Sukses

7 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan bagi Lansia

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda pernah memiliki hewan peliharaan atau malah sedang memiliki hewan peliharaan? Sebaiknya Anda terus memilikinya sampai tua nanti.

Pasalnya, memiliki hewan peliharaan mendatangnya beragam manfaat bagi lansia, seperti dapat meningkatkan kekuatan fisik untuk menjaga hubungan sosial. Dilansir Dr Health Benefits, Rabu (1/12/2021), memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan fisik bagi lansia.

Sebab memelihara hewan juga dapat mengurangi risiko stres. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Michigan University di Amerika Serikat, pemilik hewan peliharaan memiliki risiko serangan stres lebih rendah dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Secara umum, hubungan dengan hewan peliharaan jauh lebih sederhana daripada manusia, karena mereka memberi rasa dibutuhkan dan dicintai. Berikut selengkapnya ulasan manfaat memiliki hewan peliharaan bagi lansia. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

1. Meningkatkan Imunitas

Sistem kekebalan tubuh orang yang memiliki hewan peliharaan lebih baik daripada mereka yang tidak memilikinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa manula berusia di atas 65 tahun dengan hewan peliharaan memiliki tingkat kunjungan ke dokter 30 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Kekebalan yang lebih baik juga terbentuk pada anak-anak yang tumbuh di lingkungan rumah dengan hewan peliharaan. Penelitian terbaru mengungkap, balita yang dibesarkan di rumah dengan hewan peliharaan cenderung lebih terlindungi dari alergi, asma, dan eksim, alergi kulit yang menyebabkan gatal dan kemerahan.

3 dari 9 halaman

2. Tetap Aktif

Bermain dengan hewan peliharaan juga mendorong lansia untuk tetap aktif. Kegiatan ini menjadi alternatif yang cocok jika enggan berolahraga secara serius.

Bermain dengan hewan peliharaan sepanjang hari bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Bagi penderita penyakit jantung, aktivitas ini dapat meningkatkan fungsi jantung karena tubuh aktif bergerak.

4 dari 9 halaman

3. Mengurangi Stres dan Kebosanan

Melihat tingkah lucu hewan-hewan ini dapat membuat lansia senang, dan sejenak bisa melupakan masalah mereka. Memiliki hewan peliharaan juga bisa membuat mood menjadi lebih baik dan memotivasi untuk mengatasi kesulitan yang sedang dihadapi.

Bermain dengan hewan peliharaan juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang meningkatkan kadar dopamin dan serotonin guna menenangkan dan menyegarkan pikiran. Penelitian lain menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan di rumah membuat lansia penderita Alzheimer cenderung merasa lebih santai.

5 dari 9 halaman

4. Interaksi Sosial

Memelihara hewan dapat memberi kesempatan yang lebih baik untuk menjalin hubungan sosial, terutama dengan orang lain yang menyukai hewan yang sama. Persahabatan yang solid dan dukungan sosial akan membuat lansia lebih sehat.

6 dari 9 halaman

5. Lebih Produktif

Karena memiliki rasa tanggung jawab terhadap hewan peliharaan, lansia jadi rajin merawatnya. Mulai dari memberi makan, memandikan hewan peliharaan, jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, lansia akan terbiasa beraktivitas. Hal ini bisa menjadi kebiasaan yang baik jika dilakukan secara terus-menerus.

7 dari 9 halaman

6. Pengaruh Positif terhadap Kesehatan

Manfaat kesehatan dari merawat hewan peliharaan telah diteliti dan diakui secara luas. Tidak hanya bermanfaat dari segi psikologis, tapi juga berdampak positif pada kesehatan fisik.

Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa memelihara hewan peliharaan membuat tekanan darah dan nadi jadi normal. Selain itu, mengajak hewan peliharaan jalan-jalan secara rutin juga bisa membakar kalori sebagai terapi penurunan berat badan.

8 dari 9 halaman

7. Perkuat Hubungan dengan Keluarga

Catatannya, pastikan semua anggota keluarga menyukai hewan peliharaan tersebut. Melakukan aktivitas bersama seperti memberi makan, memandikan hewan peliharaan, dan mengajaknya jalan-jalan bisa membuat hubungan kalian semakin dekat.

Meski memiliki banyak efek positif, memiliki hewan peliharaan membutuhkan perawatan khusus agar terhindar dari penyakit. Lakukan perawatan secara rutin dan teratur, serta sering-seringlah mencari informasi penting tentang cara merawat hewan peliharaan Anda.

Penulis: Vania Dinda Marella

9 dari 9 halaman

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19