Sukses

6 Cara Simpel Menata Teras Rumah Mungil Agar Lebih Nyaman

Liputan6.com, Jakarta - Teras merupakan area yang mewakili tampilan rumah Anda dari luar. Fungsi teras juga bukan hanya sebagai area bersantai dan pemanis fasad rumah semata, tapi menjadi area pertama yang menyambut tamu ketika berkunjung ke rumah Anda.

Namun karena berada di luar rumah, terkadang pemilik rumah enggan merawat terasnya agar nampak rapi, bersih, dan terlihat indah setiap saat. Terlebih jika teras rumah Anda berukuran mungil.

Sebagai area yang pertama dilihat tamu, penting untuk mendekorasi teras agar lebih nyaman untuk bercengkrama. Dengan begitu tamu yang datang berkunjung akan merasa dijamu dengan baik oleh Anda. Dilansir dari 99.com, berikut enam cara mudah untuk menata teras rumah mungil agar terlihat nyaman dan bikin makin betah di rumah.

1. Perhatikan Penataan Tanaman Hias

Salah satu elemen penting yang harus diperhatikan pada teras adalah tanaman yang menghiasinya. Menambahkan tanaman hias pada teras rumah minimalis bisa jadi hal wajib yang perlu dilakukan.

Namun, hal ini juga perlu dipersiapkan untuk penataan sudut terbaik pada tanaman hias yang diinginkan. Tanaman hias sangat penting untuk memberikan suasana asri yang dibutuhkan sebuah teras.

Pemilihan jenis tanaman hias, tekstur, dan warna juga perlu diperhatikan. Jangan sampai membuat teras jadi terasa lebih sempit. Jika perlu, gunakan tanaman hias gantung agar tak banyak memakan tempat dan lebih indah dipandang.

2. Pilih Dekorasi yang Sesuai dengan Ukuran Teras

Kenyamanan sebuah teras tidak ditentukan dari seberapa banyak dekorasi yang ada di sana. Teras yang sempit sebaiknya dihias dengan dekorasi secukupnya namun tetap indah. Misalnya, satu guci besar dan lukisan bisa jadi pilihan bagus. Ini akan membuat teras terasa lebih rapi dan sedap dipandang.

Kalau Anda mendekornya secara berlebihan, teras yang ukurannya biasa saja akan terasa lebih sempit. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih dekorasi dengan ukuran yang mungil saja agar kamu memiliki lebih banyak ruang bersantai.

2 dari 5 halaman

3. Pilih Furnitur Khusus Teras

 

Salah satu hal yang dilupakan oleh banyak orang ketika menata teras adalah jenis furnitur yang dipilih. Memiliki teras rumah minimalis yang sempit, perlu mempertimbangkan ukuran pada furnitur yang akan digunakan.

Teras adalah ruangan bagian luar rumah yang tidak terlindungi sebaik ruangan yang ada di dalam rumah. Untuk itu Anda perlu memilih furnitur khusus luar ruangan agar tidak cepat rusak dan mudah dirawat.

Anda bisa pilih furnitur tanpa lengan dengan garis-garis sederhana dan sandaran rendah. Selain itu, pilih furnitur dengan fungsi ganda, seperti meja dengan laci penyimpanan atau bisa juga memilih perabot yang bisa dilipat ketika sedang tak dipakai.

 

4. Perhatikan Pencahayaan

Mengatur pencahayaan di teras kerap kali disepelekan bahkan cenderung diabaikan. Padahal pencahayaan memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan pada saat sedang beraktivitas.

Selain itu, pencahayaan menjadi sentuhan akhir yang dapat meningkatkan estetika sehingga teras semakin sedap dipandang mata. Keindahan teras juga perlu dinikmati di malam hari. Gunakanlah pencahayaan berwarna putih untuk menampilkan hijaunya tanaman hias dan pencahayaan kecoklatan untuk menegaskan tekstur ranting serta batang pohon.

 

3 dari 5 halaman

5. Maksimalkan Potensi Teras Sepenuhnya

 

Anda bisa memaksimalkan potensi teras dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menempatkannya di area yang memiliki pemandangan. Sebagai contoh, jika kamu memiliki teras di belakang rumah.

Bukan hanya di depan rumah, saat ini banyak orang yang membuat teras di area belakang rumah. Kalau Anda memiliki ruangan kosong di bekalang rumah, gunakan untuk teras yang bisa digunakan untuk bersantai dengan keluarga Anda. Buatlah halaman belakang rumah Anda jadi bernuansa alam dengan berbagai hiasan tanaman hias dan furnitur yang secukupnya untuk teras.

 

6. Memberi Karakter pada Pintu

Pintu merupakan elemen yang terkadang dilupakan orang ketika menata teras. Padahal, pintu berperan penting sebagai pemanis dekorasi pada teras rumah.

Sentuhan kecil seperti mengecat pintu rumah dengan warna yang kontras bisa membuat perubahan signifikan yang membuat terasmu terasa lebih berkarakter. Selain itu, Anda juga bisa memilih pintu yang diukir untuk memberikan detail menarik pada tampilan teras. (Melia Setiawati)

 

4 dari 5 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: