Sukses

Pecahkan Rekor, Sepatu Yeezy Bekas Kanye West Laku Senilai Rp26 Miliar

Terjualnya Yeezy bekas Kanye West senilai puluhan miliar Rupiah sukses pecahkan rekor dari penjualan fantastis sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Besarnya pengaruh pesohor turut memengaruhi penjualan sebuah produk. Hal ini terbukti dengan penjualan Nike Air Yeezy Kanye West laku dengan harga 1,8 juta dolar AS atau setara Rp26,1 miliar.

Dilansir dari laman CNN, Rabu (28/4/2021), pencapaian dalam penjualan privat ini menjadikannya sneakers paling mahal di dunia. Sepatu yang pernah dipakai Kanye West ini melampaui penilaian asli mereka sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp14, 5 miliar.

Penjualan ini mendapatkan harga tertinggi yang tercatat secara publik untuk sepasang sneakers, seperti dikonfirmasi oleh rumah lelang Sotheby's dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, 26 April 2021.

Sepatu milik Kanye West yang berukuran 12 ini diakuisisi oleh RARES, platform investasi yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan memperdagangkan saham dalam edisi terbatas dan sepatu kets yang sangat dicari.

CEO dan salah satu pendiri RARES, Gerome Sapp menyampaikan dalam pernyataan pers, bahwa membeli pasangan sneakes yang dikenakan Kanye West ini, sama dengan membeli "sepotong sejarah".

"Tujuan kami membeli sepatu ikonik seperti itu," kata Sapp soal pembelian Yeezy bekas Kanye West tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lampaui Rekor Sebelumnya

"Ini untuk meningkatkan aksesibilitas dan memberdayakan komunitas yang melahirkan budaya sneaker dengan alat untuk mendapatkan kebebasan finansial melalui RARES," ungkap Sapp.

Head of streetwear & modern collectables Sotheby, Brahm Wachter menyampaikan dalam sebuah pernyataan bahwa penjualan ini "berbicara banyak tentang warisan Kanye sebagai salah satu desainer pakaian dan sepatu paling berpengaruh di zaman kita."

Sebelumnya, ada pula penjualan sepatu dengah harga fantastis. Dilansir dari laman New York Post, meskipun bukan penjualan privat, sepasang Nike Air Jordan 1 bertanda tangan yang dikenakan oleh legenda bola basket Michael Jordan pada 1985 terjual 615 ribu dolar AS atau setara Rp8,9 miliar di lelang Christie pada Mei lalu.

3 dari 3 halaman

Infografis Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.