasi millenial. Sebenarnya apa sih digital nomad?

Jadi, digital nomad itu sebuah kondisi di mana seseorang memutuskan untuk bekerja secara lepas dengan memanfaatkan teknologi, sehingga tak terikat waktu dan tempat. Seorang yang menganggap dirinya digital nomad, bisa bekerja kapanpun dan di manapun serta jam kerjanya pun fleksibel, tanpa harus datang ke kantor.

Seorang digital nomad dapat bekerja dari kedai kopi, perpustakaan, pantai, pegunungan, atau bahkan hotel tempat mereka sedang bepergian ke luar kota atau negeri. Yang menjadi ciri utama seorang digital nomad adalah independen. Ya, mereka berusaha untuk bekerja dalam mengerjakan sesuatu berdasarkan hati dan minat.

Yang terpenting dari seorang digital nomad adalah koneksi! Yup, asal ada koneksi internet, seoerang digital nomad sudah bisa bekerja lho!

Jenis-Jenis Digital Nomad

Kalian sudah tahu kan apa itu digital nomad? Nah, sekarang, mungkin kalian bingung, kerjaan apa saja sih yang masuk dalam kategori digital nomad tersebut? Nih daftarnya!

  1. Freelancer yang memiliki pekerjaan sebagai penulis lepas, web programmer, bahkan admin media sosial yang mengelola aset klien dalam pembuatan kampanye daring atau konten.
  2. Profesional yang bekerja secara mandiri jasa konseling, akuntan, atau bantuan hukum lainnya.
  3. Pengusaha yang mengarahkan dan mengatur tim di bawahnya menggunakan tools daring.
  4. Kreator Konten yang memanfaatkan dunia digital untuk menciptakan karya dan pendulang cuan.

Sebetulnya ada banyak lagi jenis-jenis digital nomad, tapi yang paling kentara bisa kalian temukan ya keempat jenis pekerjaan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Visa Digital Nomad

Dikutip dari Visa Guide, Visa digital nomad ialah izin yang memungkinkan seseorang bekerja dari jarak jauh di luar negeri. Visa ini biasanya berlaku dalam jangka pendek dan tidak ada penawaran untuk pindah kewarganegaraan. Visa ini hanya membuka kesempatan bagi wisatawan dan freelancer untuk bekerja dari jarak jauh.

Sejauh ini, sudah 59 negara yang menawarkan visa digital nomad. Beberapa di antaranya ialah Jerman, Yunani, Spanyol, Meksiko, dan Indonesia yang masih dalam proses dan bakal diterbitkan di tahun ini. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, visa digital nomad sudah masuk dalam tahap akhir.

“Visa digital nomad ini sudah memasuki tahap akhir pembahasan dan akan terus kami koordinasikan dengan teman-teman kita di kementerian dan lembaga terkait," kata Sandiaga.

Dalam pembuatan visa ini, biasanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan dan tergantung dengan aturan masing-masing negara. Perbedaannya dengan visa turis adalah pemilik visa digital nomad bisa liburan sambil bekerja sementara visa turis hanya untuk berpergian.

 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.