Sukses

Segera Beroperasi, Catat Tarif KA Baturraden Ekspres dan KA Nusa Tembini

Liputan6.com, Jakarta - Dua layanan kereta api terbaru, yakni KA Baturraden Ekspres dan KA Nusa Tembini bakal segera beroperasi. KA Baturraden Ekspres dengan relasi Bandung-Cikampek-Cirebon-Purwokerto (pulang pergi) mulai 25 Juni 2021.

Untuk KA Nusa Tembini, relasi Yogyakarta-Cilacap (pulang pergi) yang akan mulai pada 2 Juli 2021. Pada tahap awal, KA Nusa Tembini juga akan dioperasikan setiap Jumat dan Minggu, yakni 2 Juli, 4 Juli, 9 Juli, dan 11 Juli 2021.

Lalu berapa tarif naik kedua kereta api ini? Berdasarkan siaran pers di laman resmi PT KAI, tarif KA Baturraden Ekspres dari stasiun awal hingga stasiun akhir mulai dari Rp160 ribu di kelas Eksekutif dan Rp130 ribu di kelas Bisnis.

Untuk KA Baturraden Ekspres tersedia tarif khusus pada relasi Purwokerto-Cirebon PP (Eksekutif: Rp65 ribu dan Bisnis: Rp45 ribu), Cirebon--Cikampek PP (Eksekutif: Rp50 ribu dan Bisnis: Rp40 ribu), Bandung-Purwakarta PP (Eksekutif: Rp55 ribu dan Bisnis: Rp45 ribu), dan Bandung-Cikampek PP (Eksekutif: Rp65 ribu dan Bisnis: Rp55 ribu).

KA Nusa Tembini, tarif dari stasiun awal hingga stasiun akhir mulai dari Rp110 ribu di kelas Eksekutif dan Rp90 ribu di kelas Ekonomi. Sedangkan KA Nusa Tembini, tarif khusus berlaku pada relasi Kroya-Cilacap PP (Eksekutif: Rp30 ribu dan Ekonomi: Rp20 ribu), Cilacap-Yogyakarta PP (Eksekutif: Rp80 ribu dan Ekonomi: Rp50 ribu), dan Kutoarjo-Yogyakarta PP (Eksekutif: Rp45 ribu dan Ekonomi: Rp25 ribu).

"Tarif khusus tersebut dapat dibeli mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api di KAI Access, loket, dan seluruh channel eksternal selama masih tersedia tempat duduk," jelas VP Public Relations KAI Joni Martinus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapasitas

Penamaan KA Baturraden Ekspres terinspirasi dari nama kawasan di Kabupaten Banyumas yang sarat akan potensi wisata. Sedangkan, penamaan KA Nusa Tembini terinspirasi dari nama legenda kerajaan yang ada di wilayah Cilacap.

Rangkaian KA Baturraden Ekspres terdiri dari lima Kereta Eksekutif dan lima Kereta Bisnis dengan total 420 tempat duduk. Rangkaian KA Nusa Tembini terdiri dari empat kereta Eksekutif dan tiga kereta Ekonomi dengan total 392 tempat duduk.

"Namun kapasitas Kereta Api selama masa pandemi adalah maksimal 70 persen dari total tempat duduk sesuai SE Kemenhub No 14 tahun 2020. Sehingga kapasitas di masa pandemi KA Baturraden adalah 294 tempat duduk dan KA Nusa Tembini 275 tempat duduk," kata Joni.

3 dari 4 halaman

Kereta Api Jarak Jauh

Untuk KA Baturraden Ekspres, relasi Bandung dengan jam keberangkatan, yakni pukul 16.30, sedangkan relasi Purwokerto berangkat pukul 05.40. Sementara untuk KA Nusa Tembini, relasi Cilacap berangkat pukul 06.00, dan relasi Yogyakarta berangkat 11.20.

Tiket KA Baturraden Ekspres dan KA Nusa Tembini telah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access dan kanal penjualan lainnya. KA Baturraden Ekspres dan KA Nusa Tembini termasuk layanan kereta api jarak jauh.

Maka dari itu, calon penumpang diimbau untuk meluangkan waktu yang cukup untuk tes Covid-19 sebelum naik kereta. KAI telah menyediakan layanan Rapid Test Antigen di 44 stasiun dengan tarif terjangkau Rp85 ribu dan GeNose C19 di 63 stasiun dengan tarif Rp30 ribu.

4 dari 4 halaman

Jalur Kereta Api Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.