Sukses

Cara Merawat dan Membudidayakan Lidah Buaya, Tanaman yang Banyak Kegunaannya

Lidah buaya tak hanya bisa dikonsumsi, tetapi juga bisa dioleskan untuk beragam manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Lidah buaya atau Aloe vera merupakan salah satu tanaman yang dianjurkan untuk ditanam di rumah masing-masing. Manfaatnya pun banyak. Selain sebagai tanaman has, gel lidah buaya bisa mengatasi kemerahan untuk luka bakar ringan, ataupun dijadikan masker untuk menyuburkan rambut maupun menghidrasi kulit wajah.

Lidah buaya juga cocok untuk Anda yang ingin simpel dan praktis. Pasalnya, cara perawatannya tidak terlalu rumit. Melansir dari laman Goodhousekeeping.com, Rabu, 5 Mei 2021, berikut cara menanam dan merawat lidah buaya agar tumbuh subur dan bermanfaat untuk penghuni rumah.

1. Perhatikan Cara Perawatannya

Anda yang ingin menanamnya di area dalam rumah, bisa menggunakan pot terakota. Pot jenis ini lebih cepat kering dibandingkan jenis pot lainnya. Tempatkan lidah buaya Anda di tempat yang cerah. Jika tidak, ia menjadi tidak aktif dan berhenti tumbuh.

Sirami tanaman setiap dua minggu sekali, kemudian tunggu sampai tanah mengering sepenuhnya. Karena lidah buaya termasuk spesies gurun, membiarkan tanahnya terlalu lembap akan menyebabkan akarnya membusuk. Daun yang layu atau berubah warna menjadi coklat juga menandakan bahwa anda telah memberikan air secara berlebihan.

Bila anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, carilah tempat dengan drainase yang baik. Anda tidak perlu sering-sering menyiram lidah buaya kecuali pada musim kemarau. Jika sudah berbulan-bulan tidak turun hujan, siramlah dan biarkan tanah mengering kembali seperti tadi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membudidayakan Lidah Buaya

Lidah buaya juga akan menghasilkan bunga bertangkai kecil yang akan makin panjang dari waktu ke waktu. Setelah bunganya tak lagi mekar, Anda bisa memotong batangnya melalui pangkalnya. Lidah buaya juga menghasilkan lidah buaya lainnya yang lebih kecil. Jika Anda melihatnya, segera singkirkan akarnya dari tanaman lainnya, kemudian tanam kembali dalam pot terpisah.

Jika Anda ingin membudidayakannya, Anda dapat memotong daunnya sekitar 8 cm dari ujung daun, kemudian taruh potongan ujungnya ke dalam pot. Tunggu sampai tanaman lidah buaya baru ini tumbuh beberapa sentimeter sebelum dipindahkan ke pot lain lagi.

3. Cara Memanen Lidah Buaya

Saat ingin memanennya, Anda dapat memotong daun lidah buaya sedekat mungkin dengan batangnya. Menurut Mayo Clinic, zat bening dalam lidah buaya dapat mempersingkat penyembuhan luka bakar tingkat satu dan dua. Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit juga dapat membantu mengurangi jerawat dan kemerahan yang disebabkan oleh psoriasis ringan hingga sedang.

Namun, Mayo Clinic tidak menganjurkan mengonsumsi lidah buaya terlalu banyak karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Beberapa orang juga suka menggunakan gel lidah buaya sebagai kondisioner rambut. Anda tinggal mengeluarkan isinya dengan sendok dan mengoleskannya ke akar rambut.  (Jihan Karina Lasena)

3 dari 3 halaman

Manfaat Madu untuk Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.