Sukses

Bukan Ayam, Pelanggan Restoran Cepat Saji Ini Justru Dapat Handuk Goreng Tepung

Insiden ini kemudian membuat pelanggan bertanya soal higienitas menu restoran cepat saji tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sekilas, tidak ada yang salah dengan makanan dari restoran cepat saji, Jollibee. Tapi, setelah dipegang, itu ternyata bukan ayam goreng tepung yang biasa tersaji dalam menu, melainkan handuk.

Seorang wanita di Filipina bernama Alique Perez baru saja mengalami hal itu ketika makanan cepat saji yang ia pesan untuk putranya tiba dengan "kejutan khusus." Lewat akun Facebook-nya, Perez berbagi serangkaian foto dan video dari "makanan" tersebut pada Selasa, 1 Juni 2021.

Karena secara tampilan sangat mirip, ia mengaku awalnya tidak menyadari bahwa potongan itu sebenarnya handuk, bukan daging ayam. Perez menulis bahwa ia mencoba mengirisnya agar bisa dengan mudah dimakan sang putra.

Namun, ia segera menyadari bahwa itu "sangat sulit untuk diiris." Ibu ini kemudian menariknya dengan tangan dan menemukan, secara mengejutkan, handuk goreng tepung tersaji di depannya.

"Ayam, terlihat seperti ayam biasa," kata Perez, sambil memamerkan potongan itu di kamera, menunjukkan bahwa dari sudut tertentu, itu tampak seperti sepotong Chickenjoy, nama produk terkenal dari rantai makanan cepat saji tersebut.

"Pengalaman terburuk yang pernah saya alami," kata Perez di video lain. "Ini bukan ayam, tapi handuk," komentarnya, sambil menunjukkan lebih dekat handuk berwarna hijau muda di bawah lapisan adonan tepung yang digoreng.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Restoran

Di video lain, ia juga memperlihatkan dua orang menarik seluruh bagian "handuk goreng tepung," dan mengungkapkan bahwa itu memang handuk, tanpa daging ayam di dalamnya. Insiden ini membuatnya mengangkat beberapa masalah keamanan pangan.

"Sekarang saya bahkan tidak bisa memikirkan chickenjoys lainnya (yang disertakan) saat menggoreng ini," tulisnya, mengatakan bahwa "bahan dari handuk" akan mencemari minyak yang digunakan untuk menggorengnya, serta adonan.

Ia mengakhiri unggahannya dengan catatan tidak menyenangkan, "Berapa banyak chickenjoys yang terpengaruh? Kita tidak akan tahu..."

Mengutip ABS CBN News, atas insiden tersebut, Jollibee Foods Corp. mengatakan akan menutup salah satu cabangnya di Bonifacio Global City. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kamis (3/6/2021), cabang tersebut akan ditutup selama tiga hari.

Selama itu, pihaknya akan meninjau kepatuhan terhadap prosedur perusahaan, serta melatih kembali personelnya.

"Jollibee telah dengan hati-hati mengembangkan dan mematuhi sistem mempersiapkan makanan untuk memastikan bahwa kami memberi produk berkualitas tinggi dan mengutamakan kepuasan pelanggan," kata perusahaan itu, menambahkan bahwa pihaknya juga menggelar penyelidikan menyeluruh atas insiden tersebut.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.