Sukses

10 Menu Diet Melly Goeslaw yang Bantu Turunkan Berat Badan Secara Sehat

Melly Goeslaw mengakui ia menjalani program diet yang dijalaninya sejak dua tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Melly Goeslaw yang terlihat lebih langsing dibanding sebelumnya cukup menarik perhatian publik. Hal itu tak terlepas dari upayanya lebih menjaga pola hidup sehat.

Tak sedikit warganet yang kagum dengan penampilan baru pelantun lagu Ku Bahagia yang terlihat begitu berbeda. Melly mengakui ia menjalani program diet yang dijalaninya sejak dua tahun lalu.

Usahanya ternyata membuahkan hasil. Mengaku mengalami penurunan berat badan, Melly Goeslaw pun merasa bajunya sudah mulai longgar.

"Sy gak pernah buka kelas atau bikin semacam work shop apapun yg berkaitan dengan penurunan bb. Sy gak mau didikte, jadi sy pun gk mungkin dikte org. Sbg gambaran aja baju sy dulu size XXL , skrg size M," ungkapnya dikutip dari akun Instagram miliknya.

Hingga saat ini, Melly diketahui berhasil menurunkan berat badannya hingga 30 kg. Diet yang dilakukannya pun mengacu pada arahan dokter gizi agar tidak sembarangan dan lebih sehat tanpa menimbulkan efek tertentu yang merugikan tubuh. Upaya yang dilakukan untuk menurunkan berat badannya juga meliputi beberapa hal.

Melly rutin berolahraga hingga mengatur pola makannya. Bagi penyanyi sekaligus pencipta lagu ini, mengonsumsi makanan sehat sebagai menu harian bisa jadi salah satu kunci diet tanpa merasa lapar. Menu makan yang dikonsumsi Melly pun cenderung sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10 Macam Makanan

"Kita harus tetep makan , makan makanan yang diciptakan Allah , jangan ciptaan pabrik. Dan itu bikin sehat dan anti body bagus," jelasnya dalam salah satu unggahan di Instagram.

Dari berbagai jenis makanan yang disantapnya, setidaknya ada 10 macam makanan yang kerap dikonsumsi Melly dalam menjalani diet, dilansir dari akun Instagram @melly_goeslaw dan kanal Youtube ‘helaw tv’.

1. Ikan

Menjaga asupan protein menjadi hal penting bagi Melly supaya tetap berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dia pun mengonsumsi protein yang rendah karbohidrat seperti ikan segar. Ikan dipercaya aman untuk diet menurunkan berat badan. "Ikan nya segar2, mengandung protein tinggi. Jadi masih aman utk yang lagi diet," tulis Melly dilansir dari akun Instagramnya..

2. Biskuit

Biskuit bisa jadi salah satu camilan sehat sekaligus mengenyangkan. Agar lebih aman, Melly mengonsumsi biskuit yang terbuat dari gandum. Dilansir dari practo.com, biskuit gandum mengandung lebih sedikit kalori dan lemak. Kandungan serat dan protein di dalamnya juga membuat biskuit ini cocok jadi camilan selama diet.

3. Smoothies

Smoothies sehat untuk diet bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan. Smoothies yang terdiri dari bahan-bahan sehat, dengan bahan utama buah-buahan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Melly terkadang menyantap smoothies yang terbuat dari buah naga, ditambah berbagai macam topping seperti buah, kacang, dan parutan kelapa. Buah naga kaya akan serat yang dapat membantu proses penurunan berat badan. "Ini ada coconut, kacang-kacangan, semangka, smoothiesnya buah naga," kata Melly.

3 dari 4 halaman

4. Kombinasi nasi, sayur, dan lauk

Bagi Melly, food combining bisa membantu tubuhnya berenergi selama beraktivitas. Ia mengatur karbohidrat, serat, dan protein dalam menu makannya agar tetap seimbang. Untuk menu food combining versi Melly, meliputi nasi, sayur, dan lauk. "Namanya food combining mah, semua di combine," jelas Melly Goeslaw .

5. Orak-arik tahu kukus

Ada juga menu rumahan yang enak namun tapi tak kalah sehat meski tidak terlalu populer.  Melly menyantap orak-arik tahu yang dicampur tomat dan avokad. Supaya lebih sehat dan aman untuk diet, tahu dimasak dengan cara dikukus. Mengukus merupakan salah satu teknik masak yang sehat karena bisa meminimalkan penggunaan minyak yang cenderung tinggi kalori.

6. Salmon

Salmon merupakan makanan sehat yang padat nutrisi. Melly mengonsumsi salmon untuk memperbanyak protein yang dibutuhkan oleh tubuhnya selama diet. Salmon bisa jadi sumber protein tanpa lemak yang dapat membantu tubuh mempertahankan massa otot saat sedang dalam proses diet.

Salmon juga tidak mengandung karbohidrat, yang berarti tidak ada serat dan gula. Pada keduanya juga menyediakan protein yang tinggi untuk kebutuhan tubuh.

Perhatikan rempah-rempah yang akan digunakan saat memasaknya karena bisa memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. Salmon juga punya lemak, tapi lemak ini bermanfaat untuk tubuh seperti meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan penyerapan vitamin.

7. Infused water

Infused water kerap dijadikan sebagai salah satu cara detoks tubuh yang ampuh selama diet. Melly mengonsumsi infused water untuk mengeluarkan racun dan bikin metabolisme tubuh semakin lancar.

Ibu dua anak ini menggunakan buah kiwi, mentimun, dan jeruk nipis ke dalam infused waternya. Air yang dicampur dengan makanan pembakar lemak seperti potongan buah-buahan terbukti dapat membantu detoks tubuh sekaligus meningkatkan energi saat diet.

4 dari 4 halaman

8. Egg toast

Salah satu menu sarapan yang sehat adalah egg toast. Menu ini sering dipilih karena praktis dibuat. Melly Goeslaw mengonsumsi egg toast ini dengan roti gandum dan telur ceplok.

Berbagai macam bumbu di atasnya membuat egg toast tersebut semakin lezat saat disantap. Tak lupa, Melly pun menambahkan sayuran rebus agar menu dietnya ini semakin padat gizi.

9. Makanan tinggi protein

Selama diet, Melly cenderung mengonsumsi asupan karbohidrat. Dia lebih menekankan untuk mengonsumsi makanan berprotein sesuai anjuran dokter gizi. Protein yang dipilih pun cenderung rendah karbohidrat seperti ikan, telur, atau ayam.

Makanan tinggi protein ini bisa jadi makanan yang baik untuk diet dan kesehatan tubuhnya."Kan kalau badan sehat, pakai makanan sehat," ungkap Melly.

10. Tumis brokoli

Melly tak hanya mengonsumsi menu rebus dan kukus. Ia terkadang menyantap sayuran yang dimasak dengan cara ditumis, seperti tumis brokoli. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi saat diet.

Beberapa mikronutrien pada brokoli diketahui mendukung penurunan berat badan. Sedangkan kandungan fitokimianya menunjukkan potensi untuk memecah lemak. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari dikukus, direbus, dipanggang, ditumis, sampai sebagai isian sup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.