Sukses

Mbah Minto Meninggal Dunia Sehari Setelah Orang Ramai Mengucapkan Selamat Hari Ibu

Sehari setelah masyarakat Indonesia memperingati Hari Ibu, Mbah Minto meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Mbah Minto meninggal dunia menjadi duka yang mendalam bagi warga Klaten, Jawa Tengah, Kamis, 23 Desember 2021. Kepergian perempuan bernama lengkap Minto Suwito Siyam untuk selamanya itu terjadi sehari setelah orang ramai mengucapkan selamat Hari Ibu.

Tak sedikit mereka yang tak mengenal Mbah Minto secara pribadi pun ikut berduka. Melansir dari laman klatenkab.go.id, seorang warga bernama Wati, dari Sidorejo, Krakitan, Bayat, Klaten, pun datang melayat ke rumah rumah duka.

Ia mengatakan belum pernah ketemu Mbah Minto. Ia baru tahu Mbah Minto setelah namanya terkenal seperti sekarang.

"Mbah Minto telah banyak mewarnai kehidupan. Kelucuannya banyak digemari tidak saja orang dewasa juga anak-anak,” kata Wati.

Perempuan yang tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) itu mengaku kehilangan atas meninggalnya Mbah Minto sehari setelah orang ramai mengucapkan selamat Hari Ibu. Seperti diketahui, Hari Ibu diperingati pada 22 Desember, sedangkan Mbah Minto meninggal dunia pada 23 Desember 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok yang Asyik

Sementara itu, ucapan duka disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani. Ia mengaku kehilangan dengan sosok seniman Mbah Minto.

Ia memuji penampilan Mbah Minto yang dinilainya sangat luas, tertutama di depan kamera. Semasa Mbah Minto hidup, ia sempat beberapa kali melakukan pengambilan gambar bersamanya.

"Kita shooting bersama Mbah Minto. Gaya Mbah Minto yang asyik saat shooting dan tetapi semua adalah takdir Allah Subhanahu Watta Alla,” ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Sosok Inspiratif

Kabar meninggalnya Mbah Minto diketahui berasal dari YouTuber, Ucup Klaten. Lewat akun Instagramnya, Ucup mengunggah foto dan menyampaikan meninggalnya Mbah Minto dalam usia 85 tahun pada Rabu, pukul 21.15 WIB.

"Sugeng tindak Simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulis Ucup.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersaksi bahwa Mbah Minto adalah orang baik. Ia mendoakan almarhumah husnul khotimah. "Terimakasih mbah, sudah jadi inspirasi dan penguat kami di kala pandemi," tulis Ganjar.

Dalam unggahan yang lain, Ganjar mengatakan bahwa banyak manfaat yang telah diberikan dari Mbah Minto. "Ketika yg lain mengeluh bahkan marah karena pandemi, panjenengan hadir membawa tawa dan cara lain menghadapi lara. Selamat jalan Mbah Minto. Kebaikan yg panjenengan berikan, akan terus kami kenang," imbuh Ganjar.

4 dari 4 halaman

Infografis banjir dan longsor di Jawa Tengah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.