Sukses

Dudukan Toilet Adolf Hitler Dilelang Seharga Rp254 Juta, Apa Istimewanya?

Dudukan toilet kayu dua bagian dengan tutup dilepas itu diambil dari kamar mandi Adolf Hitler.

Liputan6.com, Jakarta - Barang yang diikutkan dalam lelang biasanya adalah barang-barang antik, seperti baju, perangko, mobil, pistol, karya seni dan sebagainya. Lalu apa jadinya jika barang yang dilelang adalah kloset atau tepatnya dudukan toilet. Pemiliknya pun tak main-main yaitu Adolf Hitler, mantan pimpinan tentara Nazi Jerman yang dikenal kejam dan bertangan besi.

Kloset berwarna putih ini sudah terdaftar untuk dilelang oleh Alexander Historical Auctions, dan rencananya akan dilelang pada pekan ini dengan perkiraan harga jual akhir sekitar 15.000 Euro atau sekitar Rp254 juta.

Dilansir dari laman The Sun, Selasa, 9 Februari 2021, dudukan toilet Adolf Hitler ini awalnya dirampas oleh seorang tentara Amerika Serikat (AS) dari kamar mandi pribadi diktator Nazi itu di rumahnya di Berghof, Pegunungan Alpen, Jerman.

Tentara AS itu adalah Sersan Ragnvald Borch, yang menjarah dudukan toilet setelah perwira senior menyuruh pasukan untuk mengambil apapun dari properti Adolf Hitler. Borch merupakan salah satu tentara AS pertama ditugaskan di lokasi itu karena fasih berbahasa Jerman dan Prancis. Dia dikirim untuk bekerja sama dengan Brigade Lapis Baja ke-2 Prancis.

Properti rumah milik Hitler itu dijarah setelah rusak parah akibat pemboman tentara sekutu menjelang akhir Perang Dunia II. Salah satu benda yang dia ambil adalah dudukan toilet kayu dua bagian dengan tutup dilepas dari kamar mandi Hitler.

Dia menjelaskan alasan kenapa membawa jauh-jauh dudukan toilet Hitler itu yakni sebagai kenang-kenangan. Hitler meninggal dunia pada 1945, tak lama setelah Perang Dunia II berakhir. "Menurut Anda di mana Hitler meletakkan bokongnya," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaun Tidur dan Celana Dalam

"Orang hampir tidak bisa membayangkan rencana apa yang akan dilakukan Hitler sambil merenungkan dunia dari atas tempat ini," ujar Bill Panagopulos, dari Rumah Lelang Alexander Auctions.

Dia memuji dudukan toilet selebar 40,64 sentimeter itu sebagai salah satu peninggalan Perang Dunia II terbaik. Benda ini termasuk di antara sejumlah peninggalan perang yang diperebutkan dalam pelelangan di Chesapeake City, Maryland, AS. Barang lainnya seperti cangkir, sisir rambut, dan empat helai rambut Hitler yang langka juga akan dilelang.

Selain itu, sepasang celana dalam berenda bunga milik istri Hitler, Eva Braun, yang disulam dengan inisial namanya juga dilelang. Ada juga gaun tidur pink dan sepasang stoking. Bayangkan, kata Bill, ide dan pemikiran tirani Adolf Hitler yang didapat saat sedang merenung untuk  memikirkan dan menaklukkan  dunia di dudukan toilet tersebut.

Sebelumnya, penutup dudukan toilet bekas Bill Wyman saat ini memegang rekor untuk furnitur termahal dari jenisnya, yang dijual di lelang. Uang sebesar 850 Euro atau sekitar Rp14 juta dibayarkan tahun lalu untuk penutup dudukan toilet 1975 dengan logo lidah grup Rolling Stones, milik pemain bas legendaris tersebut

3 dari 3 halaman

Hati-Hati 5 Tanda Daya Tahan Tubuh Menurun Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.