Sukses

Masker Tim AS di Olimpiade Tokyo 2020 Curi Atensi, Disebut Mirip Musuh Batman

Liputan6.com, Jakarta - Cerita penuh keharuan hingga menarik nan unik hadir di Olimpiade Tokyo 2020. Salah satu yang mencuri atensi adalah masker yang dikenakan oleh para atlet dari Tim Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari NPR, Kamis (5/8/2021), masker putih itu bertuliskan "USA" dengan huruf merah sangat tebal, menonjol satu inci di depan wajah. Masker Tim AS ini juga memiliki pola lipatan yang khas.

Tampilan masker ini malah dibandingkan dengan musuh Batman, yakni Bane, si penjahat bertopeng. Hal tersebut bahkan oleh penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020.

"Is it Bane? No. It's @TeamUSA #Swimming (Apakah ini Bane? Bukan. Ini @TeamUSA)" demikian bunyi keterangan dalam cuitan akun Twitter resmi Olimpiade Tokyo 2020 pada 25 Juli 2021 lalu.

"Saya pikir mereka dirancang agar nyaman dan memenuhi estetika seragam," kata Jon Mason, juru bicara Komite Olimpiade & Paralimpiade AS.

Masker tersebut diproduksi oleh Nike. Perwakilan perusahaan menerangkan lipatannya terinspirasi dari seni origami Jepang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Terinspirasi Lipatan Origami

"Desain lipit terinspirasi origami yang unik memungkinkan aliran udara dan volume udara yang optimal di dalam masker mesh yang ringan," kata Nike dalam sebuah pernyataan kepada NPR.

Nike menekankan bahwa masker yang akan segera dijual ke masyarakat luas itu bukan masker medis dan tidak dapat digunakan sebagai alat pelindung diri, seperti N95. Masker itu seharusnya digunakan untuk berolahraga, menurut perusahaan.

Mason menyebut Tim USA awalnya bertanya-tanya apakah wartawan akan dapat mendengar para atlet berbicara melalui masker besar. Namun, ia mengatakan "mereka benar-benar bekerja dengan sangat baik untuk itu."

3 dari 5 halaman

Masker Joker

Mason menyebut para atlet tampak senang dengan masker tersebut. "Mereka semua mengatakan bahwa masker benar-benar unik, tetapi mereka semua menyukainya. Mereka pikir mereka keren. Tidak ada masukan negatif yang saya dengar, hanya banyak pertanyaan tentang mereka," jelasnya.

Masker yang tak kalah mencuri perhatian adalah masker yang dikenakan atlet tolak peluru Amerika Serikat, Raven Saunders. Kala itu ia tengah berlaga di babak kualifikasi pukulan putri di Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, Jumat, 30 Juli 2021.

Saunders tampil dengan menggunakan masker musuh Batman, Joker. Tak hanya itu, ia juga mengecat rambutnya berwarna ungu dan hijau.

4 dari 5 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: