Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Si Kuning Putu Piring dan Si Cokelat Krenas, Jajanan Khas Kepri yang Bikin Ketagihan

Top 3 Berita Hari Ini tentang kuning putu piring dan krenas, Megawati Soekarnoputri, dan pengusaha hotel.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang kuning putu piring dan cokelat krenas jajanan khas Kepulauan Riau (Kepri) yang bisa membuat orang ketagihan. Warna kuning pada putu piring Kepri berasal dari kunyit yang digiling bersama beras hingga jadi tepung.

Bila yang manis diwakili dengan putu piring, yang asin adalah krenas. Warga Kepri mengasosiasikannya dengan perkedel. Makanan khas Natuna itu sebenarnya bukan jajanan, hanya saja bisa dicamil sambil menunggu menu utama dihidangkan.

Selain itu, ada Megawati Soekarnoputri yang menangis di KBRI Seoul pada Sabtu, 27 Maret 2021. Hal itu terjadi saat pagelaran virtual "An Exotic Journey to Nusantara". Ia berpesan agar anak muda dan pelaku ekonomi kreatif untuk menjaga karya anak bangsa agar tak diklaim pihak asing.

"Saya dorong generasi muda untuk kedepankan karya dan buktikan ke dunia bahwa made in Indonesia adalah karya terbaik," kata Megawati dengan suara bergetar. "Jangan takut bekreasi. It's time for you to shine and become trend setter, not follower. Buatlah Indonesia bangga padamu dan banggalah jadi seorang Indonesia."

Pengusaha hotel dan restoran makin gelisah. Mereka kerugian keuangan, kehabisan modal kerja, dan memiliki beban utiitas yang tinggi akibat pandemi corona Covid-19.

"Selama setahun ini, kita benar-benar tidak ada pemasukan dan kalau mau melakukan suatu gerakan, ya saya perlu adanya dana, tapi dana tidak ada sama sekali. Kemarin juga sempat ada dana hibah dari Dinas Pariwisata Karangasem dan itu jumlahnya tidak mencukupi untuk melakukan gerakan," ucap Sidharta, pengusaha perhotelan di Bali.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

 

Si Kuning Putu Piring dan Si Cokelat Krenas, Jajanan Khas Kepri yang Bikin Ketagihan

Pernah dengar putu piring? Atau, familiar dengan krenas? Kalau belum, Anda berarti senasib dengan saya. Dua jajanan tradisional khas Kepulauan Riau (Kepri) itu sukses membuat saya penasaran saat berkunjung ke Batam atas undangan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, pertengahan Maret 2021.

Perkenalan dengan putu piring dimulai tak sengaja. Adalah rekan seperjalanan, Zacka Mega, traveler yang memulai bisnis kulinernya sejak akhir 2019, dan masa pandemi membuatnya semakin fokus menggarap bisnis berbasis kuliner tradisional.

Selanjutnya...

Tangis Tertahan Megawati Saat Berpesan Jaga Produk Indonesia supaya Tidak Diklaim Pihak Asing

Dalam pembukaan pagelaran virtual bertajuk "An Exotic Journey to Nusantara" insisiasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul, Sabtu, 27 Maret 2021, mantan presiden Indonesia, sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menggarisbawahibahwa tahun ini telah ditetapkan sebagai Tahun Internasional Ekonomi Kreatif bagi Pembangunan Berkelanjutan.

Sambil menahan tangis, Megawati menyampaikan pesan pada anak muda dan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk menjaga karya-karya anak bangsa supaya tak diklaim pihak asing. Ia pun meminta setiap generasi muda kreatif berupaya melindungi karya mereka dengan mendaftarkan hak cipta geografis atau kekayaan intelektual komunal agar mendapat perlindungan hukum.

Selanjutnya...

Pengusaha Hotel dan Restoran Masih Gelisah Hadapi Imbas Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung lewat dari setahun membuat pengusaha hotel dan restoran makin gelisah. Meski sudah ada kelonggaran dan sejumlah bantuan pemerintah, para pengusaha tetap tak henti was-was menjalankan bisnis di tengah ketidakpastian.

Secara umum, kondisi industri restoran dan perhotelan bernasib sama, yakni mengalami kerugian keuangan, kehabisan modal kerja, dan memiliki beban utilitas yang tinggi. Hal ini dipengaruhi jumlah pengunjung yang masih rendah.

Selanjutnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.