Sukses

Beda Cilok, Cilor, dan Cilung yang Tak Diketahui Ibunda Livy Renata

Ibunda Livy Renata Susana Rahardjo mengaku tidak mengetahui jajanan berbahan dasar aci atau tepung, seperti cilok, cilor, dan cilung. Apa beda ketiganya?

Liputan6.com, Jakarta - Gamer Livy Renata beberapa waktu lalu sempat jadi perbincangan hangat di jagat maya. Setelah sosoknya populer, ibundanya Susana Rahardjo turut menyita perhatian publik.

Salah satunya ketika ibunda Livy Renata mengaku tak mengetahui jajanan, seperti cilok, cilor, dan cilung. Hal tersebut disampaikan Susana di sesi bincang-bincang dalam video yang diunggah di kanal YouTube Tema Indonesia, 28 Februari 2022.

Awalnya, salah satu host Indra Jegel bertanya soal apakah saat kecil Livy suka jajanan, seperti seblak dan cilok. "Enggak," kata Susana sembari menggelengkan kepala.

"Dia jajannya apa ya kecilnya?" tanya Indra Jegel. "Dia makannya kayak donat, cookies, ice cream, cake," jawab Susana.

Giliran host Rigen yang bertanya, "Emang tantenya juga enggak doyan atau enggak tahu juga atau emang enggak pernah dengar juga makanan-makanan itu?"

"Saya sih terus terang, saya juga enggak tahu cilok apa," kata ibunda Livy Renata sembari tertawa. Rigen kembali bertanya dan memastikan, "Cilok, cilor, cilung?". "Enggak tahu," jawab Susana.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cilok

Lantas, apa beda antara ketiga jajanan ini? Cilok, cilor, dan cilung adalah camilan berbahan dasar aci atau tepung. Cilok sendiri berarti aci dicolok atau disajikan dengan tusukan.

Sebelum jadi cilok, aci yang terbuat dari tepung tapioka dibentuk bulat mirip bakso. Camilan khas Jawa Barat ini berisi daging, umumnya ayam, atau potongan telur di dalamnya.

Cilok biasanya disantap dengan pelengkap seperti sambal dan sambal kacang. Jajanan ini banyak dijual pedagang kaki lima di berbagai tempat, termasuk sekolah.

3 dari 5 halaman

Cilor

Jajanan khas Jawa Barat lainnya, cilor, juga berbahan dasar tepung. Cilor terbuat dari aci dan telur yang dibentuk seperti bakso.

Proses pembuatannya mirip dengan telur gulung, yakni bakso aco dibalut telur. Lalu, cilor dikukus atau direbus.

Setelah matang, cilor disantap dengan cara ditusuk. Bahan-bahan membuat cilor terdiri atas tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, merica, garam, penyedap rasa, telur, dan seledri.

4 dari 5 halaman

Cilung

Sedangkan cilung berarti aci yang penyajiannya digulung. Ya, jajanan dari tepung tapioka ini digulung saat digoreng.

Cilung biasanya disantap dengan ragam bumbu atau saus sesuai selera. Jajanan ini kerap dijual para pedagang keliling.

5 dari 5 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.