Sukses

Kembalinya Tradisi Pergantian Penjaga ke Istana Buckingham

Tradisi Pergantian Penjaga di Istana Buckingham libur selama 18 bulan sejak awal pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara tradisi Pergantian Penjaga kembali dilakukan di Istana Buckingham, Inggris untuk kali pertama sejak pandemi COVID-19. Melansir standard.co.uk, Selasa (24/8/2021), tontonan militer ini dihentikan 18 bulan lalu untuk menghindari kerumunan turis selama penguncian wilayah.

Namun, di awal minggu ini, pemandangan tersebut kembali dengan latar belakang musik untuk memberi penghormatan atas keberhasilan Tim Britania Raya selama Olimpiade Tokyo 2020. Batalyon 1 Pengawal Coldstream mengenakan tunik merah dan topi kulit ikonis saat berbaris dari Barak Wellington terdekat ke istana.

Mereka hendak mengambil alih tugas dari penjaga lama, Pengawal Grenadier Kompi Nijmegen. Lagu-lagu yang dimainkan Band of the Coldstream Guards untuk menghormati Tim Britania Raya termasuk Spandau Ballet's Gold, The Olympic Theme, Chariots of Fire, dan One Moment In Time dari Whitney Houston.

Ratu Elizabeth II tidak ada di sana untuk menyaksikan upacara tersebut karena sedang istirahat tahunan di Balmoral, Skotlandia. Rombongan wisatawan pun berkumpul untuk menyaksikan acara tersebut.

Sersan Garnisun Mayor Andrew Stokes dari Pengawal Coldstream yang bertanggung jawab atas kembalinya upacara tersebut mengatakan, "Ini sudah lama dinanti, mengingat sudah 18 bulan sejak kami terakhir melakukan upacara Mengubah Penjaga."

Ia menyebut bahwa ada banyak kerja keras dan persiapan sesuai standar. Beberapa dari mereka yang mengikuti pawai kompleks ini disebut baru pertama kali melaksanakan tugas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertugas Pertama

Sersan Garnisun Mayor Stokes mengatakan, "18 bulan adalah waktu yang lama di militer, jadi ada banyak orang yang bertugas hari ini telah berada di Angkatan Darat selama 18 bulan."

"Para penjaga menikmatinya karena banyak anggota masyarakat dan turis datang untuk menonton. (Sebelum pandemi) penontonnya hingga 20 ribu saat musim panas," imbuhnya.

Ia menambahkan, "Para musisi menikmatinya karena bisa unjuk keterampilan di depan penonton, dan itu menanamkan banyak kebanggaan mengetahui bahwa semua orang datang untuk menonton penjaga dan musisi yang sangat muda."

3 dari 4 halaman

Sudah Kembali Lebih Dulu di Windsor

Divisi Rumah Tangga Angkatan Darat Inggris melaksanakan tugas-tugas seremonial dan publik kenegaraan, seperti Trooping the Colour, Pembukaan Parlemen Negara, serta upacara Pengawal Ratu di Istana Buckingham, Menara London, dan Kastil Windsor.

Sebelumnya, Juli lalu, upacara Pergantian Penjaga sudah lebih dulu kembali ke Windsor. Penjaga dari Divisi Rumah Tangga telah melindungi raja dan ratu sejak 1660, tapi mereka juga tentara yang ketika tidak bertugas seremonial menjalani operasi atau pelatihan.

Selama 1,5 tahun terakhir, mereka tetap sibuk menjaga tempat pengujian COVID-19 dan pusat vaksinasi di seluruh negeri. Di samping, tetap berlatih operasional.

 
4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.