Sukses

Mengenal Kallang di Singapura, Tempat Penyelenggaraan Piala AFF 2020

Kallang menjadi tempat penyelenggaraan Piala AFF 2020 di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Kallang di Singapura, tak hanya memiliki stadion berkelas internasional tempat penyelenggaraan Piala AFF 2020, tapi juga banyak destinasi lain yang menarik. Kallang berada di Singapura bagian timur.

Secara etimologi, kata "Kallang" berasal dari bahasa Melayu lama, yang bermakna "orang laut" atau disebut orang biduanda kallang. Mengapa disebut orang laut, karena mereka tinggal di tepian Sungai Kallang dan Sungai Singapura, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Saat tiba Raffles di Singapura pada 1819, ada sekitar 500 orangutan biduanda Kallang. Pada 1824, Temenggung yang memindahkan Kallang orangutan ke Sungai Pulai di Johor.

Sungai Kallang yang berkelok-kelok melalui daerah ini terkenal untuk olahraga air. Sumber sungai adalah Reservoir Pierce Bawah, dan di lebih dari 10 kilometer, itu adalah sungai terpanjang di Singapura.

Kallang sering dikenal secara umum sebagai Basin Kallang. Daerah ini dikelilingi oleh Kallang, sungai Geylang, Rochor dan Whampoa, dan Terusan Pelton.

Kallang adalah rumah bagi banyak kawasan industri ringan, seperti pembuat pipa, pabrik garmen. Banyak pabrik industri berat telah dipindahkan jauh dari daerah ini, dalam rangka untuk mempromosikan perumahan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stadion Nasional Singapura

Stadion Nasional Singapura berada di Kallang. yang merupakan tempat dari banyak kegiatan olahraga dan menampilkan Parade Hari Nasional hampir setiap tahun.

Selain stadion, Park Kallang Riverside sepanjang Sungai Kallang adalah sebuah taman sungai dikelola oleh Dewan Taman Nasional. Di sisi dekat ke Singapore Sports Hub adalah pantai sementara sisi lain dekat Crawford Street adalah sebuah trotoar pejalan kaki. Jalan setapak terhubung ke Gardens by the Bay di Marina Centre.

Kallang Taman Connector merupakan bagian dari Jaringan Connector Taman dikelola oleh Dewan Taman Nasional. Konektor ini bertujuan untuk menghubungkan semua taman utama di Singapura.

3 dari 4 halaman

Nama Jalan

Moda transportasi umum cukup banyak di Kallang, seperti di dekat Central Area. Semua berintegrasi ke dalam sistem transportasi Singapura.

Sementara itu, nama-nama jalan menggunakan nama dari perkebunan Kallang, bukan berdasarkan nomor. Beberapa di antaranya Boon Keng Jalan, Old Airport Road, Jalan Mountbatten, juga Tanjung Rhu Road.

Kata "Kallang" juga ditemukan di jalan seperti Kallang Bahru, Kallang Road, Kallang Tengah dan Way Kallang. Terletak di pinggiran kota Singapura, Kallang memilii jaringan jalan yang luas.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Covid-19 Varian Delta Plus Muncul di Singapura dan Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.