Sukses

Candi Prambanan Tawarkan Paket Wisata di Pagi Hari, Dapat Sarapan dan Naik Mobil Listrik

Sleman - Beragam inovasi coba dilakukan sejumlah tempat wisata untuk bisa menarik minat pengunjung. Hal itu juga dilakukan kawasan wisata Candi Prambanan.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) menawarkan paket wisata bagi Anda yang ingin berkunjung lebih pagi ke Candi Prambanan. Lewat paket wisata Pruputan Prambanan, wisatawan dapat menikmati keindahan Candi Prambanan di pagi hari.

"Kamu bisa menikmati Sightseeing Candi Prambanan Mulai 06.30 sampai 08.00 WIB. Mau olahraga? Bisaa! Yuk, datang dan nikmati suasana Prambanan di pagi hari 😊," tulis keterangan dalam unggahan akun Instagram @prambananpark, 14 Oktober 2021.

Nama paket wisata ini 'Pruputan: Prambanan Lebih Pagi'. Namanya berasal dari istilah 'Pruputan' dan 'Mruput' yang dalam bahasa Jawa berarti 'Pagi'.

"Kami membuka kesempatan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Candi Prambanan di luar jam kunjungan reguler, yakni pada pagi hari pukul 06.30-08.00 WIB. Ini khusus di area Taman Wisata Candi Prambanan (zona 2)," ucap VP Marketing and Sales Taman Wisata Candi Prambanan, Pujo Suwarno seperti dilansir Antara, Minggu, 17 Oktober 2021.

Pujo menambahkan, Pruputan Prambanan dirancang untuk mengakomodir wisatawan yang ingin menikmati ambience Candi Prambanan di pagi hari dan buka setiap hari. "Dengan udara yang masih sejuk, wisatawan dapat melakukan aktivitas pagi yang menyenangkan. Contohnya jogging atau hanya sekadar berjalan-jalan santai mengitari area Taman Wisatawan Candi Prambanan," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Syarat Wisata

"Dengan harga tiket Rp100.000 per orang, pengunjung akan mendapatkan free access di area Taman Wisata Candi Prambanan dengan menggunakan mobil listrik yang ramah lingkungan. Selain itu, wisatawan juga akan mendapatkan fasilitas makan pagi di Prambanan Resto," sambungnya.

Melalui paket wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan Candi Prambanan, Candi Lumbung, Candi Bubrah, bahkan Candi Sewu. Wisatawan yang ingin menikmati Paket Pruputan Prambanan ini harus memenuhi syarat wisata.

Pengunjung harus sudah vaksinasi, menggunakan aplikasi PeduliLindungi, dan tetap mematuhi protokol kesehatan. PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) sendiri memberikan akses masuk khusus ke taman wisata candi kepada wisatawan yang telah memenuhi syarat wisata sehat.

3 dari 4 halaman

Sistem Registrasi

"Syarat wisata sehat yaitu sudah melakukan dan menunjukkan bukti sertifikat vaksin atau tes swab PCR/swab antigen/GeNose (dengan hasil negatif) yang masih berlaku saat tiba di destinasi," terang Corporate Secretary TWC Emilia Eny Utari. Menurut dia, wisata sehat juga mewajibkan setiap pengunjung registrasi sehingga dapat diketahui dari mana asal wisatawan serta memudahkan dalam pelacakan.

"Sistem registrasi ini juga untuk pengaturan pengunjung untuk perlindungan situs World Heritage dengan pengendalian jumlah kuota kunjungan per hari di destinasi Candi Prambanan. Hal ini dilakukan demi kenyamanan semua pihak," jelasnya.

TWC memfasilitasi transaksi cashless dan touchless melalui laman ticket.borobudurpark.com, sehingga calon pengunjung dapat membeli tiket sebelum kunjungan dengan lebih aman. Emilia juga memastikan pelayanan prima berbasis keselamatan wisatawan untuk mendukung program wisata aman di kala pandemi Covid-19 ini. Ia mengatakan, selain seluruh destinasi yang dikelola PT TWC telah mendapat sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf, seluruh karyawan PT TWC juga telah menjalani vaksinasi.

4 dari 4 halaman

Infografis Candi Prambanan