Sukses

Lagi, Kata-Kata Bahasa Indonesia Tersempil di Minions 2 The Rise of Gru

Liputan6.com, Jakarta - Minions 2 The Rise of Gru resmi ditayangkan di Indonesia pada Selasa, 28 Juni 2022. Film animasi dari Illumination tersebut adalah film kelima dalam waralaba Despicable Me - Minions.

Meski bukan kali pertama, salah satu hal menarik dari film ini adalah kembali adanya bahasa Indonesia yang disampaikan oleh Minions. Beberapa kata yang disebutkan itu adalah "nasi goreng kecap manis" hingga "terima kasih".

Pengisi suara Minions adalah Pierre-Louis Padang Coffin atau akrab disapa Pierre Coffin. Animator sekaligus sutradara berdarah Indonesia ini adalah putra dari penulis Indonesia Nh. Dini dan diplomat Prancis Yves Coffin.

Tentu ini bukan kali pertama Minions berbicara bahasa Indonesia. Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, film Minions pada 2015 lalu juga menghadirkan hal senada.

Menurut Coffin dalam sebuah wawancara dengan laman Voice of America, bahasa Minions adalah, "Campuran berbagai bahasa yang saya sukai, seperti Spanyol, Italia, Inggris, Indonesia dan juga Yunani."

Ia menjelaskan pula, "Yang ditekankan (dalam bahasa minion) adalah sonority atau resonansi suaranya. Bahasa Minnions tidak bisa dimengerti, tapi diketahui dari bagaimana suaranya, proyeksinya, bagaimana membaca kalimatnya, karena semua sudah saya tulis. Yang utama adalah penyampaiannya, bukan arti kata-katanya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sinopsis

Terlihat dari judulnya, kali ini Minions dipertemukan dengan dengan Gru masa kecil (Steve Carell). Filmnya kembali ke 1976 di California. Sejak kecil, Gru sudah punya ketertarikan soal dunia kaum penjahat. Idolanya, adalah Vicious Six.

Dulu, Vicious Six dipimpin oleh penjahat tua bernama Wild Knuckles (Alan Larkin). Namun ia dikhianati oleh rekannya sendiri, Belle Bottom (Taraji P Henson) yang menyimpan sebuah mustika masa lalu yang begitu kuat. 

Gru cilik tertarik untuk bergabung dengan tim para penjahat ini. Namun, hasilnya jauh dari yang ia harapkan. Alih-alih jadi anggota, ia justru ditertawakan.  

Untuk membuktikan kemampuannya, Gru menggodok sebuah rencana. Ia ingin mencuri mustika sakti tersebut dengan bantuan para Minions.

Tapi yang terjadi, benda ini justru hilang. Di sisi lain, Gru masih dikejar-kejar oleh para idolanya. Selain Steve Carell, Alan Larkin, dan Taraji P Henson, film ini juga diisi suaranya oleh Michelle Yeoh, Julie Andrews, Russel Brand, hingga Jean-Claude Van Damme.

3 dari 4 halaman

Kosakata Minion

Dikutip dari Slash Film, penggemar Minion tentu tidak asing dengan bahasa Minionese memiliki kata-kata kosa kata yang berulang yang digunakan di seluruh film. Mental Floss menunjukkan bahwa bahasa Minion dibangun bukan dari bunyi huruf tunggal, tetapi seluruh suku kata vokal-konsonan

Bahasa mereka juga lentur, memengaruhi serumpun dari bahasa Inggris, sering menggabungkan jenis ocehan "babyish" tertentu. Kadang-kadang, bahasa mereka juga mengontekstualisasikan kembali onomatopoeia sebagai kata benda. Guk-guk adalah "anjing", misalnya.

Karena banyak bahasa Minion berasal dari bahasa Inggris, tampaknya tidak terpengaruh, tidak ada kata tunggal untuk berbagai konjugasi kata kerja ("Aku cinta, kamu cinta" sebagai lawan dari "amo, amas"), juga tidak ada kata benda yang disajikan dengan kasus tata bahasa yang unik.

Tidak ada kasus nominatif, akusatif, genitif, dll. Namun, aturan ini tampaknya berubah ketika bahasa lain mulai menyelinap masuk ke leksikon Minion.

4 dari 4 halaman

Perilisan Tertunda

Italia, misalnya (bahasa Roman yang sangat dipengaruhi) muncul dari waktu ke waktu: "Me le due, spetta" adalah Minion untuk "io lo faccio, spetta," atau "Tunggu, saya akan melakukannya." Namun, Coffin mengakui bahwa banyak tulisannya untuk bahasa Minion sama campur aduknya dengan proses penulisannya sendiri.

Film Minions: The Rise of Gru seharusnya tayang di bioskop pada 3 Juli 2020 lalu. Namun seperti banyak film yang senasib saat pandemi mulai melanda, perilisannya akhirnya ditunda hingga kini. 

Pada 1 April, Illumination mengumumkan bahwa film tersebut dijadwalkan ulang untuk 2 Juli 2021, menggantikan tanggal asli yang ditetapkan untuk Sing 2 (2021). Kemudian pada Maret 2021 diundur lagi menjadi 1 Juli 2022 menggantikan tanggal asli The Secret Life of Pets 3.

Namun pada 1 Oktober 2021, Universal menegaskan bahwa film tersebut akan dirilis setelah The Secret Life of Pets 3 yang diundur menjadi 4 Juni 2022.