Sukses

Ada Rumah Gadang Minangkabau di Acara Balacuik Malapeh Bujang Rizky Billar

Rizky Billar tampil dengan baju adat Minang di acara Balacuik Malapeh Bujang.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Rizky Billar dan Lesty Kejora kabarnya akan melangsungkan acara pernikahan 19 Agustus 2021. Jelang hari bahagianya itu, sejumlah rangkaian acara telah dilakukan.

Salah satunya adalah menggelar prosesi Balacuik Malapeh Bujang. Prosesi tersebut dimaknai sebagai simbol pelepasan anak laki-laki Minangkabau atau Sumatra Barat yang akan menikah.

Acara yang digelar di The Tribrata Darmawangsa pada Sabtu, 14 Agustus 2021 itu disiarkan langsung di televisi. Foto-foto acara tersebut juga dibagikan di akun Instagram @leslar2324 di hari yang sama. Prosesi acara tersebut berlangsung dengan penuh khidmat.

Ruangan juga didekorasi kental dengan berbagai pernak-pernik bernuansa Minang. Dari pintu masak, ada papan tulisan khusus 'Pengajian Pra Pernikahan Lesti dan Billar'.

Keluarga dan tamu yang masuk akan disambut dengan bunga di sepanjang jalan. Salah satu dekorasi yang menarik perhatian adalah bangunan berbentuk 'rumah gadang' yaitu sebutan bagi rumah adat di Sumatra Barat.  Hampir seluruh dekorasinya didominasi warna merah, emas, dan hijau.

Terlihat juga ada meja dan tempat duduk keluarga. Di setiap mejanya, dihias dengan cangkir. Sementara itu, Billar tampil dengan baju adat Minang dengan warna dominan biru dongker di acara tersebut.

Billar dengan gagah memasuki tempat acara Balacuik Malapeh Bujang bersama ayah dan kakaknya. Didampingi sang ayah, Billar pun menginjakkan kaki di kain putih yang melambangkan ia siap berumah tangga dengan niat yang suci seputih kain yang ia lewati.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Haru

 

Acara yang dipandu oleh Ben Kasyafani dan Tya Ariestya itu, diawali dengan ibu Billar memberi sebuah air untuk anaknya yang akan segera melepas masa lajangnya. Kemudian, ibunya terlihat memotong rambut Billar.

Dalam momen itu, Billar juga mencium dan mencuci kaki ibunya. Hal ini sebagai penanda kasih sayang dan bentuk hormat seorang anak dan penegasan bahwa surga berada di telapak kaki ibu,

Prosesi itu juga dilakukan oleh ayahnya. Ia juga memberikan doa kepada Billar yang akan segera menikah. Kecupan dari ayahnya di kepala untuk Billar membuat suasana sangat haru. Di momen ini kakak Billar juga memberikan nasihat dan doa untuk adiknya yang akan menjalani biduk rumah tangga.

Setelah itu, pria berusia 26 tahun tersebut duduk di kursi pelaminan diapit ayah dan ibunya. Acara Balacuik Malapeh Bujang Billar semakin syahdu dengan iringan lagu-lagu khas Minang.

3 dari 4 halaman

Acara Pengajian

Sebelum acara Balacuik Malapeh Bujang yang digelar di malam hari, rangkaian acara sudah dibuka dengan Bahagia Lahir Batin pukul 07.00 WIB dan dilanjutkan dengan Prosesi Pengajian dan Pengajian Menuju Halal mulai pukul 14.00 WIB.

Dilansir dari kanal Showbiz Liputan6.com, acara Bahagia Lahir Batin yang dipandu oleh Raffi Ahmad memperlihatkan persiapan menuju pengajian. Acara dilanjutkan dengan Prosesi Pengajian dan Pengajian Menuju Halal yang mana Billar dan Lesti melaksanakan proses pengajian dan juga meminta izin kepada kedua orangtua masing-masing.

Ustad Subki dan Mamah Dedeh turut hadir untuk memberikan wejangan dan tausiyah mengenai pernikahan. Dalam sesi pengajian ini, penggemar Leslar yang beruntung dapat berpartisipasi mengikuti proses acara secara virtual melalui aplikasi zoom.

Para tamu yang hadir dan panitia yang bertugas wajib melakukan swab test terlebih dahulu dan juga mematuhi protokol kesehatan selama acara berlangsung.

4 dari 4 halaman

Infografis Gaun Pernikahan Raisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.