Sukses

Parade Bocoran Koleksi Desainer di Opening Show Jakarta Fashion Week 2022

Tidak kurang dari 74 desainer dan jenama mode lokal akan unjuk gigi koleksi mereka di runway Jakarta Fashion Week 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan mode terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week (JFW) 2022, resmi terselenggara, Kamis (25/11/2021). Selama empat hari ke depan, yakni hingga Minggu, 28 November 2021, para pecinta fesyen bisa mengantisipasi presentasi fesyen dari 74 desainer dan jenama mode lokal.

Bertajuk "Excellence in Disruption," seperti tahun lalu, JFW 2022 terselenggara secara daring. Setidaknya empat fashion show setiap harinya akan bisa disaksikan melalui microsite JFW.TV maupun kanal YouTube Jakarta Fashion Week.

Dalam opening show, Kamis sore (25/11/2021), fashion video berdurasi enam menit dan 43 detik menampilkan parade bocoran koleksi desainer yang akan melenggang di runway JFW tahun ini. Deretan busananya dimodelkan JFW Icons 2022 dan grand finalis JFW Model Search 2021.

Beberapa label yang memperlihatkan sepotong wajah koleksinya dalam pertunjukan ini adalah BATEEQ, EUREKA, Nevertoolavish, Jeffry Tan, Hattaco, Soe Jakarta, Danjyo Hiyoji, Masou, dan Sejauh Mata Memandang. Ada juga Reclays, Calla the Label, Milcah, Cotton Ink, Nadjani, ALEX[A]ALEXA, dan kami.

Disusul Hijab Wanita Cantik, Benang Jarum, Nona, Heavens Light, Aleza, RiaMiranda, BESPOKE, Gagné, I.K.Y.K, RindaSalmun, dan Sean Sheila. Masing-masingnya menampilkan keragaman desain dengan identitas DNA yang kuat.

Mulai dari denim look dengan detail tidak membosankan, styling setelan jas yang tampak "tanpa terlalu berusaha," off shoulder top, aksen vintage di kerah kemeja putih andalan, transparent outer, hingga balloon sleeve, semuanya tampak menghiasi runway. Modest wear dalam berbagai desain juga siap meramaikan rangkaian agenda JFW 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Benang Merah Koleksi JFW 2022

Palet warna yang dihadirkan di opening show JFW 2022 juga beragam. Sebagian besar memanfaatkan palet netral dengan sentuhan warna kontras yang playful di sana-sini. Ada juga setelan yang secara bold berwarna hijau neon dari atas ke bawah, rancangan Danjyo Hiyoji.

Warna-warna pucat juga hadir bersama perpaduan pilihan kontras seperti deep purple. Ada juga label yang mengusung signature pattern-nya, seperti Calla the Label dan Sejauh Mata Memandang.

Ragam look dan semangat yang bawa ke atas panggung JFW 2022 ini disatukan dalam napas keberlanjutan. Pesannya, fesyen yang bertanggung jawab tidak sekadar mendorong pelaku industri fesyen untuk lebih memikirkan lingkungan.

Dalam praktiknya, ada juga semangat ke seluruh elemen yang terlibat, mulai dari pembuat sampai konsumen. Setiap desainer maupun label mode lokal yang berpartisipasi punya perjalanan keberlanjutannya masing-masing.

3 dari 4 halaman

Fesyen yang Bertanggung Jawab

Desainer Dewi Fashion Knights, Major Minor dan Byo, misalnya, yang menerapkan fesyen berkelanjutan dengan meminimalkan limbah. Sementara Rinda Salmun memilih menggunakan benang dari limbah pakaian untuk digubah jadi busana baru, menurut keterangannya.

Nurzahra dan kami. juga punya sustainability journey tersendiri. Mengingat banyaknya volume limbah tekstil, Nurzahra memanfaatkan bahan yang ada untuk diolah kembali. "Kami juga mengeksplorasi kain bamboo jersey dan plastik daur ulang untuk koleksi terbaru kami," kata Dhira Ragasanmata, creative director Nurzahra.

"Kami. banyak mengeksplorasi tentang kemungkinan apa saja yang bisa dilakukan untuk mendukung konsep keberlanjutan. Sejak dua tahun lalu, kami sudah mulai mengurangi (kemasan) plastik dan menggunakan plant-based bag yang terbuat dari olahan singkong," founder kami. Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini, menerangkan.

"Kami juga mengoptimalisasikan sisa kain dan efisiensi pola. Bahkan, pabrik pemasok bahan-bahan kami. sudah tersertifikasi untuk mengolah limbahnya," sambungnya.

Koleksi Nurzahra akan tampil dalam sesi Indonesia Fashion Forward Jumat, 26 November pukul 20.00 WIB. Sementara itu, presentasi fesyen kami. akan berlangsung pada Sabtu, 27 November 2021 pukul 17.00 WIB dalam sesi Fashionlink X Blckvnue.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.