Sukses

Kisah Haru Ibu Melahirkan di Pesawat Rute Istanbul ke Chicago

Ibu yang melahirkan di dalam pesawat Turkish Airlines dalam rute penerbangan Istanbul ke Chicago turut dibantu penumpang yang merupakan seorang dokter.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ibu melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki di dalam pesawat dalam penerbangan dari Istanbul ke Chicago pekan lalu. Proses persalinan dibantu awak kabin dan seorang dokter yang kebetulan berada di pesawat tersebut.

Ibu asal Maroko itu bepergian dengan suaminya dengan penerbangan Turkish Airlines pada 27 September 2021. Momen tersebut dua minggu sebelum tanggal perkiraan melahirkan saat air ketubannya pecah di ketinggian 30 ribu kaki, Maskapai penerbangan ini menyampaikan kepada Travel and Leisure, dilansir pada Minggu (3/10/2021).

Salah seorang penumpang pesawat yang juga berprofesi sebagai dokter, Dr. Feridun Kubilay. Ia menunda penerbangannya kembali ke Amerika Serikat selama seminggu, seperti dilaporkan Nola.com.

Dokter tersebut adalah seorang penduduk tetap Amerika Serikat yang bekerja paruh waktu sebagai ahli bedah saraf di Turki. Namun, ia tidak praktik di kota kelahirannya di New Orleans.

Kubilay turut membantu ibu tersebut melahirkan di pesawat. Meski sudah puluhan tahun lalu membantu proses persalinan, ia tetap siap siaga.

Kepada Nola.com, ia menyebut sangat bahagia karena keadaan baik-baik saja. Saat pesawat tiba di Chicago, tim medis telah menunggu ibu tersebut, jelas Turkish Airlines kepada Travel and Leisure.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Soal Kewarganegaraan

Bayi berjenis kelamin laki-laki itu dinamai Mahdi. Ketika seorang perempuan melahirkan di pesawat, kewarganegaraan bayi dapat bergantung pada sejumlah faktor.

Jika bayi lahir di atas lautan, anak tersebut dapat menjadi warga negara dari negara tempat pesawat tersebut didaftarkan dalam beberapa kasus. Beberapa negara, termasuk AS, memberikan kewarganegaraan kepada bayi jika lahir di atas tanah negara tersebut.

Ini bukan pertama kalinya seorang perempuan melahirkan di pesawat. Ada beberapa cerita yang terjadi di beberapa belahan dunia.

3 dari 4 halaman

Cerita Lain

Awal 2021, seorang perempuan melahirkan. Ini terjadi setelah ia mengalami persalinan prematur dalam penerbangan dari Utah ke Hawaii dengan bantuan tiga perawat NICU yang kebetulan berada di pesawat.

Pada Oktober 2020, seorang perempuan di India melahirkan bayi laki-laki dalam penerbangan dari Delhi ke Bangalore. Pada November 2019, seorang perempuan melahirkan dalam penerbangan American Airlines dari Florida ke North Carolina.

Tak hanya itu, JetBlue menamai salah satu pesawatnya untuk menghormati bayi laki-laki yang lahir di pesawat. Bayi itu hadir ke dunia dalam penerbangan dari San Juan, Puerto Rico, ke Fort Lauderdale, Fla pada Februari 2019.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.