Sukses

Ketahui Cara Aman Pakai Water Heater Listrik, Cegah Korsleting Listrik

Buat kamu yang menggunakan water heater di rumah, ada baiknya memilih produk dengan cermat, bermutu kualitasnya, dan dilengkapi fitur Earth-Leakage Circuit Breaker atau ELCB/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Listrik merupakan salah satu energi yang diperlukan manusia setiap hari, mulai dari pagi hingga malam hari. Namun sayangnya, ketika menggunakan listrik, masih banyak orang yang mengabaikan faktor keamanannya.

Salah satu faktor keamanan yang penting adalah mencegah terjadinya korsleting listrik yang merupakan hubungan pendek arus listrik, dan sayangnya kerap terjadi secara mendadak. Jika hal ini dibiarkan akan menimbulkan panas dan memicu kebakaran.  

Lalu apa sebenarnya yang memicu terjadinya korsleting listrik? Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk menjaga keamanan penggunaan listrik alat elektronik di rumah, yaitu sebagai berikut: 

Kesalahan Instalasi

Alasan mengapa kamu harus benar-benar menggunakan jasa teknisi dari service center resmi ketika memasang berbagai perlengkapan rumah yang berhubungan dengan listrik, yaitu untuk mencegah kesalahan instalasi. Ya, salah satu penyebab korsleting listrik yang paling sering terjadi adalah karena pemasangan instalasi yang nggak sempurna. Maka dari itu kamu disarankan untuk menggunakan jasa teknisi dari service center resmi. Akan lebih baik, jika kamu juga rutin mengecek instalasi kelistrikan di rumah.

Menumpuknya Colokan Listrik

Penggunaan colokan listrik, seperti steker dan extension stop kontak memang lebih efisien agar dapat menggunakan sejumlah perangkat secara bersamaan. Namun ternyata jika kamu menggunakan secara bersamaan dalam waktu lama, dapat menyebabkan suhu di extension itu menjadi panas dan memicu korsleting listrik. 

Jika hal ini terjadi dampaknya fatal, mulai dari kesetrum dan kebakaran. Maka dari itu, ada baiknya kamu menggunakan extension stop kontak yang dilengkapi dengan tombol on dan off. Pilih juga instalasi steker yang sesuai dengan standar SNI dan grounding terpasang. 

Terkena Cipratan Air

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kita harus menjauhkan arus listrik dan perangkat elektronik di rumah dari air. Namun sayangnya, masih ada perangkat elektronik yang berdekatan atau bersentuhan dengan air , seperti colokan terkena cipratan air hingga menyebabkan korsleting  listrik. Maka dari itu, instalasi listrik seperti steker harus dipasang lebih tinggi dari lantai dan jauh dari genangan atau cipratan air. 

Gunakan water heater yang sudah terjamin keamanannya

Hampir semua orang menyukai barang dengan harga yang lebih murah. Namun untuk urusan kelistrikan, ada baiknya kamu menggunakan produk yang menjamin keamanannya, untuk mencegah korsleting listrik. 

Electrical Safety Foundation International seperti dijelaskan di laman Indianaec.org melaporkan ada lebih dari 30 ribu kasus sengatan listrik yang terjadi setiap tahun karena penggunaan produk rumah tangga. 

Nah buat kamu yang menggunakan water heater di rumah, ada baiknya memilih produk dengan cermat dan bermutu kualitasnya. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa produk unit alias water heater dilengkapi dengan fitur Earth-Leakage Circuit Breaker atau ELCB . ELCB adalah alat pengaman listrik dari resiko kebocoran arus listrik yang berfungsi untuk memutus aliran listrik seketika, jika terjadi kebocoran listrik. 

Selain itu, kamu juga harus melakukan perawatan atau maintenance produk water heater setidaknya setahun sekali, untuk memastikan bahwa keamanan listrik di perangkat elektronik kamu tetap terjaga. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini