Sukses

Deretan Masjid Unik yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran Tiba

Selain menjadi tempat ibadah, masjid juga bisa menjadi tempat yang pas untuk menyimpan momen spesial bersama keluarga di hari raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta Momen Lebaran tinggal menghitung hari. Berkumpul bersama keluarga menjadi agenda penting yang harus dijalani. Entah berada di kampung halaman atau di Jakarta pas kondisi sepi. Setelah berkumpul ria bersama keluarga, kurang afdol rasanya jika tidak berwisata mumpung masih libur cuti bersama.

Walaupun sudah bisa mudik dan libur Lebaran, kalian harus menjadikan mudik kali ini mudik yang aman dan sehat, karena pandemi Covid-19 belumlah usai. Kalian harus tetap menjaga kesehatan tubuh dengan terus menaati protokol kesehatan yang berlaku supaya sanak keluarga di kampung halaman tetap aman dan sehat.

Untuk mengisi liburan kali ini kamu bisa melakukan wisata religi. Sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ingin mengembangkan masjid di Indonesia untuk menjadi tempat wisata religi. 

"Kami di Kemenparekraf siap berkolaborasi bersama Dewan Masjid Indonesia untuk berinovasi mengembangkan wisata religi, yang tujuannya adalah untuk memakmurkan masjid dengan event-event yang menarik dan kekinian, tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," ucap Sandi.

Selain menjadi tempat ibadah, masjid tersebut juga bisa menjadi tempat yang pas untuk menyimpan momen spesial bersama keluarga di hari raya Idul Fitri. Berikut adalah deretan masjid dari berbagai kota #DiIndonesiaAja yang memiliki arsitektur bangunan peninggalan masa lalu yang masih terawat dengan baik sampai pemandangan budaya yang unik dan menarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Sumatera Barat memiliki landmark megah, ikonik, dan juga unik yang bisa menjadi destinasi wisata. Kompleks masjid yang memiliki luas sekitar 40.343 meter persegi dan terdiri dari tiga lantai ini, lokasinya berada di Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan, Kota Padang.

Bentuk masjid ini terbilang unik. Jika pada umumnya masjid memiliki kubah pada bagian atas, Masjid Raya Sumatera Barat tidak memiliki kubah. Atasnya memiliki empat sudut lancip seperti Rumah Gadang, ciri bangunan ini berbentuk Gonjong khas Minangkabau, dan ada juga ukiran khas Minang serta kaligrafi pada dinding bagian luar masjid yang menghasilkan kesan megah.

3 dari 7 halaman

Masjid Ramlie Mustofa, Jakarta

Masjid yang terletak di seberang Danau Sunter ini, kerap kali disebut sebagai Taj Mahalnya Jakarta. Masjid megah ini memadukan empat unsur budaya dalam bangunannya yaitu Indonesia, Cina, India, dan Arab. 

Keunikan lain dari masjid ini, bagian depan masjid terdapat ukiran surat Al-Fatihah yang menggunakan tiga bahasa sekaligus yaitu Arab, Indonesia, dan Mandarin.

4 dari 7 halaman

Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid ini sering disebut sebagai masjid kubus karena arsitekturnya yang unik menyerupai Ka’bah berbentuk kubus dengan warna abu-abu. Selain itu, ventilasinya didesain membentuk pola kalimat syahadat yang indah. 

Saat malam hari, gemerlap lampu sebanyak 99 yang melambangkan Asmaul Husna menerangi masjid yang berlokasi di Jalan Parahyangan KM 2.7, Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat. Cobalah untuk melakukan salat dan zikir di masjid ini, rasakan keindahan dan kekhusyukan atas segala kenikmatan yang Tuhan berikan. Wisata religi ke tempat-tempat ibadah seperti masjid akan mampu meningkatkan keimanan dan baik untuk kesehatan mental.  

5 dari 7 halaman

Masjid Kapal, Semarang

Masjid yang berlokasi di Jalan Kyai Pandak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang ini memiliki arsitektur yang sangat unik. Masjid ini menyerupai kapal Nabi Nuh AS.

Masjid yang terdiri dari tiga lantai ini, sangat cocok untuk kalian yang ingin mencari spot foto yang instagramable. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi yang perlu kalian kunjungi loh.

6 dari 7 halaman

Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta

Masjid yang berlokasi tak jauh dari alun-alun Kota Yogyakarta ini dikenal dengan nuansa budaya Jawa yang sangat kental. Masjid yang dibangun pada 29 Mei 1773 ini memiliki arsitektur yang melambangkan budaya Jawa Islam. 

Terlihat dari atap masjid yang menggunakan pola susun tiga khas tradisional masyarakat Jawa bernama Tajug Lambing Teplok. Filosofi dari pola ini pencapaian kesempurnaan hidup manusia yaitu hakikat, syariat, dan makrifat.

Bagi kalian yang datang berkunjung dari luar Kota Yogyakarta dan mencari penginapan yang sudah mendapatkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability), beberapa hotel dekat dengan alun-alun Yogyakarta sudah mendapatkan sertifikat itu dari pemerintah loh. Sertifikat tersebut diberikan kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Jadi, bisa menikmati liburan dengan tenang dan menyenangkan.

7 dari 7 halaman

Masjid Cheng Ho, Surabaya

Masjid yang memiliki arsitektur seperti kelenteng ini dibuat untuk mengenang perjuangan dan dakwah Laksamana Cheng Ho dan warga Cina muslim pada abad ke-15. 

Masjid ini juga memiliki atap berbentuk persegi delapan yang melambangkan angka keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Perpaduan antara gaya Cina dan Arab menjadi ciri khas dari masjid ini. Walaupun secara arsitektur terlihat seperti kelenteng, di atas pagoda masjid ini terdapat lafadz Allah dalam huruf Arab yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Dengan kalian mengunjungi destinasi wisata religi, kalian nggak cuma memberikan kebahagiaan buat diri sendiri dan keluarga, tapi juga sekaligus berkontribusi dalam memajukan ekonomi nasional yang sempat terdampak oleh pandemi. Selama mudik kamu bisa menginap di hotel, berburu kuliner khas daerah, hingga #BeliKreatifLokal sebagai oleh-oleh untuk teman atau sahabat yang tidak mudik.

Itu dia kumpulan masjid #DiIndonesiaAja dengan gaya arsitektur unik dan menarik yang juga cocok jadi alternatif wisata libur Lebaran kalian. Kalau kalian merasa kurang dengan deretan rekomendasi masjid unik untuk kalian kunjungi, kalian wajib nih ikutan Sayembara Akamsi! yang digagas oleh Kemenparekraf. #AmbassadorKampungSini menjadi ajang untuk bisa menemukan pesona tersembunyi di sekitar tempat kalian.

Sebelum bepergian, pastikan Sobat Pesona tetap menerapkan protokol kesehatan berstandar CHSE, demi kesehatan bersama ya! Pastikan kalau kalian, temen-temen, atau keluarga juga udah vaksin dosis kedua atau ketiga terlebih dahulu sebelum pergi, biar semuanya terlindungi. Jangan sampai lupa juga buat follow akun Instagram @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, Facebook @pesonaindonesia, dan kunjungi juga website www.indonesia.travel buat cari tau lebih banyak lagi ide-ide wisata menarik lainnya #DiIndonesiaAja!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini