Sukses

Kota di Spanyol Dinobatkan Jadi Kota Tersehat di Dunia 2021

Spanyol juga disebut sebagai negara tersehat di dunia dengan mengabaikan tingginya kasus Covid-19 di negara itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru-baru ini mengungkap ada sejumlah tempat yang diklaim sebagai yang kota tersehat dunia. Kota tersebut sangat tepat untuk dihuni selama 2021. Studi tersebut dilakukan oleh money.co.uk.

Dalam studi itu, para ahli memberi peringkat setiap kota berdasarkan harapan hidup, biaya finansial untuk menjadi sehat, polusi udara, tingkat obesitas, hingga sinar matahari. Kriteria tersebut digunakan untuk menentukan kota mana saja yang memiliki gaya hidup terbaik, seperti dilansir dari laman The Eco Magazine, Rabu, 17 Februari 2021.

Namun, penelitian tersebut tidak memperhitungkan kasus COVID-19. Spanyol dinobatkan sebagai negara tersehat di dunia. Salah satu faktor penyebabnya adalah pola makan Mediterania, yang tinggi omega-3, lemak dan protein, waktu makan sosial, dan jalan kaki sebagai moda transportasi yang populer.

Di sisi lain, AS terdaftar sebagai salah satu negara paling tidak sehat di planet ini. Peringkat obesitas menempatkan negara itu di posisi 153 dari 166 negara, yang pada akhirnya menurunkan harapan hidup rata-rata.

"Perbedaan paling umum antara negara-negara seperti Spanyol dan Jepang dengan AS adalah hubungan terhadap makanan," kata studi tersebut.

"Banyak negara tersehat dalam indeks kami memiliki rasa hormat yang lebih besar terhadap makanan, dan memperlakukan waktu makan sebagai kesempatan untuk menciptakan lingkungan sosial dan penuh kasih. Perbedaan budaya inilah yang sangat menentukan apakah suatu negara menjalani gaya hidup sehat atau tidak," lanjut studi itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Valencia

Dikenal sebagai kota seni dan sains, Valencia adalah kota tersehat di Bumi. Kota di Spanyol memiliki iklim yang indah dan gaya hidup yang santai, tetapi hidangan paella ikonik negara itu yang benar-benar bersinar sebagai salah satu rahasia kesehatan yang baik, mewakili campuran nutrisi dari produk segar yang rendah lemak dan tinggi omega-3 dan protein ikan.

2. Madrid

Kota kedua dalam daftar adalah ibu kota Spanyol. Rumah bagi dua klub sepak bola terkenal di dunia, Madrid memiliki standar hidup yang tinggi dan dianggap sebagai pusat keuangan utama bagi negara.

3. Lisbon

Ibu kota Portugal adalah kota tersehat ketiga di dunia pada  2021. Terkenal karena bangunan kota tuanya yang berwarna pastel dan perbukitan, pemandangan pantai, Lisbon bernasib baik dibandingkan dengan tujuan lainnya.

3 dari 5 halaman

4. Vienna

Melahirkan composer besar seperti Mozart dan Beethoven, ibu kota Austria tidak hanya indah tetapi juga salah satu kota paling sehat untuk dijadikan tempat tinggal.

5. Canberra

Dijuluki sebagai kota terbaik ketiga Lonely Planet di dunia pada 2018, ibu kota Australia ini sekali lagi menempati posisi teratas, kali ini sebagai kota tersehat kelima. Kota ini juga memiliki tingkat polusi terendah dari semua 10 lokasi teratas.

6. Tel Aviv-Yafo

Di posisi keenam, pusat budaya Israel juga salah satu yang terbaik untuk kesehatan dan kesejahteraan.

4 dari 5 halaman

7. Tokyo

Dengan tingkat obesitas terendah di dunia dan angka harapan hidup tertinggi, tidak mengherankan jika ibu kota Jepang ini berhasil masuk dalam 10 besar.

8. The Hague

Terselip di pantai Laut Utara, kota bergaya gotik di Belanda ini menempati peringkat kedelapan tempat tersehat di Bumi.

9. Ljubljana

Ibu kota Slovenia dan juga kota terbesarnya menempati peringkat sebagai tempat termurah untuk membeli satu kilogram apel di antara 10 kota teratas.

10. Zurich

Satu-satunya kota di Swiss yang masuk 10 besar, Zurich adalah salah satu tempat teraman di dunia. Faktanya, ia menempati peringkat lima kota teratas dengan tingkat kejahatan rendah secara global.

5 dari 5 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.