Sukses

3 Aturan Minum Kopi Secara Aman Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Pola konsumsi selama Ramadan akan berubah, mengingat kewajiban berpuasa saat siang hari. Ini juga tentu berarti tidak ada lagi ngopi di pagi atau siang hari, setidaknya selama satu bulan ke depan.

Berkaca pada siklusnya, Anda hanya bisa mengonsumsi minuman yang dikenal akan kandungan kafeinnya tersebut di antara waktu berbuka hingga sahur. Tapi, bagaimana sebanarnya aturan konsumsi kopi supaya aman selama Ramadhan?

Melansir laman Nestle, Selasa, 13 April 2021, "istirahat tiba-tiba" dari rutinitas minum kopi biasanya menyebabkan rasa lelah, bahkan terkadang sakit kepala. Kuncinya adalah mengurangi asupan secara bertahap tanpa merasakan efek tidak menyenangkan.

Tapi, ketika sudah terlanjur tidak mengurangi asupan kopi sebelum Ramadan, ada aturan konsumsi yang mengarah pada tiga waktu selama Bulan Suci, yakni ketika berbuka puasa, di malam hari, dan saat sahur.

Berbuka Puasa

Hindari berbuka puasa dengan secangkir kopi karena kafein akan menyebabkan pelepasan cairan lambung saat perut kosong dan nantinya melukai mukosa lambung Anda. Makanan yang ideal untuk berbuka puasa adalah tiga buah kurma karena akan memberi asupan gula yang dibutuhkan tubuh, terutama otak.

Anda dapat menikmati secangkir kopi dua jam setelah menghabiskan makanan berbuka puasa. Dengan cara ini, Anda akan memberi banyak waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan kadar glukosa darah dengan menu buka puasa yang seimbang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menikmati Kopi Selama Ramadan

Malam Hari

Jika menikmati kopi di malam hari, cobalah secangkir kopi tanpa kafein sebelum tidur, di mana itu masih mengandung antioksidan yang bermanfaat. Anda juga dapat memilih teh herbal, seperti thyme atau chamomile yang menenangkan sebagai alternatif kopi.

Waktu Sahur

Anda dapat menikmati secangkir kopi bersama makanan seimbang Anda saat sahur. Ini akan membantu Anda tetap waspada sepanjang berpuasa.

Ingatlah bahwa asupan makanan yang seimbang dan sehat, serta memastikan tubuh terhidrasi dengan baik adalah kunci untuk memberi energi selama berpuasa. Sementara, kopi semata dorongan untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi Anda.

3 dari 3 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.