Sukses

Ratu Elizabeth II Sudah Tunjuk Pengganti Meghan Markle-Pangeran Harry Sebelum Mundur?

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry telah secara resmi mundur dari jajaran anggota senior Kerajaan Inggris pada Maret 2020. Sebelum waktu tersebut, Ratu Elizabeth II dilaporkan telah menunjuk pengganti peran pasangan Sussex di agenda kerajaan.

Melansir laman The Sun, Selasa (23/2/2021), seorang sumber kerajaan mengatakan, "Ketika 'tulisan telah ada di dinding' dan jelas Duke dan Duchess (of Sussex) tak berniat kembali jadi anggota Kerajaan Inggris, Ratu sudah lama memutuskan untuk memilih kandidat yang diinginkannya, mengisi peran yang mereka tinggalkan."

Putri Anne diperkirakan akan mengambil alih gelar Pangeran Harry sebagai Kapten Jenderal Angkatan Laut Kerajaan. Bangsawan berusia 70 tahun itu kemungkinan akan jadi Kapten Jenderal wanita pertama setelah Duke of Sussex terpaksa melepaskan peran tersebut.

Ayahnya, Pangeran Philip, memegang posisi itu selama 64 tahun sampai ia pensiun pada 2017. Sumber kerajaan itu menyambung bahwa akan jadi "provokatif" bila gelar tersebut diberikan pada saudara laki-laki Pangeran Harry, Pangeran William.

Pangeran Edward dikesampingkan karena mundur dari pasukan elit setelah hanya tiga minggu menjalani pelatihan komando pada 1987. Pangeran Harry dikatakan "sangat kecewa" kehilangan peran tersebut, di antara sejumlah posisi lainnya.

Sedangkan, Pangeran Edward atau istrinya Sophie diperkirakan menggantikan Meghan sebagai pelindung Teater Nasional. Dewan teater "sangat terpecah" tentang apakah pihaknya akan tetap meminta perempuan yang tengah hamil anak keduanya itu untuk memegang peran tak resmi, menurut Mirror.

Pangeran Harry juga dilucuti dari gelarnya sebagai pelindung Persatuan Rugby Inggris dan Liga Sepak Bola Rugbi. Bos liga dikatakan berharap Pangeran William, yang notabene penggemar olahraga tersebut, akan mengambil alih sebagai wajah Piala Dunia Liga Rugby 2021.

2 dari 4 halaman

Pangeran William dan Megxit

Meghan Markle dan Pangeran Harry tampil perdana sejak gelar mereka dicopot saat muncul di acara virtual Spotify yang "menginspirasi."

Sementara itu, Pangeran William disebut berharap memperbaiki keretakan hubungan dengan Pangeran Harry setelah ketentuan Megxit selesai. Tapi, itu hanya terjadi jika Meghan tak "keceplosan" dalam wawancara dengan Oprah Winfrey.

Hubungan kakak-adik itu dilaporkan kian rapuh setelah Duke dan Duchess of Sussex secara resmi dilucuti dari perlindungan kerajaan. William dikatakan "sangat sedih dan benar-benar terkejut" dengan bagaimana saudaranya bersikeras "menjalani kehidupan pelayanan."

Sumber yang dekat dengan William mengatakan, ia percaya Pangeran Harry dan Meghan telah "menghina dan tak hormati" Ratu, dan ia "sangat kesal dengan apa yang terjadi." Kendati, Pangeran William membuka kesempatan memperbaiki ikatan dengan sang adik, kata sumber istana.

Sementara itu, pasangan Sussex kecewa karena kehilangan perlindungan mereka karena semula berpikir bisa mempertahankan itu, walau keluar dari kehidupan kerajaan, kata sumber kerajaan. "Mereka menghormati keputusan itu, tapi selalu menjelaskan bahwa mereka berkomitmen melakukan peran itu," kata sumber tersebut.

3 dari 4 halaman

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: