Sukses

Piala AFF 2020: Kalah 2-4 atas Timnas Indonesia, Pelatih Kamboja: Kami Lebih Baik di Babak II

Liputan6.com, Jakarta Kamboja kembali menelan kekalahan saat bertemu Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup B, Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021). Dalam laga di Bishan Stadium, Kamboja menyerah dengan skor 2-4. 

Ini menjadi kekalahan kedua Kamboja di Piala AFF 2020. Sebelumnya, pasukan Ryu Hirose juga dipermalukan Malaysia pada pertandingan pertama dengan skor 1-3. Dua kekalahan beruntun ini tentu saja semakin menyulitkan langkah tim berjuluk Angkor Warrior tersebut menuju babak semifinal.

Melawan Indonesia, timnas Kamboja memang kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama. Namun penampilan mereka berubah setelah turun minum. Tidak hanya sukses menambah gol, timnas Kamboja juga justru rutin melakukan gempuran ke barisan pertahanan timnas Indonesia. 

"Tim kami (timnas Kamboja) semakin baik di babak kedua setelah kami memasukkan pemain-pemain yang lebih berpengalaman. Pertandingan yang sangat bagus hari ini dan mereka menunjukkan kalau mereka bisa bermain pada level yang kami inginkan," beber Ryu Hirose usai petandingan.

 

2 dari 3 halaman

Membaik di Babak Kedua

Di babak kedua, Hirose yang bekerjasama dengan Keisuke Honda dalam membina timnas Kamboja, melakukan lima pergantian. Salah satunya dengan memasukkan Prak Mony Udom menit ke-57. 

Di menit yang sama, Hirose juga mengganti Nhean Sosidan dengan Leng Nora. 

Dua pergantian ini langsung membuahkan hasil pada menit ke-60. Tendangan bebas yang membentur pemain timnas Indonesia berhasil berbuah gol kedua bagi Kamboja.

Sebelumnya, gol pertama Kamboja dicetak pada menit ke-37 lewat tandukan Yue Safy. 

 

3 dari 3 halaman

Lawan Berikutnya

Sejak awal, Kamboja sebenarnya tidak terlalu memasang target tinggi di Piala AFF 2020. Bersama Keisuke Honda yang ditunjuk sebagai manajer, tim ini lebih diproyeksikan untuk SEA Games 2023. Pada pertandingan selanjutnya, Kamboja akan berhadapan dengan Laos, pada 15 Desember 2021.