Sukses

Will Smith Mengundurkan Diri dari Keanggotaan Academy Usai Tampar Chris Rock di Ajang Oscar

Will Smith mengundurkan diri dari keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Liputan6.com, Jakarta - Will Smith mengajukan pengunduran diri sebagai anggota dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Pengunduran diri Smith telah diterima pihak Academy.

Pengunduran diri tersebut merupakan buntut penamparan terhadap Chris Rock yang dilakukan Will Smith. "Kami telah menerima dan menerima pengunduran diri Will Smith segera dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences," kata David Rubin, Presiden Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke People pada Jumat 1 April 2022.

Rubin menambahkan, pihaknya akan terus melanjutkan proses disipliner terhadap Smith atas pelanggaran Standar Perilaku Academy. Sanksi tersebut akan dijatuhkan sebelum pertemuan dewan dengan jadwal pada 18 April 2022.

Pernyataan Academy itu sebagai tanggapan terhadap Smith yang mengumumkan pengunduran dirinya setelah dia memukul Chris Rock di Academy Awards ke-94 pada Minggu malam.

"Saya telah langsung menanggapi pemberitahuan sidang disiplin Academy, dan saya akan sepenuhnya menerima setiap dan semua konsekuensi atas perilaku saya. Tindakan saya pada presentasi Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan," kata aktor pemenang Oscar itu dalam sebuah pernyataan yang diterima People, Jumat, 1 April 2022.

"Daftar orang-orang yang telah saya sakiti sangat panjang dan termasuk Chris, keluarganya, banyak teman dan orang yang saya cintai, semua yang hadir, dan audiens global di rumah. Saya mengkhianati kepercayaan Academy," Will Smith menambahkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rampas Nominasi

Smith juga mengatakan ia telah merampas nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan untuk pekerjaan luar biasa mereka. Ia akan menerima konsekuensi yang akan dijatuhkan pada dirinya.

"Saya patah hati. Saya ingin mengembalikan fokus pada mereka yang pantas mendapatkan perhatian atas pencapaian mereka dan memungkinkan Academy untuk kembali ke pekerjaan luar biasa yang dilakukannya untuk mendukung kreativitas dan seni dalam film. Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Sciences," ia berkata.

Dia menyimpulkan, "Perubahan membutuhkan waktu dan saya berkomitmen untuk melakukan pekerjaan untuk memastikan bahwa saya tidak akan pernah lagi membiarkan kekerasan mengambil alih alasan.

 

3 dari 5 halaman

Candaan

Konflik muncul setelah Rock membuat lelucon tentang kepala gundul Jada Pinkett Smithn sebagai hasil dari perjuangannya selama bertahun-tahun dengan alopecia. "Jada, aku mencintaimu. G.I. Jane 2, tidak sabar untuk bertemu denganmu," canda Rock.

Smith kemudian berjalan ke atas panggung dan memukul wajah Rock, membuat penonton dan penonton langsung di seluruh dunia tercengang. "Oh wow," kata Rock yang tampak terkejut saat Smith berjalan kembali ke tempat duduknya. 

4 dari 5 halaman

Kutuk Aksi Will Smith

Pihak Academy mengutuk tindakan Smith dan akan mengeksplorasi tindakan dan konsekuensi lebih lanjut sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga Academy, standar, dan hukum California.

Selain itu, Akademi membagikan Standar Perilaku organisasi yang "menyediakan kerangka kerja etis bagi anggota Academy. Academy menyatakan, anggota harus bertindak dengan cara yang konsisten dengan reputasi baik.

 

5 dari 5 halaman

Adakah Oscar untuk Leo?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.