Sukses

Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

Pada beberapa kasus, rambut yang mengalami kerontokan parah akan memerlukan langkah pengobatan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa kasus, rambut rontok berlebihan tidak membutuhkan pengobatan khusus. Rambut Anda bisa tumbuh dan tebal kembali dalam beberapa bulan kemudian, jika akar masalah atau penyebab rambut rontok berlebihan sudah teratasi.

Namun, beberapa kasus rambut rontok berlebihan mungkin juga memerlukan perawatan. Untuk hal ini, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendiagnosa penyebabnya. Jika kerontokan rambut dianggap sudah dalam tahap memerlukan perawatan khusus, maka dokter akan merekomendasikan obat-obatan, pengangkatan sebagian kulit kepala, terapi laser untuk menumbuhkan rambut, atau mungkin operasi transplantasi rambut.

Pemberian Obat

Dikutip dari merdeka.com, pada beberapa kasus, rambut yang mengalami kerontokan parah akan memerlukan langkah pengobatan yang perlu dilakukan. Namun, Anda juga perlu mengetahui apa saja obat-obatan yang memang dapat dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok. Jangan sampai Anda salah dalam memilih obat-obatan tersebut. 

Berikut beberapa jenis obat yang dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok:

- Obat yang digunakan di kulit kepala; Minoxidil tersedia dalam bentuk cairan atau sampo yang digunakan langsung ke kulit kepala. Minoxidil akan menstimulasi pertumbuhan rambut di area sudah menunjukkan penipisan atau kebotakan.

- Obat yang diminum; Finasteride dan spironolactone adalah obat yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan hormon pada kulit yang menyebabkan rambut rontok.

Bila finasteride diberikan untuk pria, maka untuk wanita adalah obat spironolactone. Pastikan telah berkonsultasi ke dokter untuk konsumsi obat yang tepat, sebab setiap penyebab kerontokan rambut bisa membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegah Rambut Rontok Parah

Untuk menghindari rambut yang rontok semakin parah, alangkah baiknya mengetahui langkah-langkah pencegahan.

  • Membatasi penataan rambut menggunakan alat pemanas dan bahan kimia, seperti mencatok, mengeriting rambut, atau mewarnai rambut.
  • Hindari mengepang atau mengikat rambut, serta menyisir rambut dalam keadaan basah
  • Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut Anda akan sangat membantu dalam langkah pencegahan kerontokan rambut. 
  • Menggunakan shampo yang tepat dan menutrisi juga dapat membantu mengatasi rambut rontok. Konon, produk shampo dengan kandungan Rice Oil Essence baik untuk merawat rambut, serta diperkaya dengan Pro-Vitamin. Formula ini membantu menutrisi dan membungkus helai sehingga tampak 2x lebih tebal dan kuat. 
  • Melindungi rambut kita dari paparan sinar matahari, hal tersebut juga menjadi langkah mudah yang dapat dilakukan untuk pencegahan rambut rontok. Lindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan topi. Topi jenis khusus (topi pendingin atau cooling cap) dapat digunakan untuk mengurangi rambut rontok akibat kemoterapi.

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari infeksi, kemoterapi, anemia, gangguan hormonal, penggunaan obat–obatan tertentu dan masih banyak lagi. Jangan sepelekan kerontokan rambut Anda. Jika bertambah parah, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.