Sukses

Menu Sedap Khas Jawa, Ayam Ingkung Bakar dan Goreng Kremes Kini Ada di Bogor

Liputan6.com, Bogor Kekayaan kuliner khas Nusantara memang tak perlu diragukan lagi. Sebut saja olahan ayam kampung, di setiap daerah bisa berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Termasuk ayam ingkung yang disajikan dalam tradisi Jawa Timur dan Jawa Tengah di tengah syukuran, hajatan, maupun acara selamatan lainnya.

Biasanya dinikmati bersama urap sayur, olahan ayam kampung ini punya rasa sedap dengan tekstur daging yang empuk dan bumbu yang meresap. Bagi tim sedap yang ada di Bogor, kini bisa mencicipi kelezatan Ayam Ingkung Bakar dan Goreng Kremes.

Sajian Ayam Utuh

Diracik oleh Irma Milasanti sejak tahun 2019, usaha kuliner ini dirintis untuk membantu perekonomian keluarga sekaligus mengenalkan ayam ingkung.

“Istilah ingkung masih sangat asing di telinga masyarakat Jawa Barat, sampai sekarang pun masih banyak yang belum mengetahui arti ingkung,” kenangnya.

Sang owner yang akrab dipanggil Irma ini pun mencoba mengenalkan sajian ayam lengkap, mulai dari kepala, kaki, dan ati ampela. Usahanya terbilang sukses, karena rata-rata pembeli lebih memilih ayam ingkung yang bisa dinikmati hingga 8 orang dengan harga yang terjangkau.

Proses Rumit dan Lama

Menawarkan menu ayam ingkung bakar dan goreng kremes, Irma memberikan pilihan ayam negeri atau ayam kampung pada pembeli. Mengolah menu ini pun butuh proses yang cukup panjang.

“Selain menggunakan ayam fresh, bahan-bahan untuk bumbu ungkepannya banyak banget. Proses ungkep 1 ekor sekitar 1,5 jam agar bumbu benar-benar meresap. Kecuali untuk ayam kampung, harus hati-hati saat ungkep karena dagingnya yang rapuh,” jelasnya.

Wajib pre-order, menu ayam ingkung sudah dilengkapi dengan sambal lalap, juga kremesan untuk menu ayam goreng kremes. Irma juga menjual kremesan secara terpisah, dan ayam ungkep yang bisa digoreng atau dipanggang sendiri di rumah.

Ingin Memperluas Pengirimannya

Sempat dianggap mahal, nyatanya Irma sukses meyakinkan calon pembeli jika Ayam Ingkung Bakar dan Goreng Kremes malah lebih murah dibandingkan membeli ayam potongan. Apalagi dengan rasa dan kualitas yang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Tak heran kalau pelanggannya kini bukan hanya di seputaran Jabodetabek, tapi juga sampai ke Jawa Tengah.

Sayangnya, Irma mengaku sering terkendala modal dan peralatan seperti freezer dan alat vacuum sealer yang cukup mahal.

“Harapannya, ingin mengakomodasi dua peralatan ini agar usaha saya bisa berkembang lebih jauh dan memperluas pengiriman dengan sistem reseller,” tutupnya.

Harapan untuk membesarkan Ayam Ingkung Bakar dan Goreng Kremes mendapat dukungan dari ManisdanSedap.com. Merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network, platform ini bukan hanya memudahkan siapa saja untuk menemukan dan memesan menu pre-order.

Tapi juga membantu memasarkan produk UMKM kuliner, dengan memajang jualannya sekaligus menambahkan fitur yang menghubungkan pembeli dan penjual. Makin mudah berinteraksi dan bertransaksi, terpisah dari platform ini, peluang untuk mendapatkan pembeli dan keuntungan pun makin besar. Tunggu apalagi, gabung ke ManisdanSedap.com sekarang juga!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)