Sukses

Kota dan Kabupaten Bandung Zona Merah, Ridwan Kamil Pinta Tak Ada Wisatawan Datang

Liputan6.com, Jakarta - Kasus positif Covid-19 yang semakin memanjak di beberapa daerah di Indonesia, membuat sejumlah tempat wisata ditutup untuk sementara. Begitu juga di Bandung, Jawa Barat, yang menjadi tempat favorit masyarakat untuk liburan akhir pekan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baru saja mengumumkan bahwa Kota Bandung dan Kabupaten Bandung masuk dalam zona merah alias risiko tinggi. Padahal, Kabupaten Bandung sebelumnya diumumkan sudah masuk zona oranye atau risiko sedang.

Hal itu diumumkan Ridwan Kamil melalui unggahan di akun Instagramnya pada Kamis, 24 Juni 2021.

"Mohon maaf berita tidak enak lagi. Per tanggal 24 Juni 2021, di minggu ini zona merah Jawa Barat adalah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Wisatawan dan tamu yang kegiatannya tidak esensial dimohon untuk tidak mendatangi wilayah ini sampai 7 hari kedepan," tulis pria yang akranb disapa Kang Emil ini.

Ia meminta warga di dua wilayah tersebut agar lebih banyak berkegiatan di rumah masing-masing dan mengurangi pergerakan sekunder apalagi tersier.

"Kepada aparat setempat mohon terus mengedukasi prokes dan menindak sesuai prosedur dan persuasif terkait prokes 5M. 25 wilayah lainnya tetap siaga, dan terus berupaya untuk menurunkan BOR RS Covid dengan menguatkan PPKM mikro dan isolasi non rumah sakit," lanjut Ridwan Kamil.

2 dari 5 halaman

Hotel dan Rumah Kontrakan

Dalam unggahan sebelumnya di hari yang sama, Kang Emil menuliskan bahwa sejumlah hotel maupun rumah kontrakan di desa-desa difungsikan, untuk ruang isolasi pasien gejala ringan dan pasien Covid-19 yang mau sembuh dari rumah sakit.

Hal itu dilakukan agar keterisian rumah sakit bisa turun, dan hanya untuk pasien gejala berat atau sangat berat saja.

Sementara itu, sejumlah pengelola objek wisata memutuskan tutup sementara akibat Kabupaten Bandung Barat (KBB) berada di zona merah penyebaran Covid-19.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Ditutup

Awalnya penutupan objek wisata hanya berlangsung selama sepekan sejak 16--22 Juni 2021. Penutupan objek wisata kembali diperpanjang hingga 29 Juni 2021.

Penutupan objek wisata di KBB berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengetatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. PLT Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan pun menerbitkan Surat Edaran yang berlaku sejak 22 Juni 2021-- 5 Juli 2021.

Sejumlah pengelola tempat wisata Bandung yang mengumumkan tutup sementara di antaranya Lembang Park & Zoo, Farm House, Orchid Forest Cikole, The Grea Asia Africa Lembang, Dusun Bambu, dan Jendela Alam.  Pihak pengelola objek wisata mengumumkan penutupan sementaranya lewat akun Instagram mereka.

Berbeda dengan objek wisata di Kabupaten Bandung Barat yang tutup hingga 29 Juni 2021, beberapa destinasi di Kabupaten Bandung tetap buka. Dua destinasi yang tetap buka di antaranya, Sunrise Point Cukul dan Situ Cileunca yang berlokasi di Pengalengan.

4 dari 5 halaman

Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: