Sukses

Warganet Bagikan Tips Hemat untuk Anak Kos, dari Camilan sampai Sampo

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai anak kos, mengatur keuangan tentunya jadi hal yang sangat penting. Hal ini sangat penting agar mereka tak kesulitan keuangan terutama di akhir bulan.

Tanpa kemampuan mengelola keuangan, jatah uang bulanan yang biasanya ditransfer orangtua akan selalu terasa kurang. Untuk itu, akun TikTok @lanidw membagikan tips untuk hemat sebagai anak kos. Tips pertama yang dibagikannya adalah untuk membeli camilan cukup banyak sebagai stok. Camilan tersebut bisa disantap untuk sarapan, atau bahkan makan saat lapar di malam hari namun enggan makan berat.

Stok makanan banyak ini akan sangat membantu saat tak mau keluar kos. Ia juga menyarankan untuk membeli di e-commerce agar harganya lebih murah. Ia juga menyarankan untuk membeli beberapa mi instan yang bisa disantap saat malas makan nasi.

Tak lupa wanita ini juga menyarankan untuk memanfaatkan promo yang ada di e-commerce agar lebih hemat dan untung. Di dalam kotak miliknya terlihat ada banyak keripik, mi instan, sereal, susu, dan lain sebagainya.

Wanita ini juga membeli beragam kebutuhan dapur seperti tepung dan aneka bumbu. Bahan-bahan sederhana itu bisa digunakan saat ingin memasak makanan praktis.

Untuk membeli sabun, sampo, dan lainnya, wanita ini menyarankan untuk membeli kemasan sachet. Hal ini agar penggunaan bisa diperhitungkan sehingga tak boros dan harganya pun lebih murah, meski tidak ramah lingkungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bisa Makan Enak

Wanita ini menghabiskan sekitar Rp300 ribuan dan setelah itu akan membeli bahan makanan seperti ikan, ayam, dan sayur sekitar Rp150 ribu per minggu. Ia lalu akan masak sendiri untuk membawa bekal ke kantor. Berkat cara ini pun dia tetap bisa makan enak walaupun hemat bujet. 

Video ini sukses menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 3 Juli 2022 ini. Ada yang menganggap tips itu cukup berat karena sering tergoda dengan stok makanan yang ada, tapi ada juga yang mengaku berhasil menjakankan tips serupa.

"Gue udah pernah nyoba ngestok segala macam, tapi beli di ojol lebih menggoda," komentar seorang warganet. "Kok bisa ya orang-orang nyetok habis itu sampai nggak kemakan. Lah gue nyetok satu hari itu juga habis," timpal warganet lainnya.  "Gue juga ngelakuin kayak gini dan emang benar jadi hemat," komentar warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang tips hemat untuk anak kos itu sudah dilihat lebih dari 753 ribu kali dan disukai lebih dari 75 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Bertahan Hidup

Anak kos identik dengan gaya hidup hemat dan praktis. Apalagi kalau sudah menjelang akhir bulan, ketika persediaan uang semakin menipis, mereka harus mencari 1.001 macam cara untuk dapat bertahan hidup.

Penasaran bagaimana caranya anak kos bertahan hidup? Berikut ada lima cara bertahan hidup ala anak kos yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Datang ke Acara Pernikahan

Bermodal amplop putih dan baju batik, Anda bisa menikmati hidangan pesta pernikahan murah meriah dan sudah terjamin kualitasnya. Tapi bagaimana kalau tidak ada yang mengundang? Cukup pasang wajah meyakinkan dan senyum penuh mengembang, dijamin Anda dapat lolos dari perhatian panitia.

2. Berkunjung ke rumah teman

Selain baik untuk menyambung tali silaturahmi, berkunjung ke rumah teman juga ternyata baik untuk kondisi keuangan Anda. Biasanya teman yang masih tinggal dengan orangtua punya banyak stok makanan. Anda dapat mencicipi hingga kenyang tanpa memperhatikan harganya.

4 dari 4 halaman

3. Ikut seminar kampus

Kampus sering mengadakan seminar-seminar bagi para mahasiswanya, mulai dari seminar skripsi, organisasi, seminar umum, dan lainnya. Biasanya bagi peserta yang menghadiri seminar tersebut akan mendapatkan nasi boks atau makanan ringan secara cuma-cuma. Selain bisa makan gratis, sebagai anak kos Anda juga pasti akan mendapatkan ilmu-ilmu yang berguna bagi kehidupan.

4. Stok mi instan

Mi instan wajib dimiliki oleh seorang anak kos. Cara membuatnya yang praktis dan rasanya yang lezat menjadi solusi tepat apabila Anda malas keluar atau sedang hujan. Tapi perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak mengonsumsi mi instan karena kandungan gizinya sangat rendah. Anda dapat mencoba alternatif makanan lain seperti bubur instan misalnya.

5. Puasa

Bukan hal baru lagi kalau berpuasa sangatlah menyehatkan tubuh dan menambah keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Anda dapat mencoba untuk berpuasa rutin Senin-Kamis untuk memperoleh berbagai manfaat tersebut beserta manfaat tersembunyi, yaitu lebih hemat.

Bisa juga dengan menjalani puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya. Kita bisa menentukan sendiri kapan memulai puasa Daud dan kapan mengakhirinya.