Sukses

Waspada Mata Lelah Bisa Akibatkan Mata Kering dan Berair

Begini cara mengatasi mata lelah.

Liputan6.com, Jakarta Pernah enggak sih kamu merasakan mata lelah akibat menatap gadget terlalu lama? Akibatnya, mata sembab dan mengeluarkan air mata. Gejala lain ketika mata lelah, seperti mata terasa nyeri, pedih atau gatal atau terasa kering, pandangan kabur atau berbayang, dan mata sensitif terhadap cahaya. Dilansir liputan6, berikut cara mengatasi mata lelah ketika bekerja.

Atur pencahayaan gadget

Apabila kamu menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, maka penting untuk mengatur pencahayaan pada layar ataupun menggunakan filter layar. Hal ini penting untuk dilakukan agar mengurangi kesilauan.

Selain itu, pengaturan lampu meja, cahaya dari jendela dan lampu ruangan juga turut membantu. Sehingga cahaya pada layar tidak terlalu menyilaukan.

Saat layar komputer sudah membuat mata kamu menjadi lelah, maka perlu untuk meningkatkan resolusi layar dan kurangi pencahayaan ruangan. Lalu aturlah jarak, kontras, dan ukuran huruf. Mengalihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa saat juga bisa membantu mengurangi kelelahan pada mata.

Berkedip

Sering berkedip sangat penting untuk dilakukan bagi kamu yang menghabiskan waktu bekerja di depan komputer. Pasalnya, dengan berkedip bisa membasahi mata kamu untuk mencegah kekeringan dan iritasi mata.

Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa, apabila kamu menghabiskan waktu lama di depan layar komputer dan jarang berkedip, maka berisiko mengalami dry eyes atau mata kering. Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, kamu bisa mencoba menatap benda jauh selama 20 detik dengan menutup mata sangat lambat. Kamu bisa melakukan ini setiap 20 menit sekali dengan menatap benda sejauh 20 kaki atau 6 meter jauhnya.

Istirahat

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi mata lelah adalah dengan memejamkan mata sebentar. Kamu juga bisa melanjutkannya dengan peregangan otot sederhana sebanyak 4 kali selama 5 menit sepanjang hari bekerja.

Berdiri dan jalan-jalanlah sejenak, lemaskan dan putar-putar tungkai lengan dan kaki dengan berdiri, memutar bahu dan punggung untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot.

Obat tetes mata

Jika masih merasa lelah, kamu bisa menggunakan obat tetes mata dengan kandungan Hypromellose 0,3% hingga dapat mengatasi gejala mata kering karena memberikan efek pelumas seperti air mata pada mata kering.

Dengan kandungan Tetrahidrozolin HCl 0,05% dan Macrogol 400 1% sehingga bermanfaat untuk mengatasi mata merah karena iritasi ringan yang disertai kondisi mata kering.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini