Sukses

Terungkap Karakter Squid Game Terinspirasi dari Donald Trump

Sutradara Squid Game Hwang Dong Hyuk mengungkap ada karakter yang ternyata terinspirasi dari mantan presiden AS, Donald Trump.

Liputan6.com, Jakarta - Serial Squid Game masih jadi perbincangan hangat di seantero jagat. Salah satunya mengenai karakter yang terinspirasi dari Presiden ke-45 Amerika Serikat, Donald Trump.

Dilansir dari Koreaboo, Selasa (12/10/2021), Hwang Dong Hyuk, sutradara drama yang rilis pada 17 September 2021 itu mengungkap, inspirasi untuk menghidupkan cerita datang sejak 13 tahun lalu. Ini juga termasuk karakter mana yang mirip dengan Trump.

Hwang Dong Hyuk pertama kali muncul dengan cerita dan teori di balik Squid Game pada 2008. Ia juga membuat dan menulis naskahnya sekitar 10 tahun lalu.

Namun, ketika mengajukannya pada aktor dan investor, mereka semua menolakn. Mereka menyampaikan bahwa ceritanya "terlalu aneh dan tidak realistis."

Namun, serial ini sebenarnya berlatar belakang lebih realistis dari yang pernah dipikirkan para investor itu. Dalam wawancara dengan IndieWire, Dong Hyuk menjelaskan beberapa peristiwa kehidupan nyata yang menginspirasi ceritanya.

Salah satu situasi tersebut adalah krisis Lehman Brothers. Perusahaan perbankan investasi ini adalah layanan keuangan global dan bank investasi terbesar keempat di Amerika Serikat selama masa kejayaannya.

Ketika pejabat perusahaan itu bangkrut pada 2008, hal tersebut memicu krisis ekonomi skala luas yang melanda seluruh dunia, bahkan memengaruhi keuangan di Korea Selatan. "Ekonomi Korea sangat terpengaruh dan saya juga kesulitan secara ekonomi," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita di Baliknya

Squid Game juga terinspirasi kebangkitan teknologi baru, dari cryptocurrency yang membuat "semua anak muda Korea meninvestasikan uangnya," hingga munculnya raksasa seperti Facebook, Google, dan Naver. Menurut Dong Hyuk, perusahaan-perusahaan ini telah merestrukturisasi kehidupan.

Di samping, sutradara berusia 50 tahun ini juga menyinggung sosok yang dikenal banyak orang, yakni Donald Trump. Bahkan, ada karakter di K-Drama yang mirip dengannya, kata Hwang.

Ketika Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat, Dong Hyuk mengatakan itu "seperti dia menjalankan acara permainan, bukan negara, seperti membuat orang ngeri." "Saya pikir dia agak mirip dengan salah satu VIP di Squid Game," katanya.

Para VIP di Squid Game adalah tamu bertopeng yang menonton pertandingan dari kenyamanan ruang yang mewah. Para VIP yang sangat kaya bertaruh pada pemain sambil menggunakan manusia sebagai tumpuan kaki dan meminum alkohol.

Dong Hyuk melihat Trump sebagai seseorang yang duduk dan mengamati kekejaman dengan sedikit perhatian. "Setelah semua masalah ini terjadi, saya pikir sudah waktunya pertunjukan ini diluncurkan ke dunia," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Versi Nyata

Saking populer, Squid Game versi nyata terselenggara di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Selasa, 12 Oktober 2021. Acara bertajuk "KCC Squid Game Event" ini dihelat Korean Cultural Center (KCC) di Abu Dhabi.

Lebih dari 300 calon kontestan telah mendaftar. Namun, hanya dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 15 peserta yang akan bersaing.

Merujuk pada serial fiktif tersebut, acara ini akan menampilkan kontestan berdandan dengan kostum yang sama dengan aktor drama tersebut. Sementara, para staf juga akan mengenakan pakaian ikonis dengan masker berlogo lingkaran, segitiga, dan persegi.

Squid Game versi nyata ini siap menampilkan empat dari total enam permainan dari serial tersebut. Dua yang tidak dimainkan adalah squid game dan tarik tambang.

Para kontestan akan bermain ddakji. Game ini yang dimainkan tokoh salesman yang diperankan Gong Yoo bersama Seong Gi Hun yang dibintangi Lee Jung Jae di episode pertama Squid Game.

4 dari 4 halaman

Dampak Game Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.