Sukses

1 Dekade Bertahan, 4 Kafe Bertema Gundam di Jepang Akan Ditutup Permanen

Padahal, kafe bertema Gundam itu sempat menerima pengunjung yang mengantre beberapa hari sebelum penutupan

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 memaksa sejumlah restoran maupun kafe tutup secara permanen. Penutupan kali ini terjadi ada Gundam Cafe yang berlokasi di Jepang.

Melansir dari laman SoraNews24, Selasa, 2 November 2021, restoran bertema anime dan merchandise robot raksasa itu mengumumkan penutupan secara permananen semua jaringannya. Padahal, beberapa hari lalu orang mengantre untuk menikmati sajian di restoran itu.

Saat ini ada empat Kafe Gundam di Jepang. Dua di antaranya berlokasi di Tokyo dan ketiga di Osaka dan keempat di Fukuoka. Namun, pada 1 November 2021, tiba-tiba muncul pengumuman bahwa keempatnya akan ditutup secara permanen dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Tidak ada alasan penutupan yang disampaikan. Diduga pemicunya adalah penurunan jumlah pengunjung yang parah yang disebabkan pandemi Covid-19.

Sebenarnya, semua kafe tersebut terletak di lingkungan yang dalam kondisi kesehatan masyarakat yang normal. Mereka menerima banyak pengunjung, tidak hanya dari bagian lain Jepang, tetapi juga dari luar negeri.

Penutupan ini mengakhiri sejarah lebih dari satu dekade Gundam Cafe, dan jaringannya itu mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya.

"Kami membuka kafe pertama kami di Akihabara (Tokyo) pada April 2010, dan pelanggan kami telah mendukung kami di setiap langkah di sepanjang jalan. Atas nama seluruh staf, kami berterima kasih kepada Anda, lebih daripada yang bisa diungkapkan dengan kata-kata," kata pihak Gundam Cafe.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenangan Indah

Selama tiga bulan ke depan, pihak Gundam Cafe akan melakukan yang terbaik untuk para pengunjung hingga penutupan. Itu dilakukan agar mereka punya kenangan indah terhadap kafe tersebut.

Hari terakhir untuk Gundam Cafe Osaka adalah 10 Januari 2022, bersama dengan Gundam Café Tokyo Brand Core (Akihabara) dan Gundam Cafe Odaiba. Sementara, Gundam Cafe Fukuoka tutup pada 30 Januari 2022.

Selanjutnya, fasilitas kafe di Gundam Factory Yokohama akan berakhir pada akhir Maret 2022. Saat itu, seluruh Gundam Cafe dinyatakan tutup permanen.

 

3 dari 4 halaman

140 Tahun

Sebelumnya, kabar memprihatinkan juga sempat datang dari sebuah restoran di Tokyo. Restoran yang telah beroperasi selama 140 tahun mengumumkan tutup secara permanen akibat terdampak pandemi Covid-19.

Restoran bernama Asaku Chinya itu mulai menyajikan makanan sejak periode Meiji. Mereka pertama kali buka pada 1880. Dengan popularitas sukiyaki yang meningkat, restoran mulai mengkhususkan diri pada hidangan daging sapi rebus pada 1903.

Setelah berhasil mengatasi beragam tantangan, restoran itu akhirnya tumbang karena tak kuat menghadapi badai pandemi. Restoran diputuskan terakhir beroperasi pada 15 Agustus 2021.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.