Sukses

Detail 2 Kereta Api Rute Baru, KA Baturraden Ekspres dan KA Nusa Tembini

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan layanan kereta api baru di di Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka), yaitu KA Baturraden Ekspres. Kereta api ini relasi Bandung-Cikampek-Cirebon-Purwokerto (pulang pergi) mulai 25 Juni 2021.

Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram resmi layanan pelanggan PT KAI. Pada tahap awal, KA Baturraden Ekspres akan beroperasi setiap Jumat dan Minggu, yakni pada 25 Juni, 27 Juni, 2 Juli, dan 4 Juli 2021.

Relasi Bandung dengan jam keberangkatan, yakni pukul 16.30, sedangkan relasi Purwokerto berangkat pukul 05.40. Tiket KA Baturraden Ekspres disebut telah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access dan kanal penjualan lainnya.

KA Baturraden Ekspres termasuk layanan kereta api jarak jauh. Maka dari itu, diimbau untuk meluangkan waktu yang cukup untuk tes Covid-19 sebelum naik kereta.

Selain KA Baturraden Ekspres, ada pula kereta api relasi baru yang dihadirkan. Nama layanan itu adalah KA Nusa Tembini, relasi Yogyakarta-Cilacap (pulang pergi) yang akan mulai pada 2 Juli 2021. Pada tahap awal, KA Nusa Tembini juga akan dioperasikan setiap Jumat dan Minggu, yakni 2 Juli, 4 Juli, 9 Juli, dan 11 Juli

Tiket kereta api Nusa Tembini juga telah dapat dipesan lewat KAI Access dan kanal penjualan lainnya. KA Baturraden Ekspres, KA Nusa Tembini juga termasuk kategori kereta api jarak jauh.

Berdasarkan siaran pers di laman resmi PT KAI, penamaan KA Baturraden Ekspres terinspirasi dari nama kawasan di Kabupaten Banyumas yang sarat akan potensi wisata. Sedangkan, penamaan KA Nusa Tembini terinspirasi dari nama legenda kerajaan yang ada di wilayah Cilacap.

2 dari 5 halaman

Tersedia 2 Kelas

Tersedia dua kelas pada KA Baturraden Ekspres yaitu Eksekutif dengan tarif mulai dari Rp160 ribu dan Bisnis dengan tarif mulai dari Rp130 ribu, sedangkan KA Nusa Tembini juga tersedia dua kelas yaitu Eksekutif dengan tarif mulai dari Rp110 ribu dan Ekonomi mulai dari Rp90 ribu.

Rangkaian KA Baturraden Ekspres terdiri dari lima Kereta Eksekutif dan lima Kereta Bisnis dengan total 420 tempat duduk. Rangkaian KA Nusa Tembini terdiri dari empat kereta Eksekutif dan tiga kereta Ekonomi dengan total 392 tempat duduk.

"Namun kapasitas Kereta Api selama masa pandemi adalah maksimal 70 persen dari total tempat duduk sesuai SE Kemenhub No 14 tahun 2020. Sehingga kapasitas di masa pandemi KA Baturraden adalah 294 tempat duduk dan KA Nusa Tembini 275 tempat duduk," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

3 dari 5 halaman

Harga Khusus

KAI menawarkan tarif khusus untuk rute tertentu pada kedua kereta api tersebut. Untuk KA Baturraden Ekspres tersedia tarif khusus pada relasi Purwokerto-Cirebon PP (Eksekutif: Rp65 ribu dan Bisnis: Rp45 ribu), Cirebon - Cikampek PP (Eksekutif: Rp50 ribu dan Bisnis: Rp40 ribu), Bandung - Purwakarta PP (Eksekutif: Rp55 ribu dan Bisnis: Rp45 ribu), dan Bandung - Cikampek PP (Eksekutif: Rp65 ribu dan Bisnis: Rp55 ribu).

Sedangkan pada KA Nusa Tembini, tarif khusus berlaku pada relasi Kroya - Cilacap PP (Eksekutif: Rp30 ribu dan Ekonomi: Rp20 ribu), Cilacap - Yogyakarta PP (Eksekutif: Rp80 ribu dan Ekonomi: Rp50 ribu), dan Kutoarjo - Yogyakarta PP (Eksekutif: Rp45 ribu dan Ekonomi: Rp25 ribu).

"Tarif khusus tersebut dapat dibeli mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api di KAI Access, loket, dan seluruh channel eksternal selama masih tersedia tempat duduk," jelas Joni.

 
4 dari 5 halaman

Jalur Kereta Api Indonesia

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: