Sukses

Lebih Milih Beli Rumah atau Sewa? Ini Jawaban Ahlinya

Ada yang bilang, memiliki rumah lebih baik ketimbang sewa. Namun, ada beberapa juga yang menyatakan sewa lebih efisein ketimbang beli rumah. Lantas apa sih kelebihan dan kekurangannya?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah merupakan idaman bagi semua orang, apalagi bagi mereka yang sudah menikah, rumah menjadi prioritas utama. Namun, pernahkah kamu membayangkan lebih baik membeli rumah atau sewa?

Ada yang bilang, memiliki rumah lebih baik ketimbang sewa. Namun, ada beberapa juga yang menyatakan sewa lebih efisein ketimbang beli rumah. Lantas apa sih kelebihan dan kekurangannya?

Menurut Secured Sales Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Wirawan, dua hal itu memiliki arti keunggulan dan kekurangan masing – masing. Untuk rumah, menurut Wirawan kelebihannya adalah punya gengsi tersendiri dan memiliki rumah juga bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang menarik untuk masa depan.

“Kelebihan memiliki rumah adalah seseorang punya gengsi tersendiri. Istilahnya bisa beli rumah sendiri ketimbang sewa, pridenya berbeda. Selain itu, rumah bisa menjadi instrument yang bisa diwariskan kepada anak dan cucu,” ujar Wirawan dalam talkshow 650 Menit Beraksi dan Kolaborasi yang digelar dalam rangka HUT ke-65 PT Danamon Tbk.

Untuk kekurangannya, menurut Wirawan adalah memiliki rumah itu harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Hal itu bisa meliputi tentang uang muka, angsuran kredit per bulan sampai biaya perawatan rumah.

“Sebagai contoh, setiap tahun kita harus membayar PBB dan mempersiapkan dana renovasi agar rumah bisa lebih nyaman dan lebih fresh,” tutur Wirawan.

Sementara itu, untuk sewa rumah, Wirawan menjelaskan bahwa kelebihannya tentu saja budget-nya relative lebih kecil dan bisa menyesuaikan dengan lokasi yang diinginkan, seperti tempat kerja.

“Sewa rumah punya kelebihannya, seperti budget relative kecil, lalu bisa dekat dengan lokasi yang diinginkan, seperti kantor atau rumah orang tua,” tutur Wirawan.

Namun, kekurangannya, menurut Wirawan sewa rumah harganya harganya bisa naik setiap tahun.

“Kita tidak pernah tahu, harga sewa rumah bisa naik kapan saja. Selain itu, seseorang enggan pindah rumah dengan berbagai alasan,” tutur Wirawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen yang tepat

Walaupun demikian, Wirawan menganggap bahwa punya membeli rumah sendiri itu lebih baik ketimbang sewa. Apalagi menurutnya saat ini merupakan momen yang tepat.

“Kondisi pandemi ini serba tak pasti, saya optimis pandemi ini tidak akan berlangsung terus. Badai yang pasti berlalu, dengan kondisi ini bagi saya ada peluang dan tidak akan ada lagi saat kondisi sudah normal,” tutur Wirawan.

Menurut Wirawan, tahun ini bunga bank sangat rendah ketimbang ketika kondisi normal.

“Saya berkecimpung pada dunia properti sejak 2002 dan saya tidak pernah mengalami bunga kredit serendah saat ini,” ujarnya.

Selain itu, menurut Wirawan aturan tentang properti dari Bank Indonesia dan OJK saat ini sangat longgar.

“Dengan aturan OJK, boleh dibilang saat ini paling longgar. Contohnya pembiayaan 95% pembelian dari developer tertentu atau rumah baru. Kemudian ada Insentif PPN yang ditanggung pemerintah, yang mana awal dikeluarkan kebijakan ini berlaku hingga Agustus 2021, dan sudah diperpanjang masa berlakunya hingga akhir tahun 2021 ini” tutur Wirawan.

“Ini yang ingin saya sampaikan bisa dianggap sebagai bonus, dan dengan kondisi normal mungkin tidak terjadi lagi. Ini waktu yang tepat untuk membeli rumah impian, ujar Wirawan.

Kalau sudah begitu Inilah saatnya bagi kamu yang ingin membeli rumah impian. Apalagi kini Bank Danamon memberikan dukungan lewat program KPR Danamon yang mempermudah kamu untuk membeli hunian baru. Untuk cek program ini, kamu bisa cek di sini.

Program ini bisa lakukan untuk kamu yang ingin beli rumah atau apartemen. Mau ready stock dan indent pun berlaku. Selain itu, manfaat program ini kamu bisa memilih jangka waktu pelunasan dengan cepat dan beban Bungan Ringan hingga 0%.

Nah, kamu bisa ajukan program ini kapan saja. Dengan mengikuti program KPR Danamon Lebih, 80% dari rata-rata saldo tabungan akan dihitung sebagai pengurang pokok pinjaman dalam perhitungan bunga KPR.

Jadi, semakin besar saldo tabungan, semakin kecil beban bunga KPR hingga 0%. Selain itu, KPR bisa lunas dengan jangka waktu yang lebih cepat. Bebas bertransaksi menggunakan semua layanan Bank Danamon. Dan saldo tabungan tetap bebas dimanfaatkan oleh nasabah (tidak diblokir)

Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan memilih rumah atau sewa, kamu bisa tonton Festival Kolaborasi melalui festivalkolaborasi.id atau langsung ke YouTube Bank Danamon di sini.

Tunggu apa lagi, buruan pilih rumah idamanmu dan rasakan manfaat KPR Danamon.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.