Sukses

6 Cara Merawat Kura-Kura agar Tumbuh dan Berkembang Baik

Liputan6.com, Jakarta - Kura-kura jadi salah satu hewan yang banyak dipelihara orang, selain anjing, kucing, dan kelinci. Tingkahnya yang lucu dan mudah jinak membuat kura-kura disenangi banyak orang.

Aksi kura-kura yang sedang mandi bergoyang-goyang, atau aksi menggemaskan kura-kura yang menepuk-nepuk hewan yang sama di dekatnya, adalah beberapa contoh bahwa hewan ini benar-benar menggemaskan.

Kura-kura memiliki umur panjang dan perawatan yang tidak begitu sulit yang membuat minat memelihara reptil itu semakin besar. Umumnya orang memelihara kura-kura bertelinga merah, cynemis reeves, dan kaspia. 

Untuk mereka yang ingin membeli dan memelihara kura-kura, perlu pengetahuan cara merawat kura-kura. Berikut cara mudah merawat kura-kura untuk pemula, seperti melannsir dari laman Piscespros, Minggu, 7 Maret 2021.

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah kura-kura yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Wadah harus memiliki area kering dan area basah karena kura-kura memiliki dua habitat,  yakni air dan darat. Jangan lupa diberi lampu pemanas untuk berjemur.

2. Atur Kontrol Suhu

Kura-kura merupakan hewan berdarah dingin yang membutuhkan suhu cukup konsisten agar bisa tumbuh dengan baik. Kura-kura lebih suka hidup di suhu antara 60 dan 90 derajat Fahrenheit. Beberapa kura-kura suhu turun hingga 50 derajat Fahrenheit pada malam hari, masih terlihat baik-baik saja. Tetapi suhu yang lebih rendah dari itu dapat menyebabkan kura-kura sakit.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

3. Cari Tahu Kura-Kura yang Harus Hibernasi

Kenali atau cari tahu pengetahuan kura-kura untuk hibernasi. Karena kura-kura memiliki waktu hibernasi yang berbeda-beda. Anda harus tahu berapa lama waktu kura-kura hibernasi, supaya Anda bisa menyediakan lingkungan terbaik untuk itu. Pemilik kura-kura yang lebih berpengalaman biasanya membiarkan mereka di pekarangan rumah.

4. Menyediakan Makanan

Makanan kura-kura bervariasi untuk menu yang sehat, seringkali termasuk makanan segar seperti selada, serangga, cacing, ikan, dan tanaman, serta sayuran lainnya.  Jangan lupa diberi vitamin A untuk membantunya tubuh berkembang lebih baik.

5. Jaga Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kaNdang merupakan bagian yang terpenting. Seberapa rutinnya Anda memberi makan segar dan vitamin untuk kura-kura lebih sehat. Jika kandang tidak rutin dibersihkan, hewan peliharaan Anda akan tetap berpotensi terkena penyakit. Gunakan sistem filtrasi atau perangkat perawatan rutin lainnya untuk menjaga kebersihan kadang hewan peliharaan Anda. Jika kandang mulai berbau dan airnya sudah kotor harus perlu diganti.

6. Jangan Sering Bermain dengan Kura-Kura

Kura-kura merupakan hewan yang mudah stres saat dipegang, mereka bukan teman bermain yang sangat baik dan lebih baik diperlakukan sebagai sesuatu untuk dilihat daripada disentuh. Jangan pernah untuk menjatuhkan atau membuang kura-kura karena mereka dapat dengan mudah terluka. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: