Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Daftar Seragam Delegasi Olimpiade Tokyo 2020 Paling Trendi, Ada Jaket Berpendingin

Top 3 Berita Hari Ini soal seragam delegasi Olimpiade Tokyo, Museum Ghilbi, vaksinasi pendatang luar negeri oleh Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang daftar seragam delegasi Olimpiade Tokyo 2020 paling trendi, Museum Ghilbi yang menggalang donasi akibat terlilit krisis keuangan, dan Jepang mulai periksa status vaksinasi Covid-19 para pendatang dari luar negeri. Mengenai seragam delegasi Olimpiade Tokyo ada jaket yang berpendingin.

Australia, misalnya, dikaitkan dengan pakaian resor dan busana kasual. Didesain oleh Sportscraft, pakaian tersebut meliputi jaket khaki yang dirancang khusus, celana panjang, serta rok hijau tua.

Akibat krisis keuangan, Museum Ghibli meminta sumbangan publik lewat furusato nozei, atau sistem "hometown tax". Hal ini berarti bisnis yang kesulitan di daerah pedesaan dapat meminta sumbangan dari pembayar pajak perkotaan Jepang.

Museum tersebut mengumumkan peluncuran kampanye ini melalui Twitter pada 15 Juli 2021. Cuitan itu menyertakan potret museum dan keterangan dalam bahasa Jepang terkait kampanye penggalangan dana.

Masih soal Jepang, negara itu mulai memberlakukan pemeriksaan status vaksinasi Covid-19 bagi pendatang dari luar negeri. Daftar pertanyaan itu didasarkan pada laporan pribadi tanpa dimintai bukti.

Beberapa pertanyaan yang dilontarkan adalah dosis vaksin Covid-19 yang sudah diterima, termasuk jenis vaksin yang saat ini tidak disetujui penggunaannya di Jepang, serta apakah sudah melewati 14 hari sejak suntikan vaksin diterima. Sejauh ini, Jepang baru menyetujui tiga jenis vaksin, yakni vaksin yang diproduksi Pfizer dan Moderna, serta AstraZeneca yang diproduksi Inggris.

Ketiga berita tersebut terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut potongan ulasannya.

Daftar Seragam Delegasi Olimpiade Tokyo 2020 Paling Trendi, Ada Jaket Berpendingin

Olimpiade Tokyo 2020 tidak akan terselenggara seperti yang sudah-sudah. Di tengah antisipasi penyebaran COVID-19, beberapa aturan disesuaikan, termasuk penyelenggaraan tanpa penonton.

Hal ini, melansir laman SCMP, Rabu, 21 Juli 2021, berarti sorotan akan lebih diarahkan pada para atlet dan pakaian yang mereka kenakan. Seragam Olimpiade dan pakaian lebih formal pada upacara pembukaan bakal jadi pusat perhatian acara olahraga empat tahunan itu.

Selanjutnya...

Museum Ghibli Galang Donasi Akibat Terlilit Krisis Keuangan

Museum Ghibli tengah berjuang imbas masa pandemi Covid-19. Museum yang berlokasi di Mitaka, Tokyo, Jepang ini dihadapkan dengan masalah keuangan hingga meminta sumbangan kepada publik agar museum tetap dapat bertahan.

Dilansir Mothership, Kamis (22/7/2021), menurut SoraNews, donasi untuk Museum Ghibli melebihi target 10 juta yen atau lebih dari Rp1,3 miliar dalam waktu 24 jam usai peluncuran kampanye. Awalnya, donasi yang didapat melebihi 12 juta yen atau setara Rp1,5 miliar yang disumbang oleh hampir 1.500 penyumbang.

Selanjutnya...

Jepang Mulai Periksa Status Vaksinasi COVID-19 Para Pendatang dari Luar Negeri

Jepang mulai memberlakukan pemeriksaan status vaksinasi Covid-19 untuk pendatang dari luar negeri. Langkah tersebut diambil sebagai bagian uji kelayakan untuk membebaskan para pendatang dari kewajiban karantina ketat yang diberlakukan pemerintah setempat.

Sebagai bagian dari uji kelayakan, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang telah meminta para pendatang dari luar negeri yang menjalani karantina di fasilitas untuk sukarela mengisi form pertanyaan. Sumber menyebut kegiatan itu dimulai sejak awal Juli 2021.

Selanjutnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.